Cara Berkebun Semangka

Diposting pada

Cara Berkebun Semangka – Semangka adalah jenis buah yang cukup laris di pasaran. Rasanya yang manis dan beragam kandungan vitamin membuat buah ini menjadi favorit semua orang. Karena itu, peluang usaha untuk budidaya semangka tentu cukup besar.

Jika anda berminat menanam semangka, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menanam semangka. Sebelum melanjutkan dengan panduan lengkap untuk budidaya semangka, Anda harus terlebih dahulu memahami kondisi untuk pertumbuhan semangka.

Cara Berkebun Semangka

cara berkebun semangka
cara berkebun semangka

Syarat Tumbuh

  1. Lahan terbuka dengan penyinaran langsung.
  2. Ketinggian tempat yang cocok untuk pertumbuhan semangka antara 100 sampai 600 mdpl.
  3. Tanah yang baik adalah tanah gembur berpasir dan mengandung banyak unsur hara.
  4. Keasaman tanah yang baik dengan pH antara 6 – 6,8.
  5. Suhu untuk pertumbuhan semangka yang optimal adalah antara 23 sampai 27 derajat celcius.
  6. Curah hujan antara 40 sampai 50 mm/bulan.

Persiapan Lahan Tanam

Lahan tanam yang baik adalah media tanam yang bebas dari tanaman yang mengganggu. Tanaman gulma yang tidak dibersihkan secara menyeluruh dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Juga bersihkan lahan dari batu-batuan. Hal tersebut dapat meminimalkan gangguan tanaman dikemudian hari. Setelah itu dilakukan penggemburan tanah menggunakan cangkul atau dibajak.

Langkah berikutnya adalah membuat bedengan. Pembuatan bedengan bertujuan agar tanaman menjadi teratur dan rapi. Kemudian buatlah lubang tanam di bedengan dengan kedalaman 22 cm. Setelah itu diberikan pupuk kandang sebagai pupuk dasar. Kemudian diamkan lahan selama 2 minggu.

Persiapan Bibit

Jika Anda ingin mendapatkan semangka yang baik, sebaiknya pilih bibit yang berkualitas juga. Bibit semangka dapat ditemukan di beberapa toko tanaman yang menjual bibit buah. Pilihlah benih yang berkualitas lebih tinggi sehingga buah yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik dan memiliki rasa yang manis.

Cara Penyemaian Bibit

Bibit direndam dalam air hangat + zpt atau air bawang selama 3-5 jam hal ini bertujuan untuk benih cepat berkecambah. Kemudian angkat dan kemudian dibungkus kain basah atau koran. Bibit biasanya berkecambah setelah 3-4 hari. Kemudian benih disemaikan di polybag kecil. Bibit dapat dipindahkan setelah berumur 8-12 hari.

Cara Menanam Benih Semangka

Benih semangka ditanam setelah berumur 8-12 hari atau setelah tumbuh 3-4 daun. Lakukan penanaman dipagi atau sore hari. Sebelum ditanam, sebaiknya lubang tanam disiram agar lembab. Pada musim kemarau, setelah ditanam maka lakukan penyiraman secukupnya.

Perawatan dan Pemeliharaan

Penyiraman

Sebaiknya lakukan penyiraman dipagi dan sore hari terutama jika sudah memasuki musim kemarau yang kering, intensitas penyiraman sebaiknya lebih banyak.

Penyiangan

Penyiangan adalah proses pembersihan lahan dari gulma dan tanaman liar lainnya yang ada disekitar tanaman semangka. Jika tidak dibersihkan akan terjadi persaingan dalam memenuhi nutrisi didalam tanah.

Pemupukan

Untuk memenuhi unsur hara didalam tanah maka lakukan pemupukan. Berikan pupuk berupa pupuk organik dan pupuk anorganik. Lakukan pemupukan terutama ketika berbunga dan muncul buah semangka.

Proses Panen

Semangka yang siap dipanen di setiap wilayah berbeda-beda tergantung cuaca di suatu daerah. Tetapi semangka yang siap dipanen biasanya memiliki karakteristik khusus, kulit buah sudah berwarna cerah, daun buah sudah mulai layu dan ketika dipukul buah mengeluarkan bunyi berat.

Demikianlah pembahasan tentang cara berkebun semangka semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Posting terkait: