Jenis Ikan Konsumsi

Diposting pada

Jenis Ikan Konsumsi Air Laut

Ikan-Tuna

Ikan Tuna

Dagingnya yang tebal dan lembut menjadi salah satu alasan mengapa jenis ikan yang satu ini banyak digemari. Tuna merupakan salah satu dari jenis ikan laut yang dapat berkembang hingga mencapai bobot 650 kilogram, lho. Ia merupakan salah satu dari sekian jenis-jenis ikan laut besar yang bisa ditemukan di perairan dalam.


Tuna adalah salah satu hewan laut yang biasa hidup bergerombol dan termasuk kedalam keluarga Scombridae dan mempunyai genus Thunnini. Bentuk tubuhnya mirip dengan torpedo dan memiliki mulut yang runcing. Ia mempunyai dua sirip di punggung yang letaknya terpisah.


Ada beberapa jenis tuna besar yang hidup di perairan Indonesia. Jenis-jenis tuna tersebut adalah tuna maddihang, tuna mata besar, tuna albakora, dan tuna sirip biru. Kira-kira kamu pernah makan yang mana, nih?


Berbagai keuntungan bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi hewan laut yang satu ini. Protein atau asam amino yang terkandung dalam dagingnya akan menjaga jaringan tubuhmu agar berfungsi dengan baik. Dagingnya mengandung lemak yang rendah sehingga tak akan membahayakan jantung jika kamu memakannya.


Meski manfaat tuna begitu banyak dan baik bagi kesehatan, tapi jangan sampai berlebihan, ya! Cukup mengonsumsinya satu hingga dua kali dalam seminggu dengan jumlah 170 gram.


Ikan Cakalang

Cakalang

Jenis ikan laut yang satu ini ternyata masih satu keluarga dengan tuna yaitu Scombridae. Namun, ia mempunyai genus yang berbeda yaitu Kastuwonus. Jika tuna bisa berkembang hingga mencapai 65o kilogram, tapi cakalang hanya bisa sampai sekitar 20 kilogram saja.


Kamu harus coba makan daging hewan laut ini apabila ingin elastisitas kulitmu terjaga karena kandungan proteinnya yang tinggi. Selain kandungan protein, ia juga mempunyai kandungan Vitamin A, C, dan D.


Cakalang juga merupakan ikan yang suka hidup bergerombol. Karena masih satu keluarga dengan tuna, maka bentuknya pun mirip yaitu menyerupai torpedo tapi dengan ukuran yang lebih kecil dan bagian kepala yang lebih tebal. Ia pun mempunyai garis-garis lurus pada tubuhnya.


Hewan laut ini mempunyai sirip yang terbelah, hal itu sebagai penanda bahwa ia termasuk salah satu dari jenis-jenis ikan laut yang mampu bergerak cepat. Ia termasuk hewan yang rakus dan pemangsa hewan-hewan kecil.


Selain mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, ia biasanya diolah menjadi berbagai masakan lezat yang menggungah selera, lho. Salah satunya yang paling terkenal adalah cakalang fufu dan cakalang suwir pedas yang juga merupakan makanan khas Manado. Tapi, kamu tak perlu jauh-jauh ke Manado kok, cukup pergi ke pasar dan beli ikannya dan kamu pun bisa membuat masakan cakalang ala kamu sendiri.


Ikan Konsumsi Air Tawar

Ikan-Mujair

Ikan Mujair

Bentuk ikan mujair terlihat sederhana, pipih, hitam keabu-abuan, dengan panjang maksimum 40 cm. Namun, daging ikan mujair sangat gurih untuk dimasak. Durinya juga tidak terlalu banyak.


Ikan air tawar ini terkenal dengan gizinya, terutama karena kaya fosfor. Cara mengolah ikan mujair cukup mudah bisa hanya digoreng kering dimakan bersama sambal terasi, atau dipesmol bumbu kuning yang akan menambah selera makan anda.


  • ISI KANDUNGAN GIZI IKAN MUJAIR

Ikan Mujair adalah bahan makanan hewani yang berasal dari air tawar yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Ikan Mujair mengandung energi sebesar 89 kilokalori, protein 18,7 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 1 gram, kalsium 96 miligram, fosfor 209 miligram, dan zat besi 1,5 miligram.  Selain itu di dalam Ikan Mujair juga terkandung vitamin A sebanyak 20 IU, vitamin B1 0,03 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Ikan Mujair, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 80 %.


