Cara Menanam Buah Pir

Diposting pada

Cara Menanam Buah Pir Dalam Pot

Pir merupakan nama untuk pohon dari genus Pyrus dan buah yang dihasilkan. Beberapa spesies pohon pir menghasilkan buah-buahan yang enak dimakan karena mengandung banyak air, kering dan manis.

Berikut ini adalah cara menanam pir dalam pot agar cepat berbuah dan menghasilkan buah padat adalah sebagai berikut:

Cara-Menanam-Buah-Pir


1. Tahap Pembibitan Buah Pir

Disarankan bahwa dari awal Desember hingga awal Maret, bibit pir ditanam. Sebelum berkecambah, biji pir harus melewati dingin, proses pendinginan disebut stratifikasi.

Ini karena Indonesia tidak mengalami musim dingin, oleh karena itu, penanaman awal benih pir untuk pembakaran dilakukan di ruangan yang mempunyai perangkat pengontrol suhu lingkungan, dengan tujuan untuk mendinginkan atau mengurangi suhu sekitar. Bibit pir ditanam di media pot kecil yang telah diberi pupuk.


Baca Juga : 12 Cara Budidaya Jambu Madu Merah Dengan Mudah Dan Perawatannya


2. Tahap Penanaman Pohon Pir

Saat menanam, menanam varietas yang kompatibel satu sama lain, menanam pir atau biji pir di tanah subur, tanah dengan kondisi baik dan kering. Tanam di tempat yang mendapat sinar matahari penuh dan dengan sirkulasi udara yang baik selama musim tanam.


3. Media Tanam Buah Pir

Agar nutrisi terpenuhi, pakai media tanam yang baik, yaitu tanah gembur ditambah kompos dan arang sekam sebagai penambah nutrisi, lalu campur tiga bahan dengan perbandingan 1: 1: 1.


4. Tahap Pemeliharaan Buah Pir

Pada tahap pemeliharaan tanaman buah pir dalam pot meliputi :


5. Penyiraman Pohon Pir

Karena pohon pir membutuhkan banyak penyiraman, sistem irigasi harus sempurna, sirami buah pir dua kali sehari, setiap pagi dan sore.


6. Pemupukan Tanaman Pir

Pupuk lanjutan diberikan setelah umur tanaman hingga 1 bulan, gunakan pupuk daun NPK atau pupuk kandang sebanyak satu tangan pada setiap tanaman, kemudian pemupukan dilakukan setiap 3 bulan.


Baca Juga : 10 Cara Budidaya Buah Naga Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat Lengkap


7. Penyiangan Buah Pir

Penyiangan juga harus terus dilakukan, yakni dengan membersihkan gulma disekitar tanaman buah pir.


8. Pemangkasan Batang Bir

Pemangkasan dilakukan pada umur 2-3 tahun, lebih disukai pemangkasan bibit pir yang ditanam, yang sangat penting karena pada usia tersebut bibit pear mulai mengalami pembentukan pohon dan pengaturan pohon. Pangkas cabang yang tidak beraturan, pertahankan hanya 3 cabang sehingga batang utama mendapat nutrisi terbaik.


9. Pembungkusan Buah Pir

Untuk menghasilkan buah berkualitas, bungkus buah dengan plastik pada batangnya, sehingga terlindung dari hama dan pemangsa buah-buahan seperti kelelawar. Semprotkan pestisida nabati sebelum diserang hama tanaman, lakukan setiap 2 minggu setelah tanaman mencapai usia 1 tahun.


Baca Juga :7 Cara Menanam Jeruk Nipis Supaya Cepat Berbuah ( Lebat & Melimpah )


10. Tahap Pemanenan Buah Pir

Di Indonesia panen dari budidaya pir biasanya dilakukan pada bulan September-Oktober.


Manfaat Buah Pir

Beberapa spesies pir dan kultivarnya adalah komoditas pertanian andalan, misalnya:

  1. Pir Eropa (Pyrus communis) umumnya tumbuh di Eropa dan Amerika Utara
  2. Pir Ya (Pyrus bretschneideri) dikenal sebagai Shandong Pears atau Hebei Pears
  3. Pir Nashi (Pyrus pyrifolia) umumnya tumbuh di Asia Timur dan dikenal dengan berbagai nama: Pir Pasir, Pir Asia, Pir Apple, Pir Jepang, Pir Korea, atau Pir Taiwan.
  4. Indonesia adalah salah satu importir pir terbesar, Xiang Li (Pyrus sinkiangensis) dari provinsi Xinjiang, Cina.

Beberapa spesies digunakan sebagai tanaman hias atau sebagai batang bawah untuk spesies Pir Eropa dan pir Asia. Pir Siberia (Pyrus ussuriensis) yang buahnya tidak dapat dimakan disilangkan dengan Pir Eropa untuk menghasilkan kultivar tahan hama.


Baca Juga : Cara Menanam Dan Merawat Bunga Anggrek


Demikian penjelasan aritkel diatas tentangĀ 10 Cara Menanam Buah Pir Dalam Pot Agar Cepat Berbuah & Manfaatnya semoga bermanfaat bagi semua pembaca setia Lahan.Co.Id