Cara Merawat Burung Ciblek

Diposting pada

Cara Merawat Burung Ciblek

Cara Merawat Burung Ciblek : Bahan, Makanan, Gacor, Jinak, Voer – Menjinakkan bakalan ciblek muda hutan dari hasil tangkapan atau membeli di pasar burung yang belum makan voer sangat mudah, beberapa langkah perawatannya adalah sebagai berikut:


Perawatan Ciblek dari Bakalan Muda Hutan yang belum Makan Voer

  1. Untuk mengkondisikan ciblek tersebut pada sangkar barunya sebaiknya ciblek di masukkan sangkar yang ketiga sisinya (samping kiri kanan dan belakang) ditutup dengan koran ataupun kain, kemudian ditaruh di tempat yang sepi, selama kurang lebih 3 (tiga) hari ciblek dikasih kroto segar setiap pagi dan sore.minuman bisa dicampur dengan multivitamin/antistress untuk burung.

  2. Hari selanjutnya adalah meracik campuran kroto dengan voer lembut ditambah air sedikit. 2-3 hari pertama komposisi kroto dengan voer adalah 75%:25%; 2-3 hari kemudian 50%:50%; 2-3 hari kemudian 25%:75%. Pemberian campuran kroto dengan voer ini diberikan pada pagi dan sore hari, bisa ditambah dengan 2 (dua) ekor jangkrik kecil. Kira-kira 6 – 9 hari ciblek sudah mau makan voer, dengan melihat kotorannya yang sudah berwarna seperti warna voer. Campuran kroto bisa diganti dengan ulat hongkong.

  3. Setelah warna kotorannya sudah menyerupai warna voer langkah selanjutnya adalah memberikan voer kering 100% selama 1 minggu yang diselingi dengan pemberian extra fooding berupa kroto segar/ jangkrik/ ulat hongkong dengan jumlah terbatas setiap pagi dan sore, sekaligus membuka ketiga sisi sangkar yang tertutup. Hal ini dilakukan untuk membiasakan secara perlahan-lahan terhadap dunia barunya.

    Pada tahap ini ciblek sudah dapat makan voer secara total, namun karena burung ciblek adalah burung pemakan serangga alangkah baiknya jika ciblek diberikan selingan jangkrik/ kroto/ ulat hongkong walaupun 1 (satu) hari sekali dengan jumlah 2-3 ekor jangkrik kecil atau 3-4 ekor ulat hongkong atau ½ sendok teh kroto.


  4. Untuk menjinakkan ciblek, trik selanjutnya adalah menaruh burung ciblek pada keramaian dengan menggantungkannya pada posisi yang agak tinggi kemudian setiap pekan berangsur-angsur semakin rendah, sambil dilatih pemberian extra fooding dengan tangan.
  5. Setelah 3 – 4 bulan burung ciblek anda akan berkicau dengan riang.
  6. Pemberian kroto setiap hari akan merangsang burung ciblek cepat berkicau.

cara-merawat-burung-ciblek


Artikel Terkait : Cara Menjodohkan Burung Kacer


Perawatan Burung Ciblek Agar Rajin Berkicau

Untuk menjadikan burung ciblek anda rajin berkicau berikut tips perawatannya:

  1. Pagi jam 05.00 WIB buka krodong, kemudian digantang di luar rumah, para kicaumania sering menyebut diembun-embunkan, namun sebenarnya untuk semua jenis burung senang akan suasana pagi hari menjelang matahari terbit.

  2. Jam 07.00 WIB ciblek diberikan extra fooding berupa jangkrik kecil 2-3 ekor, kroto ¼ – ½ sendok teh, ulat hongkong 2 – 4 ekor (pemberian extra fooding bisa disesuaikan dengan settingan), kemudian disemprot dengan setelan semprotan lembut.
  3. Penjemuran bisa dilakukan pada pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 09.00 WIB.
  4. Setelah itu di gantang ditempat yang teduh.
  5. Sore hari jam 16.00 WIB pemberian extrafooding dengan jumlah yang sama dengan pemberian extra fooding pagi harinya.
  6. Sore jam 17.00 WIB burung dikrodong.

Artikel Terkait : Cara Ternak Kacer


Membuat Ciblek Jadi Gacor Setelah Macet Bunyi

Ekor diangkat saat bertarung merupakan ciri khas selain suara ngebren dari burung ciblek, namun bagaimana kalau tiba-tiba ciblek anda tidak mau berbunyi atau macet bunyi? Salah satu permasalahan yang kerap kali dihadapai oleh ciblek adalah macet bunyi. Burung yang semula sangat rajin berkicau, namun tiba-tiba menjadi mogok untuk mengeluarkan suara (ciblek hanya melakukan loncat-loncat dalam tangkringan).


Banyak kemungkinan yang terjadi bilamana burung ciblek anda mendadak malas untuk berkicau/macet bunyi, antara lain adalah:

  1. Burung ciblek sedang dalam kondisi tidak fit atau kurang sehat
  2. Ciblek mengalami penurunan mental/drop, biasanya setelah kalah bertarung pada saat di bawa ke arena lomba ataupun latber.
  3. Pengaruh pola makan yang berubah juga dapat mengakibatkan burung ini menjadi macet bunyi.
  4. Pemberian EF (extra fooding) yang kurang, seperti kroto, ulat hongkong, dan jangkrik.
  5. Gangguan dari kondisi sekitar, misal gangguan hewan lain seperti kucing dan tikus.

