Umpan Ikan Bawal : Harian, Galatama, Alami, Malam Hari, Dan Kolam

Diposting pada

umpan bawal yang galak

Perlu diperhatikan di GT Bawal :

  • Cari info peraturan dan umpan yang dilarang di pemancingan tersebut.
  • Lihat umpan yang sedang jalan / digemari ikan di kolam tersebut (bisa dilihat dr sebagian besar pemancing di kolam tersebut pakai umpan apa).

Umpan Yang Sering Temuin Di GT Bawal

  1. Upil ngacir
  2. Tahu / Tempe
  3. Kue Cucur
  4. Roti tawar tanpa kulit
  5. Cacing Kalung
  6. Ikan Cere/ guppy Laut
  7. Anak ikan Mas
  8. Anak kodok
  9. Ulat Daun Pisang
  10. Yuyu/ Kepiting Sawah
  11. Laba-laba
  12. Jangkrik ( dibakar pakai korek gas sebelum dilempar ke kolam )
  13. Kepompong Capung
  14. Irisan Buah Pisang
  15. Irisan Buah Kelapa sawit (yang sdh matang )
  16. Irisan Buah Nangka
  17. Irisan Buah Jambu Biji Merah
  18. Irisan buah Mangga Kweni
  19. Irisan buah Kelapa Muda
  20. Potongan Daging ikan Salmon
  21. Keong Sawah (Cangkang dan Daging dibuang , ambil bagian kotoran / jeroannya saja )
  22. Kelomang / keong laut ( Cangkang dan Capit dibuang , ambil bagian jeroannya

23. Resep Umpan : Upil

Cara buat dan pakai : Upil terbuat dari kacang mede atau mete cara buat : 1/2 kg kcaang mede, 1/4 kacang kenari, 1/4 kacang almond beli di toko bahan kue saja di tambah wisman 3 sndk makan dan ovalet 1/2 toples kecil tempat seperti blueband.


Semua kacang di sangrai lalu di blender hingga halus, lalu di ulek hingga dapat di buat seperti pelet lallu campur wisman dan ovalet tadi, bisa id tambahkan essen beef/tenggiri sedikit saja (5 s/d 7 tetes) lalu di buat bulat sebesar kc g sukro dan tancapkan di ujung mata kail.namun kita harus perlu jemper untuk mengumpulkan ikan dan jarak lempar, jemper terbuat dari kacang tanah yg di sangrai lalu blender kasar saja agar ketika di lempar cepat buyar dlm air.selamat menikmati gentak tiada henti.


24. Resep Umpan : Sasak Ikan Mas

Bahan : ikan mas yang berukuran 1kg 2ekor/ 3ekor, bersihkan dari sisiknya lalu kukus dengan daun salam dan daun pandan secukupnya, dan 1 batang sereh. kukus ikan selama 15 menit paling lama 25menit, lalu pisahkan daging dengan kulitnya,buang seluruh durinya. setelah daging terpisah usahakan menggunakan 2 baskom ketika akan memancing 1 utk tmpt ikan 1.untuk mencuci tangan.


Gunakan matakail no 5 s/d 6. tancapkan daging ikan di matakail dengan cara di sisir hingga mengumpul,bukan di pulung seperti pelet.makanya kita sebut sasak.gunakan benang ukuran 0,25 s/d 0,26 ini di perlukan agar lemparan dapat jauh hingga blower jika jarak lemparnya jauh. Lemparan pertama dan ke dua harus anda buang untuk mengumpulkan ikan, nah lemparan ketiga tunggu sampai ada strike.


Jika sudah ada strike maka umpan ini akan membuat tetangga kiri kanan cuma menonton anda mancing dan kehebatan umpan ini ikan yang makan mulai dari yg kecil sampai babon impian pun bisa kita dapatkan. mohon jangan sampai terlambat menggentak karna sedikit gerakan benang ikan sudah makan umpan kita.


25. Resep Umpan : Nasi bejek

Umpan babon bawal nasi bejek” jika pemancingan tidak melarang umpan nasi sama juga dengan umpan cendil. kita akan berlomba dengan meracik essen untuk umpan tersebut. Ambil plastik ukuran setengah kilo lalu masukan nasi setengah saja dari ukuran plastik tersebut.


Usahakan nasi dalam keadaan hangat agar tidak lengket dan mudah di bejek masukan seperempat santan kara bungkus kecil, setelah di bejek lembut hingga tidak ada butiran nasi lagi lalu teteskan essen tenggiri min 3 tetes maximal 7 tetes jangan lebih karna jika baunya menyengat bawal babon tidak sempat makan setelah ramuan di bejek rata umpan siap di gunakan, usahakan menggunakan mata kail no 6 s/d 7 ,buatlah pulungan atau lontongan seperti membuat umpan pelet lalu benamkan mata kail hingga tidak terlihat, usahakn pemasangan tetap dalam plstik umpan tadi tanpa tersentuh tangan karna di takutkan anda merokok hingga umpan berbau rokok tentunya bawal tidak akan makan.


