Makanan Burung Merpati

Diposting pada

Burung Merpati

Makanan Burung Merpati : Deskripsi. Gambar, Putih, Balap & Kolong – Lahan.Co.Id – Burung merpati dapat dibedakan menjadi empat golongan menurut fungsinya:

Makanan Burung Merpati

  • Merpati Hias
  • Merpati Balap
  • Merpati Pos
  • Merpati Konsumsi

Burung merpati dapat dibedakan menjadi tiga golongan secara umum:

  1. Ukuran badan
  2. Bentuk badan
  3. Warna bulu

Burung merpati mulai bertelur pada umur 3 – 6 bulan yang tergantung dari iklim, makanan dan jenis. Pada keadaan cuaca cerah dan makanan cukup, saat itu burung merpati aktif kawin. Burung merpati hanya bertelur dua butir setiap kali masa bertelur dan dalam satu tahun bertelur dua belas kali.Masa pengeraman burung merpati 18 – 19 hari.


Kehidupan awal anak merpati masih ditunjang oleh sisa kuning telur di dalam perutnya sekitar 2 – 3 hari. Selanjutnya, burung merpati di berikan makanan oleh induknya berupa susu tembolok yang berlangsung selama 7 hari dan sesudah itu anak merpati memakan makanan lembut yang diberikan oleh induknya selama 2 minggu, sesudah itu merpati diberikan biji-bijian. Umur 1 bulan burung merpati mulai terbang.


Jenis-jenis Burung Merpati Pedaging

Burung merpati jenis pedaging harus memiliki minimal berat 300 gram.

Burung Merpati King

Berukuran besar, kepala gundul, kaki licin, memiliki ukuran dada yang besar.Bobot berat badan merpati dewasa berkisar dari 850 gram – 1000 gram. Merpati muda 600 gram hingga 790 gram. Burung ini burung asli dari Amerika Serikat.

Burung Merpati King

(King)


Baca Artikel Lainnya : 

13 Teknik Budidaya Unggas Petelur Ayam Beserta Perencanaannya


Burung Merpati Polish Lynx

Burung ini berasal dari Polandia.Memiliki kepala licin dan tidak berornamen, kaki bersih bulu tubuh berwarna hitam atau biru dengan garis tebal putih pada ujung sayap, berat Polish Lynx dewasa 600 gram.

Burung Merpati Polish Lynx

(Polish Lynx)


Burung Merpati Pomeranian Cropper

Burung ini berasal dari Eropa Selatan. Pomeranian Cropper berperawakan tegap, tubuhnya membentuk sudut 60 derajat, pada leher tampak bergondok, kaki berbulu lebat, berat badan mencapai 700 gram.

Burung Merpati Pomeranian Cropper

(Pomeranian Cropper)


Burung Merpati Carneau

Berasal dari Prancis selatan.Memiliki dada lebar, badan besar, kaki pendek, kepala bulat dan besar, paruh tidak terlalu panjang, sayap dan ekor tidak terlalu panjang, berat badan merpati dewasa 750 gram.

Burung Merpati Carneau

(Carneau)


Baca Artikel Lainnya : Cara Merawat Ayam Bangkok (Aduan)


Burung Merpati Carrier

Berasal dari timur tengah, dan di besarkan di Inggris dan menjadi nama Engslish Carrier. Memiliki tinggi badan 45 – 48 cm, leher panjang, posisi berdiri tegak, langsing, berat dewasa mencapai 500 gram.

Burung Merpati Carrier

(Carrier)


Burung Merpati Mondaine

Hasil persilangan antara merpati Prancis dan Itali.Memiliki badan yang besar, punggung yang lebar, warna bulunya umumnya putih.Berat Dewasa mencapai 1000 gram.

Burung Merpati Mondaine

(Mondaine)


Burung Merpati Highflier

Berasal dari Polandia, berukuran sedang, kepala rata, raut wajah dan paruh panjang, berat badan dewasa 400 gram.

Burung Merpati Highflier

(Highflier)


Baca Artikel Lainnya : Kandang Ayam Petelur


Burung Merpati Lahore

Berasal dari Pakistan.Burung merpati ini memiliki berat badan yang tergolong besar mempunyai bulu sampai di leher dan dada. Ekor berwarna putih, bagian tubuh yang lain berwarna hitam. Berat badan dewasa 500 gram.

Burung Merpati Lahore
(Lahore)


Burung Merpati Florentina

Berasal dari Florence, Italia.Merpati ini hasil persilangan antara Maltese dan Moldena.Umumnya tinggi besar, dada besar dan lebar, berat badan dewasa 800 gram.


Merpati Balap

  1. Hommer
  2. Tumbler
  3. Cummuler
  4. Flight

Makanan Burung Merpati

Pakan adalah hal yang sangat vital untuk burung kita. Hal yang perlu diperhatikan adalah kecocokan antara pakan dengan jenis burung yang kita rawat. Berikut ini referensi tentang pakan burung yang semoga bisa menjadi acuan untuk penghobi burung.


