Bunga Mawar (Merah & Putih)

Diposting pada

Deskripsi Bunga Mawar

Bunga Mawar – Deskripsi, Ciri, Jenis, Manfaat, Merawat & MenanamLahan.Co.Id – Mawar adalah tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar yang terdiri lebih dari 100 spesies kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk.


Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.

Bunga Mawar Merah


Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5-15 cm, dua-dua berlawanan (pinnate).Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.


Bunga terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Warna bunga biasanya putih dan merah jambu atau kuning dan merah pada beberapa spesies. Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.


Buah Mawar (Rose Hips) dari Rosa Canina

Bunga menghasilkan buah agregat (berkembang dari satu bunga dengan banyak putik) yang disebut rose hips. Masing-masing putik berkembang menjadi satu buah tunggal (achene), sedangkan kumpulan buah tunggal dibungkus daging buah pada bagian luar.


Spesies dengan bunga yang terbuka lebar lebih mengundang kedatangan lebah atau serangga lain yang membantu penyerbukan sehingga cenderung menghasilkan lebih banyak buah. Mawar hasil pemuliaan menghasilkan bunga yang daun mahkotanya menutup rapat sehingga menyulitkan penyerbukan. Sebagian buah mawar berwarna merah dengan beberapa perkecualian seperti Rosa pimpinellifolia yang menghasilkan buah berwarna ungu gelap hingga hitam.


Pada beberapa spesies seperti Rosa canina dan Rosa rugosa menghasilkan buah rose hips yang sangat kaya dengan vitamin C bahkan termasuk di antara sumber vitamin C alami yang paling kaya. Buah rose hipsdisukai burung pemakan buah yang membantu penyebaran biji mawar bersama kotoran yang dikeluarkan. Beberapa jenis burung seperti burung Finch juga memakan biji-biji mawar.


Pada umumnya mawar memiliki duri berbentuk seperti pengait yang berfungsi sebagai pegangan sewaktu memanjat tumbuhan lain. Beberapa spesies yang tumbuh liar di tanah berpasir di daerah pantai seperti Rosa rugosa dan Rosa pimpinellifolia beradaptasi dengan duri lurus seperti jarum yang mungkin berfungsi untuk mengurangi kerusakan akibat dimakan binatang, menahan pasir yang diterbangkan angin dan melindungi akardari erosi. Walaupun sudah dilindungi duri, rusa kelihatannya tidak takut dan sering merusak tanaman mawar. Beberapa spesies mawar mempunyai duri yang tidak berkembang dan tidak tajam.


Mawar dapat dijangkiti beberapa penyakit seperti karat daun yang merupakan penyakit paling serius. Penyebabnya adalah cendawan Phragmidium mucronatum yang menyebabkan kerontokan daun. Penyakit yang tidak begitu berbahaya seperti Tepung Mildew disebabkan cendawan Sphaerotheca pannosa, sedangkan penyakit Bercak Hitam yang ditandai timbulnya bercak-bercak hitam pada daun disebabkan oleh cendawan Diplocarpon rosae. Mawar juga merupakan makanan bagi larva beberapa spesies Lepidoptera.


Mawar tumbuh subur di daerah beriklim sedang walaupun beberapa kultivar yang merupakan hasil metodepenyambungan (grafting) dapat tumbuh di daerah beriklim subtropis hingga daerah beriklim tropis.Selain sebagai bunga potong, mawar memiliki banyak manfaat, antara lain antidepresan, antiviral, antibakteri, antiperadangan, dan sumber vitamin C. Minyak mawar adalah salah satu minyak atsiri hasil penyulingan dan penguapan daun-daun mahkota sehingga dapat dibuat menjadi parfum. Mawar juga dapat dimanfaatkan untukteh, jelly, dan selai.

Baca Artikel Lainnya : Cara Menanam Bunga Matahari Agar Subur


Manfaat Bunga Mawar

Menurut manfaat penggunaannya, tanaman mawar sebagai salah satu komoditi hortikultura (florikultura) dapat dikelompokkan dalam beberapa manfaat penggunaan, antara lain :

  • Mawar untuk tanaman hias kebun atau taman (outdoor)

Tanaman mawar untuk keperluan ini lebih diutamakan bau bunganya, bentuk bunga, warna serta bentuk kanopi pohonnya, dan untuk itu harus rajin dipangkas untuk mempertahankan keindahan bentuk pohonnya, selain juga untuk merangsang pembentukan bunga. Contohnya : beberapa kelompok dari mawar kuno (Old Roses), mawar pagar (Climbing Roses), mawar Hybrid Perpetual (Hybrid Perpetual Roses), mawar teh (Tea Roses), dan mawar semak (Shrub Roses);

