Burung Kolibri Ninja

Diposting pada

Cara Merawat Burung Kolibri Ninja Agar Cepat Gacor

Jenis burung kolibri di indonesia memiliki banyak jenis yang berbeda. Misalnya kolibri wulung, sepah raja, sriganti, kelapa dan lain sebagainya.salah satu diantara sekian banyak burung kolibri yang menjadi primadona saat ini ialah burung kolibri ninja. Ciri fisik kolibri ninja memiliki besar tubuh sekitar 7-8cm dan warna yang dominan hitam mengkilat dengan warna merah keemasan di kepala,paruh runcing dan tajam. Burung kolibri ninja akhir-akhir ini jarang kita temukan,masalahnya burung kecil dan mungil ini memiliki kecepatan yang luar biasa saat terbang yang mengakibatkan sulit untuk di tangkap.


Harga bakalan burung kolibri ninja bisa dibilang mahal dan tidak seimbang dengan postur tubuhnya yang cenderung amat kecil,hal ini di kernakan tingkat kesulitan untuk mendapatkan burung kolibri ninja di alam liar sangatlah susah.perburuan yang besar-besaran tanpa di imbangi penangkaran membuat populasi burung kolibri ninja di alam liar makin minim atau sedikit,dan bila dibiarkan barlarut-larut maka tidak bisa di pungkiri burung yang satu ini akan terancam punah.

Burung-Kolibri-Ninja


Di alam liar burung kolibri ninja memiliki makanan utama berupa nektar yang di dapat dari sari pati tumbuhan,buah dan bunga.burung ini juga mempunyai peran penting bagi populasi tumbuhan dengan cara penyerbukan di saat ia mencari makanan disekitar.


Selain nektar, kolibri ninja juga gemar menyantap makanan layaknya jenis burung lainnya seperti serangga kecil berupa ulat,nyamuk,dan serangga kecil lainnya.mengingat penggemar akan burung yang satu ini kian meningkat maka tidak heran jika pakan utama berupa nektar khusus untuk burung kolibri sudah banyak beredar dan tersedia di toko maupun di kios-kios burung.


Artikel Terkait : Harga Burung Lovebird


  • Ciri jantan dan betina ketika sudah dewasa sangat gampang kita tentukan.
  • Burung kolibri ninja jantan memiliki ciri warna pada seluruh tubuh dominan hitam mengkilat dan warna merah keemasan pada kepalanya.
  • Sedangkan ciri kolibri betina warna seluruh tubuhnya dominan coklat tua.

Suara nyerecet burung kolibri ninja dikenal merdu dengan nada yang berfariasi serta cengkok yang melengking tajam dan keras.banyak para penghobi merawat burung kolibri ninja untuk dijadikan burung master kesayangan,namun banyak juga yang nerawat burung ini dengan tujuan sebagai pelengkap akan hobi pada burung berkicau mereka.


Warna yang menawan,suara khas,harga mahal dan sulit untuk di dapatkan membuat burung kolibri ninja kini banyak di incar oleh semua penghobi burung tanah air. Di sisi lain banyak kalangan yang mendirikan suatu komunitas yabg memang khusus pecinta burung kolibri ninja dan antusias serta penggemar tidak bisa kita hitung hanya dengan memakai jari tangan kita,itu menandakan bahwa banyak dari mereka yang antusias bergabung dalam komunitas unik dan langka tersebut.


Bagi para senior yang sudah berpengalaman dan sudah bertahun tahun berkecipung dengan burung kolibri ninja,merawat dan menjadikan burung ini gacor tentu bukanlah hal sulit.  Namun berbeda bagi para pemula yang masih awam dan belum paham merawat akan burung ini.mengingat makanan utama dari burung ini adalah nektar dan juga rentan terhadap kematian,tentunya pengetahuan untuk di jadikan referensi tentu sangat di perlukan bagi para pemula.


Jika kalian ingin merawat burung kolibri ninja dan masih mencari cara yang benar dalam pola perawatannya,maka artikel dari saya kali ini cocok untuk kalian simak.kali ini saya akan menjelaskan cara pola perawatan burung kolibri ninja agar cepat gacor dan tentunya berumur panjang.untuk lebih jelasnya silahkan kalian simak beberapa tutorial singkat dibwah ini.


Cara Merawat Burung Kolibri Ninja

Sangkar buat burung ini idealnya berukuran mini berkisar 30x45cm agar burung mudah jinak dan bisa bergerak dengan leluasa.sediakan 4 cepuk yang berisi bahan makanan/minuman yang berbeda di antaranya cepuk berisi nektar,voer,air putih dan pakan tambahan atau ektra fooding.usahakan cepuk khusus nektar memiliki ukuran yang paling kecil,hal ini bertujuan sebagai antisipasi air nektar agar tidak di buat mandi oleh burung kolibri tersebut.

