10 Cara Merawat Tanaman Hias Di Rumah Agar Subur Dan Manfaatnya

Diposting pada

Cara Merawat Tanaman Hias

Tanaman Hias

Tanaman hias mencakup semua tumbuhan, baik berbentuk terna, merambat, semak, perdu, ataupun pohon, yang sengaja ditanam orang sebagai komponen taman, kebun rumah, penghias ruangan, upacara, komponen riasan/busana, atau sebagai komponen karangan bunga. Bunga potong pun dapat dimasukkan sebagai tanaman hias. Dalam konteks umum, tanaman hias adalah salah satu dari pengelompokan berdasarkan fungsi dari tanaman hortikultura.

Bagian yang dimanfaatkan tidak semata bunga, tetapi kesan keindahan yang dimunculkan oleh tanaman ini. Selain bunga (warna dan aroma), daun, buah, batang, bahkan pepagan dapat menjadi komponen yang dimanfaatkan. Sebagai contoh, beberapa ranting tumbuhan yang mengeluarkan aroma segar dapat diletakkan di ruangan untuk mengharumkan ruangan dapat menjadikannya sebagai tanaman hias.


1. Tahu Cara Menyiram

Tiap pot pasti memiliki bulatan sebagai tempat keluarnya air. Siramlah sampai air meluap dan keluar dari lubang tersebut. Hentikan segera ketika air sudah keluar karena apabila kelebihan air, tanaman akan membusuk.


2. Tambah Kelembaban

Bagaimana cara mengetahui bahwa tanaman kurang kelembaban? Bintik-bintik cokelat pada daun merupakan penandanya. Jadi, segera tempatkan di tempat yang lebih lembab.


3. Pencahayaan

Tak semua tanaman dapat hidup di tempat yang gelap. Beberapa butuh pencahayaan terang untuk dapat melakukan fotosintesis. Oleh karena itu, tingkat pencahayaan sinar matahari penting bagi mereka.


4. Ubah Tanah

Kadang-kadang tanaman tetap tidak tumbuh maksimal meskipun air dan pencahayaan sudah tepat. Solusinya dengan mengganti media tanam. Tak harus menggantinya dengan arang atau kristal, tetapi mengganti dengan tanah baru dapat memerbaharui nutrisi tanaman.


5. Bersihkan Tanaman

Selalu ingin terlihat bersih dan terbebas dari kotoran? Tanaman pun juga menginginkan hal seperti itu. Bersihkan daun demi daun dengan kain halus, atau cukup hindarkan mereka dari debu.


6. Periksa Hama Dan Serangga

Tanaman dan bunga dapat menarik perhatian hama, juga serangga. Namun, hal tersebut bukanlah hal yang baik jika mereka tidak membantu penyerbukan tetapi justru merusak tanaman. Segera berikan mereka pembasmi hama dan serangga


7. Ganti Pot

Ganti pot sesuai dengan ukuran dan umur tanaman. Hal tersebut dapat membantu mereka tumbuh sehat.


8. Potong Ranting

Memotong ranting kecil atau bunga kering yang menggangu tidak akan membuat tanaman mati. Justru, hal tersebut dapat membantu agar tanaman terlihat lebih bagus.


9. Pupuk Alami

Tambahkan kotoran dan kompos ke dalam tanah agar nutrisi yang dibutuhkan pada masa pertumbuhan dapat didapatkan secara maksimal. Coba konsultasi dengan orang yang memberikan bibit tanaman mengenai kompisisi yang baik.


10. Jangan Biarkan Tanaman Sendiri

Sama seperti manusia, tanaman juga tidak suka dan tidak bisa hidup sendiri. Jadi, usahakan beli lebih dari satu tanaman dan letakkan secara berdekatan.

Baca Juga :

Demikian Penjelasan Tentang 10 Cara Merawat Tanaman Hias Di Rumah Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Setia Lahan.Co.Id

10 Cara Merawat Tanaman Hias Di Rumah Agar Subur Dan Manfaatnya
5 (100%) 6 vote[s]