Jenis Anubias

Diposting pada

Apa Itu Tanaman Anubias ?

Jenis Anubias – Langka, Pupuk, Mempercepat Pertumuhan & HarganyaAnubias adalah tanaman semi darat (bisa di air bisa di darat) yang umumnya digunakan sebagai hiasan pada vivarium (akuarium, paludarium, riparium, dan tentunya aquascape). Anubias umumnya diikatkan atau ditempelkan pada batu atau kayu menggunakan lem atau benang.

Jenis-Anubias


Anubias merupakan tanaman yang minim perawatan, cahaya yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi, nutrisi yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, dan tahan banting (tidak mudah mati). Kekurangan anubias hanya pada waktu pertumbuhannya yang relatif lama. Oleh karena itu, harga anubias relatif mahal dari mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah per rhizome tergantung jenisnya.


Jenis Tanaman Anubias

Berbagai jenis anubias kami sediakan bagi penikmat vivarium di Jogja khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Jenis yang kami sediakan diantaranya:

  1. Nana (25 ribu)
  2. Broadleaf (30 ribu)
  3. Golden (40 ribu)
  4. Lanceolata/Congensis (50 ribu)
  5. Minima (50 ribu)
  6. Heterophylla (50 ribu)
  7. Roundleaf (55 ribu)
  8. Hastifolia (60 ribu)
  9. Petite (100 ribu)
  10. Coffefolia (150 ribu)
  11. Varigata (500 ribu)

Jenis Anubias


Anubias afzelii

Anubias-afzelii

Anubias afzelii
Nama ilmiah: Anubias afzelii
Keluarga: Araceae
Ukuran : 15 – 30 cm
Kisaran pH : 6 – 8
Suhu : 23 – 27 ° C
Reproduksi tanaman: Rimpang
Asal (di alam liar): Afrika
tanaman tumbuh: Lambat
pencahayaan: Sedang


Anubias afzelii tidak terlalu rewel tentang persyaratan pencahayaan. Seperti beberapa tanaman Anubias lainnya, spesies ini cukup di bawah pencahayaan yang terang, namun juga akan tumbuh sama cepatnya di bawah pencahayaan redup. Pencahayaan yang terlalu terang dapat menyebabkan tanaman ini ditumbuhi alga.


Anubias gigantean

Anubias-gigantean

Kisaran pH: 6.5 – 7.2
Kisaran suhu: 22-28 C
Perbanyakan: Stek rimpang.
Habitat: Afrika
Cahaya : rendah – sedang


Anubias terlihat bagus di akuarium tetapi tumbuh jauh lebih lambat di bawah air. Cara tercepat untuk mendorong pertumbuhan mereka adalah dengan menaikkan daunnya di atas permukaan air Anda.


Anubias akan berakar di kayu atau batu. Tetapi tidak seperti pakis Afrika, anubias akan menumbuhkan sistem akar yang luas. Simpan rimpang itu di atas kerikil. Anubias tumbuh jauh lebih baik ketika cahaya menyentuh rimpangnya.


Cara terbaik untuk mendorong pertumbuhan adalah dengan menempelkan ke kayu dengan benang jahit atau katun. Daun yang rusak tidak akan memperbaiki diri. Jika Anda ingin dedaunan yang terlihat bagus, Anda harus memangkas kembali dan tidak perlu takut, ini juga akan mendorong pertumbuhan daun baru.


Anubias Golden Nana

Anubias-golden-nana

Jenis: Rimpang
Asal: Afrika
Tingkat pertumbuhan: Lambat
Tinggi: 5 – 15 cm
Cahaya: Rendah – sedang
CO2: Rendah


Kebanyakan penggemar akuarium terbiasa dengan genus tanaman bernama Anubias. Namun, yang relatif baru dalam hal ini adalah Anubias barteri var. “Nana gold.”


Daunnya yang indah, hijau muda ke emasan menunjukkan varian warna yang sebenarnya tidak tergantung pada kondisi tangki. Warna ini tidak akan hilang saat tanaman menua atau diperbanyak. Daunnya yang tebal dan berbentuk hati itu tangguh dan dapat bertahan beberapa tahun. Anubias dapat berkembang dalam berbagai suhu dari 68 ° hingga 86 ° F. Variasi emas ini akan tumbuh dalam kisaran cahaya kurang dari satu watt per galon, tetapi juga dapat berkembang dalam cahaya tinggi.