  • Mawar untuk tanaman hias pot (outdoor and indoor)

Tanaman mawar untuk keperluan ini umumnya lebih mengutamakan ukuran pohonnya yang tidak terlalu tinggi (sehingga bisa dipakai di dalam ruangan maupun di luar ruangan), bau bunganya, bentuk bunga dan warnanya serta ukuran besar bunganya. Contohnya : kelompok mawar Polyantha (Baby Roses), beberapa kelompok dari mawar kuno (Old Roses), mawar pohon (Tree Roses) dan mawar mini atau biasa disebut sebagai mawar bonsai (Miniature Roses);

  • Mawar sebagai bunga potong

Tanaman mawar untuk keperluan ini umumnya lebih diutamakan yang memiliki tangkai panjang dan tidak mudah patah, bentuk bunganya indah, ukuran bunga proporsional, helai mahkota bunganya rangkap (sehingga helai bunga atau petal tidak mudah rontok dan tahan lama kesegarannya), bunganya tidak terlalu cepat mekar (biasanya dipanen saat bunga setengah mekar dan bukan pada saat bunga sedang mekar penuh), frekuensi berbunga dalam satu tahun tinggi atau berbunga sepanjang tahun, warna bunga serta bau bunganya.


Contohnya : kelompok mawar Holland (Rosa indica fragrans hybrids) atau mawar Hybrid Tea, kelompok mawar Floribunda, dan kelompok mawar Grandiflora. Beberapa ahli ada pula yang menganggap bahwa kelompok mawar Polyantha masih bisa dianggap sebagai bunga potong, namun ada pula yang beranggapan bahwa kelompok bunga tersebut tidak memenuhi syarat sebagai bunga potong;


  • Mawar sebagai bunga tabur

Semua kelompok tanaman mawar bisa digunakan sebagai bunga tabur asalkan memenuhi kriteria syarat utama, yaitu bunganya haruslah wangi dan berwarna indah atau cerah. Sebagai bunga tabur tidaklah diperlukan tangkai bunga. Seringkali dijumpai bahwa bunga mawar tabur sudah berupa helai-helai bunga saja (petal) dan tidak lagi berbentuk bunga utuh. Contohnya : kelompok mawar Polyantha, mawar pagar, mawar Hybrid Perpetual, mawar teh, kelompok mawar kuno (Old Roses), mawar pohon (Tree Roses), mawar semak (Shrub Roses), dan bahkan mawar mini (Miniature Roses);


  • Mawar sebagai bahan baku parfum dan bahan baku obat

Hampir semua kelompok tanaman mawar bisa digunakan untuk keperluan bahan baku parfum (yaitu dengan mengekstraksi minyak mawar) maupun untuk bahan baku obat, asalkan memenuhi syarat harus berbau wangi cukup kuat (untuk bahan baku parfum) dan mengandung zat antibiotika atau senyawa kimia penting yang dibutuhkan seperti sitral, sitronelol, geraniol, linalol, nerol, eugenol, fenil etil alkohol, farnesol, dan nonilaldehid (untuk bahan baku obat ataupun jamu tradisional). Untuk bahan baku parfum biasanya digunakan mawar jenis mawar teh (Tea Roses), sedangkan untuk bahan baku obat hampir semua jenis mawar bisa digunakan;


  • Mawar sebagai bahan makanan, miuman ataupun zat aditif bagi makanan olahan

Karena kandungan vitamin C-nya yang tidak kalah dengan kandungan vitamin C pada buah jeruk, kelopak atau helai bunga mawar (petal) bisa diolah menjadi sirup, selai ataupun unsur vitamin tambahan yang ditambahkan pada makanan olahan.

Baca Artikel Lainnya : Cara Menanam Bunga Anggrek


Syarat Tumbuh Bunga Mawar


Bibit Mawar

Bibit mawar yang akan ditanam dilahan terdiri dari dua jenis, yaitu bibit mawar yang akarnya diselubungi tanah dan bibit yang akarnya diselubungi tanah dab bibit yang akarnya diselubungi tanah dan bibit yang akarnya diselubungi tanah. Bibit yang akarnya diselubungi tanah merupakan bibit hasil pembibitan di pot dan polybag yang ditanam beserta tanahnya, sedangkan bibit yang akarnya tidah diselubungi tanah biasanya merupakan tanaman mawar yang cabutan atau bibit yang tanahnya dibuang.