Ikan Lele

Ikan-Lele

Bertubuh licin dan panjang yang semakin mengecil ke arah ekor, lele memiliki ciri khas tersendiri yakni kumis yang panjang. Meski ukurannya termasuk kecil, lele disukai banyak orang karena rasanya yang gurih dan dagingnya yang lembut. Harganya juga relatif murah dibanding ikan air tawar lainnya.

Selain digoreng dan disajikan bersama sambel menjadi pecel lele, ikan ini juga dapat dimasak menjadi mangut lele atau dibakar dengan bumbu kecap.


Kandungan Gizi Ikan Lele

Dibalik rasanya yang lezat ikan lele memiliki segudang kandungan gizi yang sangat bermanfaat dan menguntungkan bagi tubuh. Ikan lele memiliki kandungan sumber protein yang sangat banyak. Selain itu, ikan lele juga memiliki kansungan gizi seperti vitamin B dan zat besi. Kita bisa memperoleh manfaatnya tersebut dengan cara mengkonsumsinya dengan cara rutin.


Ikan Konsumsi Air Payau

Ikan-Bandeng

Ikan Bandeng

  • Ciri-ciri Fisik :
  1. Tidak memiliki gigi
  2. Hidup dari ganggang dan invertebrata
  3. Bermulut kecil
  4. Sisik perak
  5. Hidup di air payau

Kandungan gizi  ikan bandeng :

  1. Kalori : 84
  2. Protein (gr) : 14.8
  3. Lemak (gr) : 2.3

Bandeng (Chanos chanos) merupakan ikan air payau yang cukup terkenal dan mudah didapatkan. Dagingnya putih, seratnya halus, dan rasanya gurih. bandeng memiliki badan memanjang seperti torpedo dengan sirip ekor bercabang sebagai tanda tergolong ikan perenang cepat. Kepala bandeng tidak bersisik, mulut kecil terletak di ujung rahang tanpa gigi, dan lubang hidung terletak di depan mata. Mata diliputi oleh selaput bening (subcutaneus). Warna badannya putih keperak-perakan dengan punggung biru kehitaman.


Bandeng digolongkan jenis ikan herbivora karena memakan tumbuh-tumbuhan yang berupa plankton. Pada budidaya bandeng konsumsi bandeng dapat ditebar dengan kepadatan tinggi. Benih ukuran berat rata-rata 50g/ekor atau panjang 7-10 cm dapat ditebar 500 ekor/m3. Ukuran konsumsi akan mencapai berat rata-rata 450 g/ekor setelah dipelihara selama 4 bulan.


Ikan Kerapu Macan

Ikan-Kerapu-Macan

Kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) adalah sejenis kerapu yang menghuni perairan Indo-Pasifik. Bersama-sama dengan kerapu kertang, ikan ini merupakan ikan tangkap yang populer di Nusantara. Ikan yang berstatus terancam punah karena rusaknya habitat ini menghuni perairan terbuka, laut dangkal, kawasan pasang-surut, terumbu karang, dan laguna pantai. Ikan dewasa dapat mencapai lebih daripada 2 m.


  • Kandungan Ikan Karapu

Ikan karapu mempunyai beberapa kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh yakni terhindar dari penyakit jantung koroner serta mampu meningkatkan kecerdasan otak. Beberapa olahan ikan karapu bahkan dapat dijadikan menu yang lezat dan kaya manfaat bagi tubuh. Untuk mengetahui apa saja manfaat ikan karapu maka kita perlu mengetahui beberapa kandungan yang terdapat pada ikan karapu.


Berikut kandungan nutrisi atau Gizi Ikan Karapu dengan takaran 100 gr :

  • Jumlah Kandungan Energi Ikan Kerapu = 168 kkal
  • Jumlah Kandungan manfaat protein Ikan Kerapu = 32,4 gr
  • Jumlah Kandungan lemak Ikan Kerapu  = 1,2 gr
  • Jumlah Kandungan manfaat karbohidrat Ikan Kerapu  = 4,5 gr
  • Jumlah Kandungan manfaat kalsium Ikan Kerapu = 320 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Ikan Kerapu = 343 mg
  • Jumlah Kandungan manfaat zat besi Ikan Kerapu = 6 mg
  • Jumlah Kandungan manfaat vitamin AIkan Kerapu = 0 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Ikan Kerapu = 0,01 mg
  • Jumlah Kandungan manfaat vitamin CIkan Kerapu = 0 mg

Demikian penjelasan artikel diatas Jenis Ikan Konsumsi – Laut, Tawar, Payau, Macam, Nama, Ciri semoga bermanfaat bagi pembaca setia Lahan.Co.Id