Pohon Salak Pondoh

Diposting pada

Pohon Salak Pondoh

Salak Pondoh dibudidayakan dibeberapa tempat di Jawa. Memiliki bentuk, ukuran, dan warna buah yang berbeda-beda diperoleh secara vegetative (cangkok). Perbedaan bentuk luar yang demikian disebut modifikasi dan tidak dapat diturunkan.


Berdasarkan uraian diatas penulis berharap semoga dari makalah ini dapat membangkitkan minat membudidayakan buah salak Pondoh dikalangan masyarakat bisa meningkat dan masyarakat menyukai Salak Pondoh.

Salak-Pondoh-Sleman


Deskripsi Salak Pondoh

Salak Pondoh berakar serabut. Silindris diamatris 6.8 mm, Salak Pondoh Memiliki daun majemuk, menyirip,genap, beranak, daun gasal, pada bagian ujung 2-3 helai naka daun menyatu. Salak Pondoh memiliki bunga berpasangan, terletak diketiak sisik: pasangan bunga jantan berukuran sama. Masing-masing panjang 7-8 mm. Diametris 4-5 mm. Pasngan bunga betina yang satu besar dengan ukuran panjang 4,5-7 cm diameter 4-6 cm. Biji salak pondoh umumnya berjumlah tiga butir perbuah:


Baca Juga : Salak Pondoh


Nama-Nama Lokal

Nama salak pondoh semula diberikan kepada salah hitam dan dikenal sejak tahun 1920 an (Anon : 1997). Berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna kulit serta tempat budidayanya dikenal ada beberapa salak Pondoh.


  1. Salak Pondoh Hitam

Berbentuk bulat sampai bulat telur salak ini memiliki ukuran yang paling kecil dibandingkan dengan salak pondoh lainnya.


  1. Salak Pondoh Hitam Kemerahan

Bentuknya cenderung bulat, panjang 6 – 6,5 cm. sedangkan daging buahnya berwarna krem. Aroma dan rasanya seperti nanas.


Tempat dan Syarat Tumbuh Salak Pondoh

Salak pondoh dapat tumbuh subur dan diproduksi optimal didataran rendah sampai ketinggian 400 m dpl dengan iklim tropika. Produksinya dengan curah hujan 2000 mm pertahun. Salak pondoh dibawah naungan tanah regosol (regosol abu vulkanik) adalah jenis tanah yang belum jelas membentuk diferensi horizon.


Faktor – Foktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan

Pertumbuhan vegetative dipengaruhi oleh faktor – faktor internal (genetis dan zat tumbuh). Interaksi antar faktor tersebut berpengaruh terhadap pertumbuhan dan diferensiasi.


  • Teksur Tanah

Tekstur tanah adalah perbandingan relative tiga golongan besar dalam suatu masa tanah.


  •  Struktur Tanah

Struktur Tanah adalah susunan saling mengikat antar partikel – partikel tanah. Struktur tanah dibedakan menjadi 7 tipe:

  1. Lemping
  2. Tipe Tiang
  3. Tipe gumol
  4. Tipe remah
  5. Tipe granuler
  6. Tipe berbutir tunggal
  7. Tipe pejal

  • Cahaya

Cahaya adalah bagian dari spektrim elekromagnetik yang mempunyai gelombang antara 400 dan 750 mm.


Baca Juga : 14 Cara Menanam Jagung Manis Agar Berbuah Besar Dan Pemupukannya

 


Cara Budidaya Salak Pondoh

Budidaya salak pondoh telah meluas di Jawa. Salak tetap disukai dan dibutuhkan. Salak pondoh masih memberikan keuntungan.


Pengadaan bibit

Bibit adalah calon individu tanaman yang baru  diperoleh secara generative (seksual) atau vegetative (Ak seksual). Bibit yang baik akan menghasilkan tanaman yang baik. Sebaliknya bibit yang kurang baik jarang menghasilkan tanaman yang baik.

  • Penyemaian Biji

Biji (benih) dapat ditanam langsung pada lahan yang telah disiapkan dengan jarak tanam (2 – 2,5) X 2 meter.


