Pengertian Kopi – Manfaat, Jenis, Sejarah, Daftar Harga & Tanamannya

Diposting pada

Pengertian Kopi

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Pengertian Kopi Menurut Para Ahli

Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi dapat diminum.

Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya. Disamping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).


Nama Latin Kopi

Kata kopi sendiri awalnya berasal dari bahasa Arab: qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwahkembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.


Pengertian Kopi Menurut Para Ahli

  • Bhara L.A.M (2005)

Definisi kopi adalah suatu jenis tumbuhan yang dibuat minuman dengan sifat psikostimulant sehingga menyebabkan seseorang yang meminumnya akan tetap terjaga (susah tidur), mengurangi kelelahan atau stress saar bekerja, serta mampu untuk memberikan efek fisiologis yakni energi.

  • Saputra E (2008)

Menurutnya, pengertian kopi adalah tanaman yang memiliki dua jenis utama, yakni Coffea robusta dan Coffea Arabica. Kedua jenis kopi ini sangat dipegemari oleh masyarakat, baik yang ada di dalam negri ataupun masyarakat yang ada di luar negri.


Penemu Dan Sejarah Kopi

Sejarah penemuan kopi telah dimulai ribuan tahun lalu. Berikut sejarahnya secara singkat:

  1. 1000 SM: Saudagar Arab membawa masuk biji kopi ke daerah Timur Tengah dan membudidayakannya untuk pertama kalinya dalam sejarah.
  2. 1453: Ottoman Turki memperkenalkan minuman kopi di Konstantinopel. Di sana dibuka kedai kopi pertama di dunia bernama Kiva Han pada tahun 1475.
  3. 1511: Kopi dianggap minuman yang suci oleh Sultan Mekah sebagai tindak lanjut dari aksi Khait Beg yang ingin melarang peredaran kopi.
  4. 1600: Paus Clement VIII mengizinkan umat Kristiani untuk meminum kopi setelah timbul berbagai perdebatan karena minuman ini berasal dari imperium Ottoman.Pada tahun yang sama, minuman kopi masuk ke Italia.
  5. 1607: Kapten John Smith memperkenalkan minuman kopi di Amerika Utara saat bertugas untuk menemukan koloni Virginia di Jamestown.
  6. 1645: Kedai kopi pertama di Italia dibuka.
  7. 1652: Kedai kopi pertama di Inggris dibuka dan segera menjamur ke berbagai pelosok di setiap daerah.
  8. 1668: Bir tergantikan oleh kopi sebagai minuman terfavorit di New York.
  9. 1672: Kedai kopi pertama di Paris dibuka.
  10. 1675: Franz Georg Kolschitzky menemukan biji kopi dan mengklaimnya sebagai hadiahnya saat terjadi perang di Viena. Setelah itu, ia membuka kedai kopi di Eropa Tengah dan menjual minuman kopi yang telah disaring, diberi pemanis, dan susu.
  11. 1690: Bangsa Belanda mulai mendistribusikan dan membudidayakan biji kopi secara komersial di Ceylon dan Jawa.
  12. 1714: Gabriel Mathieu do Clieu berhasil mencuri biji kopi dari suguhan bangsawan Belanda kepada Raja Perancis Louis XIV dan menanamnya di Martinik yang merupakan sumber dari 90% jenis tanaman kopi di dunia saat ini.
  13. 1721: Kedai kopi pertama di Berlin dibuka.
  14. 1727: Era industri kopi di Brasil dimulai dan hal ini dipelopori oleh Letnan Kolonel Francisco de Melo Palheta.
  15. 1775: Sang Frederick dari Prusia memblok semua import kopi hijau yang kemudian dengan segera dikecam oleh masyarakatnya.
  16. 1900: Perusahaan Hill Bros. mengomersialkan minuman kopi kalengan.
  17. 1901: Satori Kato berhasil memproduksi minuman kopi cepat saji.
  18. 1903: Ludwig Roselius, seorang keturunan German berhasil memisahkan kafeina dari biji kopi dan menjual produknya dengan nama Sanka di Amerika Serikat.
  19. 1920: Penjualan kopi di Amerika Serikat meningkat tajam.
  20. 1938: Perusahaan Nestle mengkomersilkan produk kopinya yang bernama Nescafe di Swiss.
  21. 1946: Achilles Gaggia berhasil membuat kopi mokacino untuk pertama kalinya.