Cara-Merawat-Burung-Kolibri-Ninja


Artikel Terkait : Peluang Usaha Burung Lovebird


  • Untuk pakan utama berupa nektar bisa kalian buat sendiri dengan cara:
  1. Larutkan 4 sendok gula pasir dan 1 sendok makan madu murni ke dalam setengah gelas air matang panas,aduk sampai merata lanjut diamkan sampai dingin,dan setelahnya bisa kita konsumsikan.
  2. Jika kalian merasa malas membuat bahan makanan kolibri di atas,maka produk nektar buatan bisa kalian jadikan jalan pintas yang bisa kalian dapatkan dengan cara membeli di toko atau kios burung terdekat.jika semuanya dirasa sudah lengkap maka kita lanjut pada tahap selanjutnya yaitu topik utama pada judul artikel ini.
  3. Jam 05.00 pagi burung kolibri kalian angin-anginkan di luar rumah agar senantisa terkena embun dan udara segar di pagi hari.jika cuaca tidak menentu misal mendung atau lagi gerimis maka kolibri tidak perlu kalian gantang di luar rumah.suasana dan udara segar dipagi hari dipercaya mampu membuat burung merasa rilaksasi serta mampu meningkatkan kualitas kesehatan tubuhnya.
  4. Jam 06.00 pagi bersikan sangkar harian,ganti air minum,voer dan nektar dengan yang baru.pemandian bisa kalian terapan dengan memakai seprayer atau bisa kalian sediakan cepuk berisi air putih yang berukuran agak besar agar kolibri senantiasa bisa mandi sendiri,setelahnya lunjut di gantang untuk di angin-anginkan.
  5. Jam 07.00 pagi pindah gantangan ke tempat yang terkena sinar matahari langsung dengan tujuan penjemuran.
  6. Durasi penjemuran cukup 1 jam saja karna burung kolibri kurang tahan terhadap cuaca panas yang berlebihan,intinya sampai bulu burung kembali kering dan aktif bergerak/terbang kembali.
  7. Jam 08.00 pagi burung kalian pindah gantangan ke tempat yang teduh dan sejuk untuk kalian nikmati suara kicauannya,bisa di bawah pohon rindang atau di teras rumah.tempat menggantang burung kolibri di wajibkan terbebas dari serangga berupa semut dikarenakan aroma serta rasa dari nektar sangat di sukai oleh semut dan sangat berbahanya bila segerombolan semut menyerang sangkar burung kolibri kita.
  8. Sebagai antisipasi dari serangan semut,usahakan cantolan sangkar kalian lapisi dengan oli mesin,agar semut enggan merayap pada sangkar.
  9. Jam 10.00 burung kalian kerodong dan pindah ke dalam ruangan yang mempunyai sirkulasi udara baik untuk beristirahat.selama istirahat kolibri ninja bisa kalian master dengan suara burung sejenis atau suara burung yang lain dengan volume pelan saja.
  10. Jam 03.00 sore buka kerodong,bersihkan kembali sangkar dan kembali di angin-anginkan di teras rumah yang terkena sinar matahari langsung.berikan satu sendok teh kroto segar pada cepuk berbeda yang sudah kalian sediakan.pada saat ini burung bisa kalian mandikan kembali bila perlu.
  11. Jam 05.00 sore burung kembali di kerodong dan gantang di dalam ruangan agar beristirahat kembali.perdengarkan suara burung master dengan volume kecil sampai menjelang pagi hari tiba kembali.

PENTING!!!

  • Pemberian kroto wajib kalian terapkan setiap hari agar burung kolibri ninja kalian cepat menjadi gacor.
  • Ulat kandang yang berwarna putih cukup 3 kali dalam seminggu sebanyak 5 ekor dalam sehari.
  • Air putih bersih harus tetap tersedia di dalam sangkar meskipun jarang diminum.usahakan air putih selalu diganti setiap hari.

Artikel Terkait : Cara Memilih Burung Lovebird


Cara Memilih Burung Kolibri Mental Juara

Cara-Memilih-Burung-Kolibri-Mental-Juara

  • Pilih Kolibri Yang Mempunyai Paruh Tebal

Burung Konin yang memiliki paruh tebal biasanya mempunyai suara yang keras, jika paruhnya tebal dan panjang burung akan dapat mengeluarkan isiannya ngerol secara keras, sedangkan paruh pendek dan juga tebal menandakan burung memiliki jenis kicauan yang cepat/ rapat dan juga keras.


  • Mata Melotot dan Kepala Cepak

Burung yang memiliki mata melotot memiliki sifat fighter, biasanya burung ini lebih agresif dalam mempertahankan daerah teritorialnya. Burung yang memiliki kepala yang cenderung cepak dan juga leher yang besar dapat dipastikan burung ini mempunyai mental yang lebih bagus daripada burung yang memiliki kepala kecil lonjong.


  • Memiliki Tubuh Proposional

Tubuh proposional dalam artian burung yang memiliki ciri-ciri seperti kepala cepak, mata melotot, paruh tebal panjang, leher sampai dada terlihat kekar serta tubuh yang panjang dan berdiri tegak. Itulah bentuk tubuh yang proposional untuk burung juara.


  • Berkicau Walau Dalam Ombyokan

Berani berkicau dalam kandang ombyookan dapat dipastikan memiliki mental tarung yang bagus.

  • Mengejar Burung Sejenis

Sering terlihat mengejar burung lain serta berani mematok itu bisa dijadikan referensi untuk memilih kolibri yang mempunyai mental.


  • Mau Mandi Sendiri Dalam Cepuk 

Burung yang sudah mempunyai mental dan juga mapan biasanya sering mandi dalam cepuk air, burung seperti ini biasanya gampang jinak dan juga mudah untuk dirawat.

  • Berani Mengambil Makanan Dari Tangan Kita

Burung yang berani makan lewat tangan kita langsung menandakan burung tersebut sudah memiliki mental dan akan mudah untuk dijinakkan.


Artikel terkait : Cara Merawat Burung Ciblek


Demikian penjelasan artikel diatas tentang Burung Kolibri Ninja semoga bisa bermanfaat bagi pembaca setia Lahan.Co.Id