Penyemaian Dalam Polibag

Penyemaian dalam polibag (kantong pelastik) untuk penuyemaian ini diperlukan poly bag berukuran 29 X 18 cm.


Pencangkokan

Pencangkokan merupakan salah satu cara perangkaran atau pembiakan vegetative, pencangkokan dapat dilakukan terhadap anakan tunas yang baru muncul pada pangkal batang (dalam tanah).


Penanaman bibit

Penanaman bibit dilakukan dengan cara membenamkan media tanam area kebun salak diperlukan 4 – 10 % pohon jantang. Ditanam tersebar antara pohon betina untuk penyerbukan buatan. Penanaman pohon jantan di pinggir kebun akan memudahkan dalam mendapatkan tongkol bunga jantan yang menyerbuk.


Pemupukan

Untuk dapat tumbuh dan berkembang serta berproduksi optimal, tanaman memerlukan nutrisi, mineral atau untur hara dalam keadaan cukup. Maka tanah perlu dipupuk. Pupuk yang digunakan pupuk organic atau pupuk anorganik.


Pupuk organic

Pupuk organic terdiri atas pupuk kandang, pupuk kompos, pupuk hijau dan pupuk lainnya.


Pupuk Anorganik

Pupuk anorganik adalah pupuk yang diproduksi oleh pabrik atau industry pupuk. Pupuk anorganik adalah pupuk kimia. Yang termasuk pupuk anorganik adalah: Urea, KCL, TSP dan lain – lain.


Baca Juga : Cara Menanam Lemon


Pengendalian Hama dan Penyakit

Tanaman salak dapat terserang hama dan penyakit. Tanaman salak yang terserang penyakit dapat mengalami gangguan dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Mengetahui lebih awal gejala serangan penyakit dan cara mengatasinya akan mencegah kerugian.


  • Hama

Pengendalian hama dapat dilakukan dengan cara – cara berikut :

  1. menjaga kebersihan kebun
  2. jangan melukai batang dan memangkas tanggai
  • Penyakit

Ada beberapa penyakit pada tanaman salak pondoh yagn disebabkan oelh jamur/ cendawan seperti : mylena Sp., pestaloka Sp. Dan jamur upas (Cortirium salmuni color)


Panen

Salak pondoh termasuk buah yang mudah rusak atau membusuk dan tidak tanan lama dalam penyimpanan panennya harus dilakukan secara tepat. Yaitu salak pondoh yang sudah dipanen atau dipetik disimpan dalam peti  kayu yang memiliki sela, pada peti tersebut diberi lapisan kertas guna mengurangi kadar air dalam udaranya. Karena buah salak akan cepat membusuk kengan keadaan udara yang lembab. Jadi simpang salak pondoh ditempat yang sejuk dan kering.


  • Waktu dan Cara Panen

Buah salak pondoh akan matang setelah 5 – 7 bulan sejak penyerbukan. Di Indonesia panen raya pada bulan November dan bulan desember. Untuk memanen adalah menjelang buah matang di pohon. Pada saat itu buah memiliki rasa enak dan aroma yang khas. Salak yang telah matang kulitnya tampak bersih dan mengkilat dan apabila dipegang tidak terlalu kasar. Buah salak dipanen dengan cara memotong pangkal tangkai dompol dengan pisau atau sabit yang ujungnya bengkok membentuk kait yang tajam.


  • Penanganan Pasca Panen.

Buah salak yang sudah dipanen tidak dapat dibiarkan begitu saja. Sehingga kualitasnya tetap baik sampai kekonsumen.


  •  Penyimpanan.

Penyimpanan biasanya dilakukan sebelum dan selam pemasaran. Cukup ventilasi dengan sirkulasi udara yang baik. Dalam penyimpanan sebaiknya buah salak tidak dimasukan kedalam karung, untuk menghindari kemungkinan terserang hama atau tertular penyakit.


Baca Juga : Cara Menanam Stroberi


Demikian penjelasan artikel diatas tetang Pohon Salak Pondoh  semoga bisa bermanfaat bagi pembaca setia Lahan.Co.Id

Posting terkait: