Cara Berkebun Jagung

Diposting pada

Cara Berkebun Jagung – Saat ini, beberapa petani memilih untuk berkebun / menanam jagung, Hal ini karena panennya cepat atau harganya cukup tinggi. Selain itu, cara berkebun jagung juga cukup mudah dan menjanjikan.

Untuk menanam jagung, Anda membutuhkan berbagai media seperti tanah, media tanam, benih jagung dan lainnya. Persyaratan yang paling penting untuk alat pertanian adalah alat standar. Di bawah ini adalah langkah-langkah atau cara menanam jagung yang baik.

Cara Berkebun Jagung

cara berkebun jagung
cara berkebun jagung

Syarat Tumbuh

  1. Lahan yang baik untuk pertumbuhan jagung adalah lahan terbuka dengan penyinaran langsung.
  2. Tanah untuk pertumbuhan jagung yang optimal adalah tanah liat, lempung berpasir dan tanah gambut.
  3. Keasaman tanah yang baik adalah dengan pH 5,5 sampai 7,5.
  4. Dapat tumbuh didataran rendah maupun dataran tinggi yang berkisar antara 200 sampai 1500 mdpl.
  5. Suhu terbaik untuk pertumbuhan optimal adalah 22 sampai 28 derajat celcius.

Pemilihan Benih Jagung

  1. Adalah ide yang baik untuk memilih benih jagung berkualitas tinggi atau merek terkenal jika Anda membelinya di pertanian.
  2. Jagung harus digunakan sebagai bibit batang jagung yang benar-benar berkualitas tinggi, besar, sehat dan bebas dari hama dan penyakit.
  3. Pilih tongkol jagung atau jagung yang masih terbungkus rapat saat menggunakan biji buatan sendiri.
  4. Dari jagung, Anda harus mengambil biji di tengah sebagai biji.

Pengolahan Lahan Tanam

Langkah selanjutnya setelah kriteria yang tepat untuk lokasi penanaman untuk menanam jagung telah diidentifikasi adalah mempersiapkan lahan tanam sehingga jagung yang ditanam dapat tumbuh nanti dengan hasil yang baik.

Lahan tersebut dibersihkan terlebih dahulu dari gulma dan tanaman liar serta batu-batuan. Setelah itu lakukan penggemburan lahan terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan traktor atau cangkul yang Anda miliki. Mengapa tanah perlu digemburkankan sebelum digunakan? Hal ini karena ketika tanah gemburmaka tanah lebih subur dan memiliki lebih banyak oksigen serta unsur hara.

Kemudian, buatlah bedengan dalam bentuk larikan pada jarak yang diinginkan berdasarkan area yang Anda miliki.

Kemudian beri dan taburi dengan pupuk dolomit. Jika tanah pada lokasi penanaman terlalu asam, pupuk dolomit berguna untuk menetralkan keasaman tanah sehingga jagung dapat mencapai potensi penuhnya. Kemudian buat lubang tanam dengan kedalaman 5 hingga 10 cm dan memiliki jarak yang benar.

Proses Penanaman

Cara selanjutnya menanam jagung adalah di mana Anda bisa mulai menanam jagung. Setelah menyiapkan tanah atau lahan, Anda bisa mulai menanam jagung. Jagung dapat ditanam di musim hujan untuk hasil yang memuaskan.

Tujuannya tentu saja adalah Anda tidak perlu menyiram karena tanahnya cukup lembab. Namun, jika tidak hujan Anda perlu menyiram jagung nanti. Budidaya jagung tidak hanya membutuhkan lahan subur, tetapi juga benih yang baik.

Pilih dan gunakan benih jagung berkualitas tinggi kemudian tanam pada jarak yang tepat. Jarak yang baik antara tanaman jagung adalah 25 × 75 cm, benih yang dibutuhkan sekitar 20-30 kg per hektar.

Untuk menanamnya sendiri, Anda bisa membuat lubang kecil dengan kedalaman 3 hingga 5 cm. Cara selanjutnya menanam jagung adalah memasukkan 1 butir jagung dan menutup lubangnya.

Perawatan dan Pemeliharaan

Penyiraman

Lakukan penyiraman dengan rutin pada pagi dan sore hari terutama di awal masa tanam dan dimusim kemarau. Penyiraman sebaiknya dilakukan secukupnya saja dan tidak membuat lahan tanam tergenang.

Pemupukan

Lakukan pemupukan untuk membantu memenuhi nutrisi didalam tanah. pemupukan sebaiknya diberikan berupa pupuk organik seperti pupuk kandang dan kompos. Sedangkan pupuk anorganik bisa diberikan berupa urea, tsp dan kcl.

Penyiangan

Gulma dan tanaman liar disekitar tanaman jagung harus dibersihkan agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman jagung. Gulma dan tanaman liar yang tidak dibersihkan bisa merebut nutrisi didalam tanah.

Proses Panen

Anda bisa memanen jagung saat berusia antara 80 dan 90 hari. Atau Anda juga dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Jika digunakan untuk sayuran Anda bisa mengambilnya lebih cepat.

Budidaya tanaman jagung sebenarnya cukup mudah dan dapat dilakukan siapa saja. Untuk panen itu sendiri, metodenya adalah dengan memutar tongkol jagung. Tujuannya adalah untuk mempermudah mengambil jagung dan memisahkannya dari tangkai.

Demikianlah pembahasan tentang cara berkebun jagung semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Posting terkait: