[Lengkap] 10 Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Diposting pada

Buah Naga

Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.

Cara Budidaya Buah Naga Dapat Pot Agar Cepat Berbuah


Sejarah Singkat Tentang Buah Naga

Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).


Penanaman Buah Naga

Pada umumnya, buah naga ditanam dengan cara stek atau penyemaian biji. Tanaman akan tumbuh subur jika media tanam porous (tidak becek), kaya akan unsur hara, berpasir, cukup sinar matahari dan bersuhu antara 38-40 °C. Jika perawatan cukup baik, tanaman akan mulai berbuah pada umur 11-17 bulan. Buah naga sangat adaptif dibudidaya di berbagai daearah dengan ketinggian di 0–1200 m dpl. Hal terpenting adalah mendapatkan sinar matahari yang cukup merupakan syarat pertumbuhan buah naga merah.

Buah naga dapat berkembang dengan kondisi tanah dan ketinggian lokasi apapun, namun tumbuhan ini cukup rakus akan unsur hara, sehingga apabila tanah mengandung pupuk yang bagus, maka pertumbuhannya akan baik. Dalam waktu 1 tahun, pohon buah naga dapat mencapai ketinggian 3 meter lebih. Berdasarkan beberapa sumber, buah naga belum banyak dibudidayakan di Indonesia. Sementara ini, daerah Mojokerto, Jember, Malang, Pasuruan, Banyuwangi, Ponorogo, Wonogiri, Kalibawang, Kulon Progo, Batam dan Bandung merupakan daerah yang telah membudidayakan tanaman ini.


Cara Menanam Buah Naga Dapat Pot

Berikut ini adalah tahanpan cara berbudidaya bauh naga pada media tanam pot. Berikut ini tahapannya:

  • Persiapan Lahan Penanaman

Terlebih dahulu kita persiapkan lahan sebagai lokasi penanamannya. Tidak perlu luas sebab kita akan memakai wadah pot untuk pembudidayaannya. Bahkan kita juga berbudidaya pada daerah atau lokasi yang sempit seklaipun seperti diperkarangan rumah.

Sebelum nelakukan penanaman pastikan bahwa area yang akan kita pakai untuk berbudidaya jauh dari gangguan bermacam hal yang dapat mengganggu pertumbuhannya nanti. Seperti hewan ternak yang dapat merusak bibit buah naga. Bahkan perlu kita jauhkan pula dari jagkauan anak-anak agar dapat memaksimalkan pertumbuhan serta bididaya buah naga tersebut supaya cepat berbuah dengan maksimal.

  • Menyiapkan Bibit

Pastinya kita memerlukan bibit supaya dapat melakukan proses penanaman dengan baik. Bibit yang bagus bisa mempengaruhi hasil panen, jadi usahkan agar memilih bibit yang unggul. Usahakan cari tempat bubidaya buah naga yang terbaik dan belilah bibit yang unggul disana.

  • Menyiapkan pot

Untuk menanam buah naga pada media pot tentu perlu menyiapkan beberapa pot sesuai dengan kebutuhan. Jenis-jenis pot dapat yang umum dijual dipasar seperti pot yang berbahan dasar dari semen, pot yang berbahan dari plastik, pot yang berbahan dasar tanah liat, ataupun pot yang kita buat sendiri dari berbagai macam barang bekas juga bisa menjadi media penanaman buah naga tersebut.

Tetapi bila anda ingin pot yang pas dipakai untuk media penanaman buah naga ialah pot yang berbahan dari tanah liat sebab por tersebut dapat menehan suhu yang frastis dari siang ke malam jadi pot yang berbahan dasar tanah liat ialah pot yang ideal untuk menanam buah naga.

  • Tiang Panjatan

Tiang pot buah naga adalah alat yang cukup penting dalam proses penanaman buah naga sebab buah naga memerluykan penopang batang serta daun yang besar agar dapat berdiri tegak. Tiang penopang ini umumnya terbuat dari besi beton yang memiliki diameter 8 sampai 10 cm, namun bila tidak mempunyai besi beton kita dapat menggantinya dengan memakai balok kayu yang tahan lama. Tetapi hal tersebut harus kita sesuaikan dengan besar pot, tinggi tiang penopang bantang buah naga ini umumnya mencapai 150 cm-200 cm.

  • Membuat media tanam didalam pot

Berikutnya bahan-bahan, yang perlu kita masukan ke dalam pot ialah pasir, tanah, pupuk kandang serta kompos. Lalu campur semua kedalam pot dan beri air agar media tetap lembab kemudian biarkan hingga sehari semalam.

  • Penanaman bibit

Sebelum menanam bibit tentu saja kita harus memilih bakal bibit buahnaga yang bagus terlebih dahulu. Bakal bibit buah naga sebaiknya diambil dari batang yang tua berwarnahijau keabuan dan memiliki bibit yang berukuran besar serta bebas dari penyakit. Setelah itu bibit langsung ditanam ke media yang telah dipersiapkan.

Tanamlah bibit buah naga denga baik agar batangnya tak mudah roboh lalu siramilah bibit itu dengan air agar kelembapannya tidak berkurang serta letakkan pada tempat yang terbuka tetapi tidak terkena sinar matahari secara langsung seperti cara membuat bibit bawang merah.

  • Pemeliharaan

Memelihara buah naga  pada media pot sebenarnya tidak banyak perbedaan dengan memeliharanya didalam tanah tanpa memakaipot perbedaannya adalah buah naga yang ditanam secara langsung tidak meliputi pemupukan, penjarangan, pemankasan, samapai pemindahan pot.


Baca Juga:

Demikian Penjelasan Tentang [Lengkap] 10 Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Semoga Bermabfaat Bagi Pembaca Lahan.Co.Id

[Lengkap] 10 Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot Agar Cepat Berbuah
4.9 (98.33%) 12 votes