Artikel Terkait : Melatih Mental Kacer Bakalan


Lalu bagaimana cara mengembalikan kondisi ciblek agar kembali rajin berbunyi atau gacor?

Nah berikut tips membuat ciblek jadi gacor setelah macet bunyi

Pertama, jika ciblek sedang dalam keadaan tidak sehat maka solusinya adalah berikan vitamin tambahan (bisa didapatkan di PB) dan menaruh burung dalam ruangan yang tenang sambil dikerodong sangkarnya.


Kedua, mental drop burung ciblek saat kalah trek dengan ciblek lain. Nah untuk mengembalikan mentalnya adalah dengan menjauhkan dari burung ciblek (tidak melihat atau mendengar suara burung ciblek lain) dan taruh pada tempat yang tenang serta jangan lupa sangkar dikerodong.


Ketiga, prilaku macet bunyi pada ciblek karena kurangnya EF biasanya karena sang pemilik merubah pola makannya. Misalnya, pada biasanya ciblek diberi Jangkrik 5 setiap pagi dan sore namun kali ini hanya diberi 3. Pola perubahan drastis ini juga memungkinkan ciblek enggan untuk berbunyi. Solusinya adalah jika ingin mengurangi EF, bisa dilakukan sedikit demi sedikit. Nah untuk mengembalikan suara ciblek karena pola makan yang berubah adalah kembalikan pola makan seperti semula dulu, jika burung sudah rajin berkicau baru kurangi sedikit demi sedikit pemberian EFnya.


Artikel Terkait : Cara Merawat Burung Cendet


Keempat, Gangguan dari kondisi lingkungan memang sering kali membuat burung menjadi stress. Oleh karena itu sebaiknya tempatkan burung dilingkungan yang jauh dari gangguan baik hewan maupun yang lainnya. Pemberian vitamin dan mandi jemur lakukanlah rutin setiap hari (kecuali cuaca tidak ada panas).


Jika kondisi ciblek masih belum gacor/macet bunyi, anda bisa mencoba dengan menempelkan ciblek betina untuk memancing birahi ciblek jantan atau juga bisa menggunakan Audio Teraphy Suara Ciblek. Itulah sedikit tips membuat ciblek jadi gacor setelah macet bunyi, dan jika ciblek sudah gacor maka anda bisa jadikan untukmemaster burung lainnya, misalnya kenari. Semoga bisa memberi manfaat bagi anda, jika pecinta ciblek punya pengalaman tentang masalah ini silahkan berbagi tips melalui kotak komentar dibawah.


Ciblek, burung kecil bertipe fighter ini banyak sekali penggemarnya. Kicau ciblek yang keras juga sering digunakan sebagai pemaster suara burung-burung lainnya. Harga bahan/bakalan burung jenis ini memang relative murah namun kualitasnya tidak murahan, bahkan kalau sudah jadi harganya bisa mencapai jutaan seperti yang memiliki volume suara kristal atau tembus.


Artikel Terkait : Cara Ternak Puyuh


Cara Optimalkan Volume Suara Kristal Pada Ciblek

Suara kristal / tembus pada burung ciblek bisa didapatkan melalui pola perawatan yang maksimal dan konsisten. Berikut ada tips dari Danomez Putrabatarakarang Siapnuntunpati yang kami kutip dari fanspage CMJB, cara perawatan ini bisa diterapkan pada burung ciblek anda agar bisa memiliki volume yang Kristal.


  • Pada pagi hari jam 04.00 WIB, burung ciblek diembunkan hingga jam 07.00 WIB.
  • Kemudian jam 07.00, ambil tempat voer dilanjutkan dengan memandikan burung dan diangin-anginkan selama 30 menit.
  • Setelah dianginkan yaitu sekitar jam 7.30, burung dijemur sampai jam 09.00 (saat penjemuran voer jangan dimasukan kandang, cukup air minum saja).
  • Pukul 09.00 burung dianginkan selama 30 menit sambil diberi EF (extra fooding), kemudian dijemur lagi hingga pukul 11.00.
  • Pada jam 11.00 burung dikasih voer dan air larutan penyegar (tanpa rasa).
  • Kemudian pada jam 11.30, ambil air larutan sama voer (biarkan kandang kosong dari makanan dan minuman) kemudian dijemur hingga jam 15.30. Setelah itu burung dianginkan selama 30 menit dan beri kembali EF, kemudian dikerodong.

Artikel Terkait : Cara Merawat Perkutut


Lakukan perawatan tersebut secara rutin selama 2 minggu, dan hasilnya Insya Allah volume ciblek bisa naik, kasar, nafas menjadi panjang, dan tentunya suara Kristal akan jadi lebih keluar. Semoga tips perawatan diatas bisa membuat burung peliharaan anda lebih mantap dalam berkicau. (baca juga tips Membuat Ciblek Gacor Setelah Macet Bunyi).


Demikian penjelasan artikel diatas tentang Cara Merawat Burung Ciblek : Bahan, Makanan, Gacor, Jinak, Voer semoga bisa bermanfaat bagi pembaca setia Lahan.Co.Id