Cara Menanam Cabe Hias Organik Di Pot Serta Perawatannya

Diposting pada

Menanam Cabe Hias Organik

Kali ini Pensil.Co.Id akan membahas tentang cara menanam serta pemeliharaan cabe hias yang menjadi tren saat ini. Cabe hias atau pelangi yang bernama asli “Bolivian Rainbow” berasal dari Amerika Selatan. Cabe ini mempunyai berbagai macam warna pada satu pohon. Warna-warnanya meluputi ungu, hujau, merah, kuning dan oranye. Untuk jenis tanaman yang satu ini banyak ditanam hanya pada media pot serta dipakai untuk tanaman hias di dalam ruangan. Bila anda mau menanamnya pada pekarangan rumah itu pun tak jadi persoalan.

Cara Menanam Cabe Hias Organik Di Pot Serta Perawatannya

Jenis cabe ini yang banyak ditanam atau dibudidayakan ialah sweet orange beby yang mempunyai bentuk cukup kecil di bandingkan cabai biasanya namun mengelembung serta mempunyai warna-warna yang cantik. Bila anda ingin menanam salah satu jenis cabe tersebut sangan mudah sekali untuk menanamnya dirumah anda yang bisa membuat suasana rungan atau halaman rumah menjadi lebih hidup serta menarik sebab warna-warna yang beraneka macam dari jenis cabe hias ini.


Memilih Media Tanam Untuk Cabe Hias

Saat ingin menanam tanaman cabe pelangi/hias, tidak membutuhkan media tanam yang sulit. Sebagai media tanamnya, hanya butuh tanah gembur yang mengandung banyak unsur hara dan mineral.

Jika disekitar anda tidak ada tanah yang gembur serta mempunyai unsur hara serta mineral yang dibutuhkan tanaman, bisa membuatnya sendiri memakai campuran antara pasir, arang sekam, kompos atau pupuk kandang, pakis kering serta tanah dengan perbandingan 1 : 1 : 1 : 1: 1.

Tanah yang gambur atau yang sudah anda buat tadi dimasukan pada pot yang mempunyai drainase cukup baik. Bukan cuma tanah yang dibutuhkan, tanaman cabe hias pun membutuhkan cahaya matahari serta pengairan yang baik.


Pembenihan Atau Pembibitan Tanaman Cabe Hias

Bibit atau benih cabe hias yang dipakai adalah benih yang tua serta sudah mengering dibawah sinar matahari

Pada tahap ini, sebelum anda meneybarkan bibit tersebut, yang pertama rendam bibit lalu tebar pada media tananm yang sudah anda persiapkan. Setelah itu lakukan penyiraman dengan teratur dalam waktu 5 hari akan keluar kecambahnya.


Penanaman Cabe Hias

Setelah tinggi bibit telah mencapai 10 cm maka bibit sudah siap dipindahkan ke dalam pot untuk diletakkan didalam ruangan ataupun pada pekarangan rumah. Melakukannya pun harus dengan hati-hati pada saat pemindahan agar akar dan batang tidak busuk. Letakkan tanaman ditempat yang mendapatkan sumber matahari yang cukup atau juga ditempat yang teduh namun tetap mendapatkan cahaya matahari. Dalam waktu 3 bulan cabe pelangi hias pun akan mulai berbuah.


Perawatan Cabe Hias

Jika tinggi bibit atau benih tersbut sudah mencapai 10 cm, maka siap dipindahkan pada media pot yang sudah diletakan didalam ruangan atau juga pada halaman rumah anda. Melakukannya pun harus berhati-hati supaya akar serta batang tidak rusak atau busuk. Taruh pada tampat yang mendapat sinar matahari yang baik atau tempat yang teduh tetapi tetap mendapatkan sinar matahari. Pada waktu kurang lebih 3 bulan cabe hias atau pelangi akan mulai berbuah. Selamat mencoba……..!!!


Baca Juga:

Demikian Penjelasan Tentang Cara Menanam Cabe Hias Organik Di Pot Serta Perawatannya Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca Lahan.Co.Id

Cara Menanam Cabe Hias Organik Di Pot Serta Perawatannya
5 (100%) 5 vote[s]