Anubias nana Mini

Anubias-nana-Mini

Jenis: Rimpang
Asal: Afrika
Tingkat pertumbuhan: Lambat
Cahaya: Rendah – sedang
CO2: Rendah


Anubias nana mini adalah tanaman akuarium yang tumbuh lambat, secara alami lebih disukai tangki berteknologi rendah sehingga apa pun di mana pencahayaannya relatif rendah dan tidak menyala terlalu lama setiap hari. Ini 100% baik-baik saja tanpa CO2 bertekanan, tetapi sama halnya jika Anda memilikinya, itu akan membuat tanaman lebih cepat dengan asumsi Anda menggunakan banyak pupuk.


Anubias nana Mini harus diikat pada kayu atau batu – seperti Anubias lain alasannya sederhana – jika Anda menanamnya di substrat, rhyzome akan membusuk dan tanaman akan mati. Cocok untuk pemula, tanaman akuarium yang menyenangkan ini tidak menantang, bermanfaat dan mudah tumbuh. Terlihat terbaik di akuarium yang lebih kecil karena ukuran daun jadi jika Anda memiliki akuarium nano (katakanlah ukuran 30-40L) maka itu akan terlihat sangat indah.


Anubias Petite

Anubias-petite

Jenis: Rimpang
Asal: Kultivar
Tingkat pertumbuhan: Lambat
Tinggi: 3 – 5+ cm
Cahaya: Rendah
CO2: Rendah


Anubias sp. ‘Petite’ adalah mutasi yang muncul dalam budidaya di pembibitan tanaman akuarium. Tumbuh sangat lambat, dan bisa sulit untuk tetap dalam pertumbuhan yang sehat.


Tingginya kurang dari 5 cm dan dengan rimpang dari 5-10 cm atau lebih. Ini paling dekoratif ketika melekat pada batu atau akar, dan seperti Anubias lainnya harus dilampirkan dengan benang jahit sampai akar melekat pada media tumbuh. Sangat ideal untuk lanskap mini di akuarium kecil.


Anubias-Roundleaf

Anubias-roundleaf

Keluarga: Araceae
Genus: Anubias
Kesesuaian akuarium: ya
Penggunaan: Epiphyte (tumbuh di hardscape)
Kesulitan: sangat mudah
Pertumbuhan: lambat


Anubias roundleaf adalah pilihan Anubias barteri dengan bilah daun kecil, bundar, dan berbentuk hati. Sering juga di perdagangkan dengan nama label “Coin Leaf” dan “Gold Coin”. Anubias barteri ‘Round Leaf’ memiliki ukuran sekitar Anubias barteri var. nana.


Anubias Stardust

Anubias-stardust

Nama Keluarga: Araceae
Tinggi: 2-5cm
pH: 6-7.5
Perawatan: Mudah
Cahaya: Rendah
Co2: Tidak Diperlukan
Perbanyakan: Pisahkan oleh Rimpang
Tingkat pertumbuhan: Lambat ke Moderate


Anubias Stardust adalah tanaman kecil yang indah. Ukurannya sebanding dengan Anubias Nana Petite yang populer. Mereka tampak seperti tanaman yang hampir sama kecuali jika dilihat dengan cukup cermat. Anubias Stardust memiliki vena putih dan bintik-bintik yang sangat kecil pada daun.


Perawatan serupa, tetapi pencahayaan berkualitas dan air bersih direkomendasikan untuk mendorong pertumbuhan yang sehat dan padat. Anubias Stardust sangat bagus untuk akuarium nano. Seperti kebanyakan spesies Anubias, ia adalah penanam yang lambat, tetapi patut ditunggu karena tampilannya yang indah dan sifatnya yang kuat. Daun ini memberikan kontras yang sangat baik untuk batu berwarna gelap (seperti batu lava) dan akar.


Anubias Coffeefolia

Anubias-Coffeefolia

Jenis: Rimpang
Asal: Kultivar
Tingkat pertumbuhan: Lambat
Tinggi: 15 – 30+ cm
Cahaya: Rendah
CO2: Rendah


Anubias barteri var. coffeefolia adalah kultivar Anubias barteri yang sangat indah dan rendah. Tinggi 15-25 cm dan rimpang merambat dari 10-15 cm atau lebih. Merupakan ciri khas bahwa lengkungan daun jauh di antara tulang rusuk daun, dan daun baru berwarna merah-coklat. Kombinasi warna dan bentuk daun membuatnya menjadi variasi yang menarik di akuarium besar dan kecil.