Manfaat Kopi

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

  1. Meningkatkan stamina
  2. Mencegah kanker
  3. Kopi menjaga kesehatan mulut
  4. Mengurangi resiko diabetes
  5. Mengurangi resiko penyakit Demensia dan Alzheimer
  6. Mencegah Parkinson
  7. Meningkatkan Mood

Manfaat Kopi Bagi Kecantikan

  1. Kopi untuk masker wajah
  2. Perawatan kulit kepala
  3. Menyegarkan kulit tubuh
  4. Kegunaan kopi untuk pedicure dan manicure
  5. Ampas kopi sangat baik untuk mengencangkan wajah

Jenis-Jenis Kopi

Dari sekian banyak jenis biji kopi yang dijual di pasaran, hanya terdapat 2 jenis varietas utama, yaitu kopi arabika (Coffea arabica) dan robusta (Coffea robusta). Masing-masing jenis kopi ini memiliki keunikannya masing-masing dan pasarnya sendiri.


Kopi Arabika

Kopi arabika merupakan tipe kopi tradisional dengan cita rasa terbaik.[16] Sebagian besar kopi yang ada dibuat dengan menggunakan biji kopi jenis ini.[butuh rujukan] Kopi ini berasal dari Etiopia dan sekarang telah dibudidayakan di berbagai belahan dunia, mulai dari Amerika Latin, Afrika Tengah, Afrika Timur, India, dan Indonesia.

Secara umum, kopi ini tumbuh di negara-negara beriklim tropis atau subtropis. Kopi arabika tumbuh pada ketinggian 600–2000 m di atas permukaan laut.[butuh rujukan] Tanaman ini dapat tumbuh hingga 3 meter bila kondisi lingkungannya baik.[butuh rujukan] Suhu tumbuh optimalnya adalah 18-26oC. Biji kopi yang dihasilkan berukuran cukup kecil dan berwarna hijau hingga merah gelap.


Kopi Robusta

Kopi robusta pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1898. Kopi robusta dapat dikatakan sebagai kopi kelas 2, karena rasanya yang lebih pahit, sedikit asam, dan mengandung kafeina dalam kadar yang jauh lebih banyak. Selain itu, cakupan daerah tumbuh kopi robusta lebih luas daripada kopi arabika yang harus ditumbuhkan pada ketinggian tertentu.

Kopi robusta dapat ditumbuhkan dengan ketinggian 800 m di atas permuakaan laut.[butuh rujukan] Selain itu, kopi jenis ini lebih resisten terhadap serangan hama dan penyakit.[butuh rujukan] Hal ini menjadikan kopi robusta lebih murah.[butuh rujukan] Kopi robusta banyak ditumbuhkan di Afrika Barat, Afrika Tengah, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan.


Kopi Luwak

Jenis kopi yang lain merupakan turunan atau subvarietas dari kopi arabika dan robusta.[butuh rujukan] Biasanya disetiap daerah penghasil kopi memiliki keunikannya masing-masing dan menjadikannya sebagai suatu subvarietas. Salah satu jenis kopi lain yang terkenal adalah kopi luwak asli Indonesia.


Jenis-Jenis Minuman Kopi

Minuman kopi yang ada saat ini sangatlah beragam jenisnya. Masing-masing jenis kopi yang ada memiliki proses penyajian dan pengolahan yang unik. Berikut ini adalah beberapa contoh minuman kopi yang umum dijumpai:

  • Kopi hitam

Merupakan hasil ektraksi langsung dari perebusan biji kopi yang disajikan tanpa penambahan perisa apapun.

  • Espresso

Merupakan kopi yang dibuat dengan mengekstraksi biji kopi menggunakan uap panas pada tekanan tinggi.

  • Latte (coffee latte)

Merupakan sejenis kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara susu dan kopi 3:1.

  • Café au lait

Aerupa dengan caffe latte tetapi menggunakan campuran kopi hitam.

  • Caffè macchiato

Merupakan kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara kopi dan susu 4:1.

  • Cappuccino

Merupakan kopi dengan penambahan susu, krim, dan serpihan cokelat.

  • Dry cappuccino

Merupakan cappuccino dengan sedikit krim dan tanpa susu.

  • Frappé

Merupakan espresso yang disajikan dingin.

  • Kopi instan

Berasal dari biji kopi yang dikeringkan dan digranulasi.

  • Kopi Irlandia (irish coffee)

Merupakan kopi yang dicampur dengan wiski.

  • Kopi tubruk

Kopi asli Indonesia yang dibuat dengan memasak biji kopi bersama dengan gula.

  • Melya

Sejenis kopi dengan penambahan bubuk cokelat dan madu.

  • Kopi moka

Serupa dengan cappuccino dan latte, tetapi dengan penambahan sirup cokelat.

  • Oleng

Kopi khas Thailand yang dimasak dengan jagung, kacang kedelai, dan wijen.


Daftar Harga Kopi

  • Harga kopi mentah

Daftar harga kopi untuk green bean atau daftar harga kopi mentah atau daftar harga biji kopi.