Selamat mencoba usahakan umpan di buat dalam pulungan besar tiap ingin di umpankan agar yang kita nanti adalah babon bukan ikan rame,seukuran jempol tangan minimal max jempol kaki. biasnya paling kecil ikan berukuran 9ons. Ingat umpan jangan terlalu menyengat baunya jika memang anda bersabar menanti babon yg makan.


26. Resep Umpan : 2 B (Babon atau Bagong)

Umpan 2B sebetulnya lebih kepada singkatan Babon apa bagong. ini buat mereka yang punya mental juara karna memerlukan kesabaran ,anda berani? silahkan mencoba Resep 2B ini.


Beli roti tawar 1 bks .buang kulitnya dan tiap lembar potong menjadi 4 bagian, lalu letakan mata kail berukuran 6 atau 7 ( karna yg makan pasti ikan berukuran besar) di tengah roti tadi lalu anda bejek perlahan menjadi sebuah gulungan umpan celupkan ke air asal basah lalu tekan atau remas pada bagian yg bermata kail lalu lempar ke pancuran blower (biasa babon bermain di situ ) jika terjadi strike anda harus gentak agak kuat tapi jangan terlalu keras takut benang kita tidak kuat saat ikan fight dengan kita.


Namun jika tidak terjadi strike anda tunggu 5 hingga 10menit. dan ulangi lagi lemparan. Jika umpan rontok anda ganti dengan yg baru. Perlu kita ketahui bahwa ikan bawal adalah ikan jenis badan lebar yg kalau menurut pengamatan saya selalu bermain setengah air bukan di dasar.


Namun jika cuaca hujan lebat ikan ini akan berada di atas kita siasati dengan umpan ngambang ( tempe potong kotak atau anak ikan mas, mujair dan cere laut ) jika umpan ngambang anda tidak boleh lengah karna sedikit gerakan benang berarti bawal sudah makan umpan kita. Semoga bermanfaat buat anda yang ingin merasakan tarikan bawal babon masalah juara adalah hoki tapi yg pasti kita sudah menang strategi tempur kalau istilah perang.


27. Resep Umpan Dasar Wajib

  • 1 botol pasta pisang ambon cap kupu2
  • 1/2 botol choya
  • Dicampur 3 sendok makan munjung Sagu /aci ditambah air secukupnya, dimasak jadi cendil
  • Kombinasikan kalau cuaca panas ditambah essence Lychee 5-10 tetes dan kalau cuaca dingin ditambah essence Almond 5-10 tetes

28. Resep Umpan Pelet 781

Umpan murmer buat GT bawal

Pelet lele 781 di haluskan ( blender ), setelah halus bagi dua dan masukin ke dalam 2 kntong plastik kiloan,wisman 3 sendok teh di larutkan pake air panas dikit aja sampe larut tambah telor 2 butir aduk rata, campur larutan wisman dan telur ke 2 plastik tersebut,plastik 1 di buat agak kenyal buat di bikin upil, sementara plastik 2 di bikin awur jangan terlalu keras jadi bisa buat bemper dan ngumpulin umpan.

Cara pakai, plastik 1 di buat kecil2 kayak umpan upil dan taro di ujung kail, untuk plastik 2 di pulung besar buat bemper.


29. Umpan Khusus Galatama Bawal Dengan Cendil

Biasanya para pemancing ikan bawal banyak menggunakan umpan hidup seperti jangkrik atau umapan hidup lainnya. Bahwa ikan bawal adalah ikan yang memakan segalanya dikarenakan ikan bawal memang sangat gemar makan segala umpan. Ini saya share-kan umpan buatan untuk galatama bawal, umpan ini sering disebut ongol-ongol atau umpan cendil yang berbahan dasar dari essen atau pasta.


Bahan-bahan yang dipersiapkan :

  1. Essen almond 1 cc
  2. Essen seafood 2 cc
  3. Essen pisang 3 cc
  4. Essen bulus oil 1 cc
  5. Pasta vanilli ½ sendok the
  6. Air 1 gelas
  7. Sagu 4 sendok makan

Cara Membuat Umpan Galatama Bawal

Persiapkan wadah pancing lalu masukan essen dan pasta dan tuang air lalu aduk terlebih dahulu. Setelah itu masukan sagu lalu masak umpan hingga terbentuk ongol-ongol dengan api kompor yang sedang. Masak umpan kurang lebih 10 – 15 menit, dinginkan terlebih dahulu kemudian gunakan pellet bom atau pellet halus sebagai pelapis.

 

Demikian Penjabaran Artikel Diatas Tentang Umpan Ikan Bawal : Harian, Galatama, Alami, Malam Hari, Dan Kolam Semoga Bisa bermanfaat Bagi Pembaca Setia Lahan.Co.Id