Penentuan Pola Tanaman

Buat lubang tanam pada jarak 60×60 cm 70×70 cm, tergantung jenis mawar dan kesuburan tanahnya.

Pembuatan Lubang Tanaman

Untuk membuat lubang diperlukan sekop melengkung supaya diperoleh lubang berbentuk silindris. Ukuran-ukuran lubang 45x45x45 cm. Kedalaman yang baik yaitu bila tanaman diletakan dalam lubang dan kedudukan bagian percabangan utama(Budunion) letaknya sejajar dengan permukaan tanah. Akar Mawar tidak dapat menembus tanah terlalu dalam, maka tidak perlu mencangkul tanah terlalu dalam cukup 45-55 cm.


Pada saat membuat lubang tanah di permukaan (Top Soil), subsoil dikumpulkan terpisah karena akan difgunakan untuk menutupi lubang kembali. Bila daerah itu tertutup rambut, harus diambil dalam bentuk lempengan-lempengan dan diletakan di tempat teduh untuk digunakan sebagai pupuk untuk dimasukan kedalam lubang kembali. bila itu tertutup rumput, harus diambil dalam bentuk lempengan-lempengan dan diletakan ditempat teduh untuk dimasukan kedalam lubang.


Cara Penanaman

Waktu tanam mawar adalah pada awal musim hujan(Bila airnya memadai dapat dilakuakan sepanjang musim/Tahun). Tanaman mawar yang ditanam berupa bibit cabutan(Bibit yang akarnya tidak diselubungi tanah) dan bibit yang berasal dari polybag(Bibit yang akarnya diselubungi tanah)


Jenis Bunga Mawar

Jenis Bunga Mawar

Asalnya tumbuh liar. Bentuk bunganya sederhana, hanya beberapa petal, tetapi sangat cepat berkembang biak serta tahan hama penyakit dan tidak mudah mati. Mawar liar ini biasa digunakan sebagai batang bawah untuk melakukan grafting mawar. Mawar liar ini sudah dikenal manuasia sejak jaman dahulu. Beberapa spesies mawar terkemuka dan beberapa hibrida yang dihasilkan merupakan contoh mawar liar.


Tea di tahun 1867. Bentuk bunganya unik dan berbau harum. Petal bunga mawar ini sudah lebih kompak. salah satu kelemahan mawar kuno ini adalah bunganya hanya berbunga satu kali semusim. Walaupun saat keluar berbunga itu amat banyak bunganya dan bisa berlangsung sampai 2 bulan, tetapi setelah itu dia akan istirahat berbunga atau berbunga kembali di tahun berikutnya ini adalah jenis-jenis mawar yang disusun menurut umur dari yang paling tua.

Baca Artikel Lainnya : 7 Bunga Yang Bisa Dimakan “Edible Flower” Dan Resepnya Lengkap


  • Alba

Mawar putih hasil persilangan Rosa arvensis dengan rosa alba. Alba merupakan contoh bunga mawar taman yang paling tua dibawa ke inggris oleh bangsa romawi kuno, berbunga setahun sekali, contoh semi plena dan white rose of york.


  • Gallica

Hasil persilangan dari rosa gallica yang berasal dari eropa bagian tengah dan selatan. berbunga sekali dimusim panas. Contoh Cardinal den Richelieu, Charles de mills, dan Rosa Mundi (Rosa gallica versicolour).


  • Damask

Dibawa ke eropa dari persia oleh robert de Brie sekitar tahun 1254 dan tahun 1276.Mawar jenis summer damasks (persilangan antara Gallica dengan Rosa moschata) berbunga dimusim gugur. Contoh: Ispahan dan madame hardy.


  • Centifolia

Dikenal juga sebagai provence. Secara harafiah berarti “seribu daun mahkota” Mawar hasil ini adalah mawar pemuliaan di abad ke-17 dibelanda berbunga setahun sekali. Contoh: Centifolia Dan Paul Ricault.


  • Moss

Masih kerabat dekat centifollia. Batang dan daun kelopaknya seperti ditumbuhi lumut berwarna hijau. Berbunga setahun sekali Contoh: Comtesse de marinais dan Old pink moss.


  • China

Dapat berbunga berkali-kali sepanjang musim panas hingga musim gugur: Ada empat jenis (Slater’s Crimson China 1792, Parson Pink China 1793, Home’s Blush China 1809, dan park yellow Tea Scented China 1824) yang dibawa masuk ke Eropa pada akhir abad ke-18 dan abad ke-19.Jenis-jenis ini kemudian dimuliakan menjadi mawar old garden yang dapat berbunga berkali-kali, seperti old blues china dan mutabilis.


