Pemupukan Cabai Rawit

Diposting pada

Pemupukan Cabai Rawit

Pemupukan merupakan kegiatan paling penting dalam budidaya cabe jenis apapun itu. Tanaman cabe harus mendapatkan nutrisi (unsur hara) yang diperoleh dari pupuk anorganik maupun pupuk organik. Pupuk organik sebaiknya diberikan pada tanaman cabe sesuai umur masing-masing.


Namun demikian pupuk organik (seperti dari pupuk kotoran ayam) itu sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman dan sebaiknya diberikan pada saat tanam awal (pada waktu pemindahan bibit di lahan bedengan bermulsa).


Ada beberapa cara yang lazim digunakan oleh para petani cabe profesional dalam melakukan pemupukan pohon cabe sesuai jadwal yang tepat sehingga sedikitnya buah cabe yang dihasilkan juga sangat dipengaruhi oleh faktor pemupukan yang tepat dan terencana, serta disesuaikan dengan umur tanaman, serta kondisi tanah dimana tanaman cabe tersebut ditanam.

Pemupukan-Cabe-Rawit


Berikut ini jadwal pemupukan pada tanaman cabe rawit jengki yang pernah saya lakukan, dan hasilnya memang cukup memuaskan, dimana tanaman cabenya menjadi lebih subur, daunnya hijau-hijau segar, dan menghasilkan buah yang banyak, lebat, dan berkualitas tinggi.

Pemupukan Cabai Rawit Setelah Tanam


Jadwal 1:

Pada jadwal pertama ini, yakni pemberian pupuk organik dari kotoran ayam yang telah dikeringkan/difermentasikan terlebih dahulu. Pemberian pupuk diberikan pada saat tanaman berumur 1 hari (saat tanam awal).


Artikel Lain : Cara Menanam Cabe Di Polybag


Adapun tujuan pemberian pupuk dari kotoran ayam adalah karena mengandung banyak unsur Phosfat, Magnesium (Mg), dan Nitrogen (N) yang sangat baik untuk meningkatkan laju pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman cabe. Pada akhirnya, setelah pemberian pupuk, maka batang dan akar tanaman akan menjadi lebih kokoh/kuat, akar primer dan sekundernya akan tumbuh banyak di pusat tanaman tumbuh, serta akan membuat daunnya menjadi lebih hijau dan segar.


Faktor unsur nitrogen (N) dari kotoran ternak ayam yang terserap pada tanah justru akan menambah unsur hara pada lapisan tanah tertentu, sehingga akan mampu menyimpan cadangan nutrisi hingga pada tahap tanaman sudah mulai menghasilkan bunga dan buah.


Jadwal 2:

Jadwal ke-2 ini diberikan larutan pupuk phonska cair yang dibuat sendiri oleh petani. Untuk pembuatan larutan pupuk phonska cair.


Pemberian pupuk phonska cair pada akar akar tanaman cabe terbukti ampuh untuk menghasilkan bunga dan buah cabe yang banyak dan berlimpah. Dan hal ini sudah saya praktekan di kebun cabe rawit saya sendiri. Sekarang giliran anda mencobanya membuat larutan pupuk phonska cair ini.


Jadwal pemberian larutan phonska cair ini adalah ketika tanaman sudah berumur sekitar 20 – 25 hari sejak tanam awal. Pastikan anda mengikuti langkah-langkah pembuatan larutan pupuk phonska cair seperti di atas, disitu telah dijelaskan tentang bagaimana cara pemberian/dosis bagi tiap-tiap tanaman cabe yang diberikan phonska cair tersebut.

Artikel lain : Cara Menanam Cabe Jawa


Jadwal 3:

 Jadwal ke-3 ini, pemberian pupuk dari kotoran sapi/kambing yang telah dikeringkan/difermentasikan terlebih dahulu. Jadwal pemberian yakni pada saat tanaman cabe berumur 40 Р45 hari menjelang tanaman cabe mengalami pembungaan dan menghasilkan buah untuk segera dipanen.


Cara/langkah pemberian pupuknya yaitu dengan cara memberikan 2 genggam pupuk kandang sapi/kambing (pilih salah satu saja) pada tiap-tiap tanaman. Letakan 2 genggam pupuk kandang tersebut tepat berada pada pusat tumbuh tanaman/di bawah akar tanaman, sembari setelah itu lakukan penyiraman supaya pupuk dapat terserap di dalam tanah.


Jika anda memberikan pupuk sesuai jadwal yang telah dijelaskan di atas, saya akan menjamin penuh bahwa tanaman cabe rawit, cabe hijau, dan jenis cabe lainnya akan jauh lebih produktif, dan tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan tanaman yang subur, tanahnya gembur, serta akan menghasilkan buah cabe yang berbuah lebat, buahnya banyak, bunga-bunganya banyak, serta lebih menguntungkan.


Artikel Lain : 9 Cara Menanam Cabe Rawit Agar Berbuah Lebat Dan Perawatannya


Demikian Penjelasan artikel diatas tentang Pemupukan Cabai Rawit Yang Baik semoga dapat bermanfaat bagi pembaca setia Lahan.Co.Id