Daftar Harga Kopi

Daftar harga kopi diatas adalah untuk kopi biji mentah yang dijual secara nasional belum termasuk ongkos kirim, ongkos kirim rata-rata adalah 30.000 jika itu lewat udara dan untuk hemat pengiriman kopi sebaiknya melalui darat dengan minimal order 10 kg ongkir 8000/kg sehingga sangat ekonomis, bagi yang ingin menjual kembali kami akan menjual dengan harga reseller, silakan hubungi kami.

Bagi Anda yang ingin menjadi jual kopi atau menjadi reseller maka Anda akan dapat daftar harga kopi yang berbeda.

Untuk jadi reseller kopi biji, reseller bubuk kopi ada minimum order untuk setiap item produk yang kami miliki, minimum ordernya adalah :

  1. 500 kg biji kopi mentah, kopi grade1, kopi semi wash dan kopi fullwas
  2. 300 Kg biji kopi mentah untyk jenis kopi peaberry dan kopi longberry
  3. 50 kg untuk jenis biji kopi wine dan biji  kopi luwak.

  • Daftar Harga kopi Bubuk

Daftar Harga kopi Bubuk dan Roasted Bean

Daftar Harga kopi Bubuk

Daftar harga kopi diatas adalah untuk daftar harga kopi yang sudah jadi bubuk dan sama harganya untuk biji kopi roasting, daftar harga kopi ini sudah termasuk kemasan standar kami, jika ingin kemasan khusus silaklan hubungi kami dan akan mengkalkulasi biayanya apakah ada tambahan atau tidak.


Tips Mengkonsumsi Kopi

  • Minumlah maksimal 2 gelas sehari
  • Hindari minum di malam hari, usahakan tidak lebih dari jam 4 sore
  • Jangan mengkonsumsi kopi dengan durian
  • Jangan mengkonsumsi kopi dengan gula berlebih
  • Cobalah minum kopi <3 jam setelah dibuat.

Tanaman Kopi

Syarat Pertumbuhan

  • Iklim

Angin membantu penyerbukan yang terjadi antara bunga kopi yang berbeda klon atau berbeda jenis. Akan tetapi bila angin kencang dapat merusak tajuk tanaman dan menggugurkan bunga. Curah hujan minimal untuk pertumbuhan kopi adalah 1000-2000 mm/tahun, sedangkan pola hujan yang optimal bagi pertumbuhan tanaman kopi Arabika dan Robusta adalah rata-rata 2000-3000 mm/tahun.

Menurut lintang tempat, tanaman kopi dapat tumbuh baik pada daerah yang terletak di antara 20 derajat LU dan 20 derajat S. Tanaman kopi menghendaki sinar matahari yang teratur. Suhu sangat berkaitan erat dengan ketinggian tempat. Suhu di atas permukaan air laut adalah ± 26 derajat C dan akan turun 0,6 derajat C tiap kenaikan 100 m. Kopi Arabika tumbuh baik pada suhu 10-20 derajat C. Kopi Robusta menghendaki suhu 21-24 derajat C. Kopi Liberika tidak menghendaki suhu tertentu.


  • Media Tanam

Tanaman kopi menghendaki tanah yang lapisan atasnya dalam (± 1,5 m) dan gembur, subur, banyak mengandung humus dan bersifat permeable. Tanah dapat berasal dari abu gunung berapi/cukup mengandung pasir.
Jenis tanah latosol dan vulkanis disukai tanaman kopi. Tanah yang drainasenya jelek, tanah liat berat, dan tanah pasir yang kapasitas mengikat airnya kurang serta kandungan N-nya rendah tidak cocok untuk pertumbuhan kopi.

Tanaman kopi menghendaki tanah yang agak masam, yaitu antara pH 4,5-4,6 untuk kopi Robusta dan 5-6,5 untuk Arabika. Tanah yang lebih asam dapat dinetralisir dengan kapur tohor/pupuk, misalnya serbuk tulang/Ca-(PO2) + Ca metaphosphat /Ca(PO2). Tanaman kopi menghendaki kedalaman air tanah sekurang-kurangnya, 3 m dari permukaan tanah. Tanah harus mempunyai drainase dan kemampuan mengikat air yang baik.

  • Ketinggian Tempat

Ketinggian tempat berpengaruh terhadap tinggi rendah suhu.

  • Kopi Arabika: tumbuh pada dataran tinggi dengan ketinggian 1000-1700 m dpl. Jika di bawah 1000 m dpl, akan mudah terserang HV. Bila di atas 1700 m dpl, suhunya akan terlalu dingin.
  • Kopi Robusta: tumbuh baik di dataran rendah hingga 1500 m dpl, tapi yang ekonomis adalah yang tumbuh pada batas ketinggian 800 m dpl.
  • Kopi Liberika: tumbuh baik pada dataran rendah, di tempat yang miskin dan panas.

Baca Juga:


Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Kopi Menurut Para Ahli Serta Sejarah, Manfaat Dan Macamnya Semoga Bermanfaat Untuk Seluruh Pembaca Lahan.Co.Id