Pengertian Tanaman Hortikultura Dan Contoh, Manfaat, Ciri Serta Fungsinya

Diposting pada

Tanaman Hortikultura

Hortikultura adalah cabang agronomi. Berbeda dengan agronomi, hortikultura berfokus pada penanaman tanaman buah (pomologi / frutikultura), tanaman bunga (florikultura), tanaman sayuran (olerikultura), tanaman obat (biopharmaca), dan taman (lansekap). Salah satu ciri khas produk hortikultura adalah perisabel atau mudah rusak karena kesegaran. Hortikultura adalah salah satu metode pertanian modern.

Seseorang yang menekuni bidang hortikultura secara profesional disebut sebagai hortikulturis.

pengertian tanaman hortikultura dan contohnya


Komoditas Hortikultura

Indonesia yang terletak di tropis membuat Indonesia menjadi surga biodiversitas komoditas hortikultura.

  1. Pomologi / Frutikultur : Manggis, Mangga, Apel, Durian, Salak, dll
  2. Florikultura : Melati, Mawar, Krisan, Anyelir, Begonia, Bugenvil, dll
  3. Olerikultura : Tomat, Selada, Bayam, Wortel, Kentang, (Melon & Semangka: termasuk kelompok tanaman sayuran yang di panen buahnya) dll
  4. Biofarmaka : Purwoceng, Rosela, Kunyit, dll
  5. Lansekap : Taman Bali, Taman Jawa, dll

Ciri-Ciri Tanaman Hortikultura

Ciri – ciri Hasil tanaman hortikultura mempunyai sifat khusus yaitu sebagai berikut:

  1. Produksi musiman, beberapa di antaranya tidak tersedia sepanjang tahun, misalnya: Durian, Langsat,
  2. Rambutan, Manggis dan sebagainya.
  3. Membutuhkan volume ruang yang besar menyebabkan biaya transportasi menjadi besar dan harga pasar menjadi tinggi.
  4. Memiliki area penanaman yang sangat spesifik (geografi) atau menuntut agroklimat spesifik, misalnya: Tebang, Balai Karangan Durian, Langsat Punggur, Duku Palembang, Jeruk Garut, Mangga Indramayu, Buah Gairah Medan, Palung Rambutan Baru, Palung Nanas Baru, Parit Nanas Baru, Palembang Nanas dan sebagainya.
  5. Memiliki nilai estetika, sehingga harus memenuhi keinginan masyarakat luas. Situasi ini sangat sulit karena tergantung pada cuaca, serangan hama dan penyakit, tetapi dengan biaya penyembuhan kesulitan dapat diatasi.
  6. Mudah / cepat busuk, tetapi selalu dibutuhkan setiap hari dalam keadaan segar. Sejak panen, pasar membutuhkan penanganan yang hati-hati dan efisien karena akan mempengaruhi kualitas dan harga pasar.

Fungsi Tanaman Hortikultura

Beberapa fungsi tanaman hortikultura, yaitu :

  1. Tanaman hortikultura mempunyai prospek yang sangat baik karena memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi di pasar baik di Indonesia atau di luar negeri.
  2. Tingkatkan apresiasi untuk komoditas makanan dan obat-obatan.

Selain fungsi tersebut, terdapat beberapa fungsi sederhana dari tanaman hortikultura, yaitu :

  • Sebagai penyedia makanan, hasil yang diperoleh dari tanaman hortikultura sangat bermanfaat bagi manusia.
  • Tanaman hortikultura adalah sumber makanan kedua dalam kehidupan manusia.
  • Sebagai fungsi ekonomi, karena tanaman hortikultura adalah sumber makanan kedua, banyak orang menjual tanaman dari tanaman ini. Target penjualan untuk tanaman hortikultura memasuki pasar yang besar, sehingga pendapatan yang diterima juga akan besar.
  • Sebagai fungsi kesehatan, satu jenis tanaman hortikultura adalah jenis tanaman obat, yang artinya tanaman hortikultura memiliki fungsi untuk pengobatan suatu penyakit.
  • Fungsi sosial budaya, sebagai peran komoditas hortikultura sebagai salah satu tanaman keindahan dan kenyamanan lingkungan. Terutama untuk tanaman hortikultura tipe bunga yang memiliki keindahannya sendiri.

Manfaat Tanaman Hortikultura

  • Manfaat bagi Petani

Tanaman Hortikultura mempunyai nilai jual yang bagus serta sama dengan yang dilakukan sebagai peningkatan suatu produk pertanian dan bisa juga sebagai peningkatan devisa Indonesia sebab setiap negara mempunyai persaingan untuk mencapai produk yang unggul pada bisang pertanian.

  • Manfaat bagi Komunitas atau Masyarakat

Hidrokultura memberi manfaat untuk masyarakat dalam menyediakan makanan yang bermanfaat dan sehat untuk penghilang kepenatan dan stres saat berada pada wilayah perkotaan sebab kehadiran tanaman hortikultura bisa melihat sesuat yang menyenangkan dan alami.

Baca Juga:

Demikian Penjabaran Diatas Tentang Pengertian Tanaman Hortikultura Dan Contoh, Manfaat, Ciri Serta Fungsinya Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca Setia Lahan.Co.Id