  • Portland

Dinamakan untuk mengenang Duke Of Portland yang menerima mawar dari italia tahun 1800 “Mawar sering dikenal dengan the portland rose” (Nama lain: Rosa Paestana atau scarlet for season’ Rose) ini merupakan moyang mawar portland. Contoh: James Veitch,Rose de Resht, dan the portland Rose.


  • Bourbon

Mawar yang berasal dari I’lle den buorbon (Sekarang disebut Reunion, koloni Prancis di Lautan Hindia) ini diperkenalkan di Prancis pada tahun 1823. Hasil persilangan Autumn Damask dan Old Blush China. Berbunga berkali-kali. Contoh: Louise Odier.Mme, Pierre Oger, dan Zephirine Drouhin.


  • Hybrid Perpetual

Mawar yang banyak dijumpai di inggris pada zaman Victoria ini merupakan keturunan dari bourbon. Berbunga berkali-kali. Contoh: Ferdinand Pichard dan Reine Des Violettes.


  • Tea

Mawar hasil persilangan Hume’s Blush China atau ‘Parks Yellow Tea Scented China’ dengan berbagi jenis bourbon dan Noisette. Berbunga berkali-kali walaupun tidak berbau harum seperti teh.Contoh:Lady Hillingdon.

Baca Artikel Lainnya : 12 Cara Menanam Bunga Krisan Dalam Pot Dan Perawatannya Lengkap


  • Bermuda “Mysterious” Roses (Mawar misterius bermuda)

Kelompok yang bersal dari beberapa kelompok mawar asal bermuda yang sudah dibudidayakan sekitar satu abad dibermuda sewaktu “ditemukan” kemungkinan besar mawar bermuda merukan percabangan atau kultivar mawar old garden yang dibuang karena dianggap tidak bisa dipakai.


Mawar bermuda mempunyai nilai ekonomisyang tinggi karena bisa tumbuh didaerah tropis dan sub tropis. Mawar jenis ini dapat berbunga pada cuaca panas dan lembab. tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh Nematoda Dan penyakit Bercak hitam yang menjadi ancaman terhadap tanaman bunga mawar di iklim sedang dan lembab, mawar bermuda disebut mawar misterius karena nama asli jenis ini sudah tidak diketahui lagi berdasarkan nama pemilik taman.


  • Climbing Rose (Mawar Memanjat)

Kelompok yang suka memanjat pada pohon dan bangunan kanopi ini, misalnya:Ayshire, Climbing China, Laevigata, Sempervirens, Noisette, Boursault, Climbig Tea, dan Climbing Bourbon.


  • Shrub Roses (Mawar Semak)

Kelompok dengan kebiasaan semi memanjat ini serta merambat pada pagar dan bangunan kanopi. Bunga kecil dan sedang tahan sampai lama. Masa mawar modren dimulai saat dimunculkanya kultivar mawar pada tahun 1867.


Mawar La France ini hasil karya Jean-Baptiste Guillot. seorang rosieriste (Ahli mawar dalam pemuliaan mawar) asal Lyon, France. La France ini merupakan persilangan antara Rose Madame, viktor Verdier, dan Rose Madam Bravy Atau Rose Madam Falcot.


Mawar yang ideal untuk bunga potong karena satu batang bisa menghasilka 5-6 bunga. Bunga berukuran besar dab anggun, memiliki daun mahkota yang tertutup rapat dan pinggirannya sedikit terlipat Keluar, serta sering ditanam di kebun-kebun kecil dan disematkan sebagai mawar korsase/Corsage untuk acara pernikahan.


  • Floribunda

Bunga kecil-kecil yang merupakan kelompok dari 10 bunga atau lebih pada satu batang. Bunga yang rimbun dan mencolok dari kejauhan sehingga bagus untuk ditanam ditaman-taman umum dan ruang terbuka.

Baca Artikel Lainnya : [Panduan Mudah] Cara Membuat Pupuk Organik Untuk Anggrek


Cara Merawat Bunga Mawar

Merawat mawar juga bukanlah hal yang sulit karena sebenarnya bunga ini tidak memerlukan banyak perawatan. Pada masa satu atau dua bulan pertama setelah penanaman, tanaman mawar harus disiramsetiap hari secara teratur. Pada pagi hari kita harus menyiram tanahnya saja hingga terserap ke bagian bawahnya. Lalu pada sore hari ketika matahari sudah tidak begitu terlihat kita lakukan penyiraman pada daunnya.


Namun setelah melewati masa dua bulan tersebut, bunga mawar tidak perlu disiram sering-sering, cukup satu hari atau dua hari sekali. Bila mawar sudah berbunga jangan lupa untuk memangkas dahan-dahan pohon yang sudah kering yang bertujuan agar bunga mawar tersebut akan lebih sering berbunga di dahan-dahan yang baru tumbuh.


Namun dahan-dahan yang telah dipangkas jangan langsung dibuang karena dahan-dahan itu dapat ditanam kembali di tempat lain. Selain itu juga memangkas buah cabang-cabang yang mengarah ke dalam tanaman agar tanaman mawar tersebut bisa dengan mudah bernafas dan menyerap zat-zat yang bagus untuk pertumbuhannya.


Pemangkasan ini bagus dilakukan jika kita ingin agar bunga mawar berbunga banyak tanpa henti. Selain itu dengan pemangkasan maka akan muncul tunas baru dari mawar tersebut dengan tangkai yang lebih panjang, karena jika tidak dipangkas maka tangkai bunga mawar akan pendek dan juga tidak menghasilkan bunga yang banyak. Di negara yang memiliki empat musim pemangkasan biasanya dilakukan pada saat musim gugur dan atau menjelang musim semi.


Jangan lupa memberi pupuk setiap bulannya. Pupuk yang baik digunakan adalah pupuk organik, namun juga bisa dengan pupuk buatan yang khusus untuk mawar. Pada saat pemupukan lakukan sekaligus penggemburan tanah di daerah sekitar batang lalu cabut tanaman liar yang mengganggu mawar tersebut.


Jika ada hama yang mengganggu gunakan obat khusus yaitu Bouillie Bordelaise / Bordeaux Mixture yaitu dengan cara disemprot. Jangan sering menggoyangkan dahan yang baru saja ditanam dalam arti belum terjadi pengakaran di sana. Setiap satu hingga dua tahun sekali media penanaman diganti.


Merawat mawar juga bukanlah hal yang sulit karena sebenarnya bunga ini tidak memerlukan banyak perawatan. Pada masa satu atau dua bulan pertama setelah penanaman, tanaman mawar harus disiramsetiap hari secara teratur. Pada pagi hari kita harus menyiram tanahnya saja hingga terserap ke bagian bawahnya. Lalu pada sore hari ketika matahari sudah tidak begitu terlihat kita lakukan penyiraman pada daunnya.


Namun setelah melewati masa dua bulan tersebut, bunga mawar tidak perlu disiram sering-sering, cukup satu hari atau dua hari sekali. Bila mawar sudah berbunga jangan lupa untuk memangkas dahan-dahan pohon yang sudah kering yang bertujuan agar bunga mawar tersebut akan lebih sering berbunga di dahan-dahan yang baru tumbuh.


Namun dahan-dahan yang telah dipangkas jangan langsung dibuang karena dahan-dahan itu dapat ditanam kembali di tempat lain. Selain itu juga memangkas buah cabang-cabang yang mengarah ke dalam tanaman agar tanaman mawar tersebut bisa dengan mudah bernafas dan menyerap zat-zat yang bagus untuk pertumbuhannya.


Pemangkasan ini bagus dilakukan jika kita ingin agar bunga mawar berbunga banyak tanpa henti. Selain itu dengan pemangkasan maka akan muncul tunas baru dari mawar tersebut dengan tangkai yang lebih panjang, karena jika tidak dipangkas maka tangkai bunga mawar akan pendek dan juga tidak menghasilkan bunga yang banyak. Di negara yang memiliki empat musim pemangkasan biasanya dilakukan pada saat musim gugur dan atau menjelang musim semi.


Jangan lupa memberi pupuk setiap bulannya. Pupuk yang baik digunakan adalah pupuk organik, namun juga bisa dengan pupuk buatan yang khusus untuk mawar. Pada saat pemupukan lakukan sekaligus penggemburan tanah di daerah sekitar batang lalu cabut tanaman liar yang mengganggu mawar tersebut.


Jika ada hama yang mengganggu gunakan obat khusus yaitu Bouillie Bordelaise / Bordeaux Mixture yaitu dengan cara disemprot. Jangan sering menggoyangkan dahan yang baru saja ditanam dalam arti belum terjadi pengakaran di sana. Setiap satu hingga dua tahun sekali media penanaman diganti.


Sekian penjelasan artikel diatas semoga bermanfaat bagi pembaca Lahan.Co.Id

Bunga Mawar (Merah & Putih)
5 (100%) 10 vote[s]