Sering berbunga di bawah air tetapi tidak menghasilkan biji di sana. Spesies Anubias tampaknya tumbuh sangat lambat sehingga mereka tidak menyadari bahwa mereka telah tenggelam.


Anubias barteri caladiifolia

Jenis: Rimpang
Asal: Kultivar
Tingkat pertumbuhan: Lambat
Tinggi: 10 – 15+ cm
Cahaya: Rendah
CO2: Rendah


Anubias barteri var. caladiifolia berasal dari laboratorium perbanyakan jaringan Australia. Ini adalah varietas yang sangat indah dengan daun berbentuk hati. Daunnya hidup selama beberapa tahun, demikian Anubias barteri var. caladiifolia dapat dengan mudah membentuk kelompok besar meskipun pertumbuhannya lambat. Kelompok Anubias barteri var. Caladiifolia dapat tumbuh lebih dari 50 cm dalam beberapa tahun.


Anubias Gracilis

Anubias-gracilis

Jenis: Rimpang
Asal: Afrika
Tingkat pertumbuhan: Lambat
Tinggi: 10 – 20+ cm
Cahaya : Rendah
CO2: Rendah


Daun segitiga besar 5-10 cm dengan batang daun panjang membuat Anubias gracilis salah satu yang paling elegan. Tanaman dapat tumbuh di atas batu dan akar atau ditanam ke lapisan bawah.


Jika ditanam ke lapisan bawah, pastikan untuk tidak menutupi rimpang dari mana daun dan akar tumbuh, atau tanaman akan membusuk dan mati. Anubias gracilis dapat tumbuh di atas permukaan akuarium, tetapi harap dicatat bahwa tanaman tumbuh lebih besar secara signifikan di atas air.


Anubias Barteri Var Nana

Anubias-barteri-var-nana

Jenis: Rimpang
Asal: Afrika
Tingkat pertumbuhan: Lambat
Tinggi: 5 – 15+ cm
Cahaya: Rendah
CO2: Rendah


Anubias barteri var. nana adalah tanaman kecil yang menarik yang tumbuh subur di segala kondisi. Berasal dari Kamerun dan akan mencapai ketinggian 5-10 cm. Rimpang akan mencapai 10-15 cm atau lebih. Tumbuh perlahan, dan daunnya bertahan selama beberapa tahun. Jika ditanam di bagian bawah rimpang tidak boleh ditutup karena cenderung membusuk. Sering berbunga di bawah air.


Perawatan Anubias

Perawatan-Anubias

Perawatan Anubias cukuplah mudah. Tanaman ini tidak memerlukan banyak cahaya. Dalam merawat cukuplah beri pupuk cair atau pupuk dasar saja secara teratur guna memenuhi kebutuhan gizinya. Untuk menanamnya di akuarium cukup ikat rizom anubias di batu atau kayu agar tenggelam di air dan tidak bergerak kemana-mana. Karena tumbuhan anubias di alamnya tumbuh di daerah tropis maka tidak susah pula untuk mengembangbiakannya. Teman saya Gunawan dari Kabupaten Batang membudidaya tanaman ini hanya dengan kolam terpal yang dibiarkan terpapar matahari.


Saya suka tumbuhan ini karena memiliki kelebihan: daunnya dapat tumbuh besar serta keras dan tahan lama. kelebihannya tersebut menjadikannya cocok ditanam untuk memperindah tank ikan predator. Jika anda adalah seorang pemula di dunia tumbuh-tumbuhan seperti saya, anubias broadleaf mungkin bisa jadi pilihan utama, karena anubias broadleaf termasuk tumbuhan air yang kuat dan tidak memerlukan perawatan yang ribet. Ketika keluar kota saya pernah menelantarkan tumbuhan ini. Tidak saya urus selama sebulan, tanpa lampu dan tanpa pupuk, masih hidup malah tumbuh tunas-tunas baru. Padahal tumbuhan lainnya yang satu tank dengannya mati.


Demikian penjelasan artikel diatas tentang Jenis Anubias – Langka, Pupuk, Mempercepat Pertumuhan & Harganya semoga dapat bermanfaat bagi pembaca setia Lahan.Co.Id