Hal utama yang perlu diperhatikan dalam masalah pakan adalah bahwa pakan tersebut memenuhi kriteria “empat sehat lima sempurna”. Pakan harus mengandung unsur-unsur karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.Jika semua unsur terpenuhi dan jumlahnya mencukupi maka kesehatan burung peliharaan itu dapat tetap terjaga.Selanjutnya dampak yang diharapkan yaitu burung mempunyai kicau yang merdu, bulu yang indah, dan perilaku yang lincah.


Baca Artikel Lainnya : Cara Merawat Kelinci


Nutrisi Makanan Burung Merpati

+A. Unsur-unsur penting dalam pakan burung

  • Karbohidrat

Karbohidrat merupakan unsur di dalam pakan yang berfungsi sebagai sumber energi, pembakar lemak, memperkecil oksidasi protein menjadi energi, dan memelihara fungsi normal alat-alat pencernaan. Kadar karbohidrat dalam tubuh burung adalah 2%, sementara pakan burung yang baik adalah yang mengandung 70% karbohidrat, yaitu terdapat pada pepaya, kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, dan pisang.

  • Protein

Protein merupakan zat pembangun tubuh; dapat menggantikan jaringan tubuh yang aus atau rusak; sebagai bahan baku pcmbentukan enzim, hormon, dan zat-zat antibodi; serta mengatur peredaran cairan tubuh dan zat yang larut di dalamnya ke dalam dan ke luar sel.


Kekurangan protein menyebabkan burung menjadi kurus, bulu rusak, kerdil, kanibalisme, murung, enggan berkicau, serta sering kali berperilaku mencabuti bulunya sendiri.Burung berkicau membutuhkan 35% protein dari berat badannya. Protein ini dapat diperoleh antara lain dari ikan, susu, cacing, kacang tanah, kacang panjang, kacang hijau, kacang kedelai.


  • Lemak

Lemak merupakan sumber energi, saluran air metabolik, insulator (pengatur suhu tubuh), sebagai bantalan atau pelindung bagian tubuh, serta sebagai pembawa vitamin A, D, E, dan K. Apabila burung terlalu banyak mengonsumsi lemak maka burung ini berpeluang untuk mencret atau gemuk. Padahal burung yang gemuk cendcrung malas berkicau dan berbiak.


  • Vitamin dan asam amino

Vitamin berfungsi untuk membantu pembentukan dan pemeliharaan sel-sel jaringan epitel, memperlancar metabolisme, membentuk jaringan pengikat, membantu pembentukan tulang, dan membantu proses pembentukan darah. Vitamin-vitamin utama dan asam amino yang dibutuhkan burung antara lain adalah A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3; Zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D Pantothenate.


  • Mineral

Mineral merupakan pembentuk in-organik yang ada di seluruh jagad raya.Ya, tubuh makhluk hidup dibentuk dari mineral. Dan mineral juga membantu proses kimia dan elektrik yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Proses -proses kimia dan elektrik hanya akan berfungsi dengan benar apabila keseimbangan mineral yang sesuai diberikan pada sistem. Misalnya zat besi untuk darah, belerang untuk otot, kalsium untuk tulang, dan banyak lainnya yang secara umum memberikan kelancaran fungsional tubuh makhluk hidup.


Mineral dibutuhkan untuk pembentukan darah dan tulang, keseimbangan cairan tubuh, fungsi syaraf yang sehat, fungsi sistem pembuluh darah jantung dan lain-lain.Seperti vitamin, mineral berfungsi sebagai ko-enzim, memungkinkan tubuh melakukan fungsinya seperti memproduksi tenaga, pertumbuhan dan penyembuhan.Meskipun vitamin begitu penting, vitamin tidak dapat melakukan apa-apa untuk makhluk hidup tanpa mineral.Celakanya tubuh makhluk hidup dapat menghasilkan beberapa vitamin, tapi tidak dapat menghasilkan satu pun mineral. Mineral yang diperlukan burung antara lain adalah Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin dan Kalium.


Jika burung kecukupan mineral, maka burung akan memiliki bulu kuat, mulus, berkilau sehabis molting atau ngurak alias mabung; tidak terkena rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal); bebas paralysa (lumpuh); bebas perosis (tumit bengkak); anak burung menetas sehat; burung tidak mengalami urat keting (tendo); tidak terlepas sendinya, tidak tercerai (luxatio); paruh tidak meleset, tidak kekurangan darah sehingga pucat dan lemah; burung di penangkaran bisa segera bertelur, telur berisi, produktivitas tinggi, daya tetas tinggi serta kematian embrio rendah.


Sekian penjelasan artikel diatas tentang Makanan Burung Merpati : Deskripsi. Gambar, Putih, Balap & Kolong semoga dapat bermanfaat bagi pembaca setia Lahan.Co.Id