Cara Ternak Puyuh

Diposting pada

Cara Beternak Burung Puyuh Petelur Dan Pedaging

Cara Ternak Puyuh – Petelur, Pedaging, Pakan, Kandang, Analisa – Ada dua Cara beternak burung puyuh petelur yang lajim diaplikasikan oleh peternak puyuh saat ini, yang pertama adalah dengan sistem kandang litter dan yang kedua beternak puyuh dengan kandang baterai. Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Pembuatan kandang litter burung puyuh lebih efisien bila dibandingakn dengan membuat kandang baterai, namun perawatan dan panen telur puyuh jauh lebih mudah bila kita membudidayakan puyuh petelur di kandang baterai. Pada kandang litter telur puyuh sering sekali tertimbun dalam tumpukan litter, sehingga sering terinjak oleh puyuh atau peternak yang hendak memanen telur.


Kandang litter; kandang yang didalamnya terdapat litter. Litter adalah alas lantai sebuah kandang yang terbuat dari serbuk atau butiran-butiran benda yang mampu menyerap air dan bersifat cukup lembut. Kandang litter ini ada dua jenis; Kandang litter panggung: Biasa digunakan pada peternakan ayam broiler (ras), kandang litter panggung ini sewaktu-waktu bisa diubah menjadi kandang baterai, caranya cukup dengan mengangkat (membuang litter). Beberapa bahan yang dapat dijarikan litter; serbuk gergaji (serbuk kayu) sekam padi, dan jerami.

cara-ternak-puyuh


Kekrangan budidaya ternak puyuh di kandang litter salah satunya adalah puyuh mudah terkena gangguan pernapasan jika litter terlalau lama atau tidak diganti, litter harus diganti sesering mungkin, jika litter sudah memadat maka kadar amoniak di kandang puyuh pasti akan meningkat. Kelebihan menggunakan litter terletak pada kesehatan ternak puyu terutama kesehatan kaki sebab litter jauh lebih lembut dibandingkan dengan lantai kandang baterai yang umumnya terbuat dari jerejak kayu atau anyaman kawat. Kandang litter melantai, kandang ini selamanya hanya bisa dibuat menjadi kandang litter karena litter akan ditebar di lantai dasar kandang. Biaya kandang litter melantai ini jauh lebih murah dibandingkan kandang litter panggung.


Burung puyuh petelur sebenarnya sama saja dengan puyuh pedaging, dimana puyuh pedaging didapatkan dari ternak puyuh petelur yang telah afkir. Puyuh afkir adalah burung puyuh yang sudah tidak mampu lagi menghasilkan telur secara ekonomis. Sebagai seorang peternak yang hendak memulai bisnis budidaya puyuh ada hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu, diantaranya:


Artikel Terkait : Cara Ternak Ayam Joper


Lokasi peternakan puyuh; harus diketahui bahwa puyuh gampang stress ketika tingkat kebisingan lingkungan cukup tinggi. Jika puyuh petelur mengalami stress bisa dipastikan puyuh tersebut tidak akan berproduksi (bertelur). Oleh karena itu usahakan kandang puyuh jauh dari kebisingan. Burung puyuh akan tumbuh sehat di tempat yang teduh, jadi alangkah baiknya kandang puyuh diletakkna di bawah pepohonan rindang. Jika anda tinggal di lingkungan yang padat penduduk maka budidaya puyuh tidak cocok untuk bisnis anda. Di lingkukang padat penduduk bisnis budidaya peternakan yang cocok mungkin hanya ikan lele dan belut.


Pemasaran telur dan daging, sebelum anda memulai ternak puyuh pastikan bahwa di daerah anda ada penampung telur puyuh. Hal ini karena puyuh termasuk salah satu burung yang produksi telurnya sangat tinggi yakni mencapai 300 butir/ tahun. Jika anda memelihara puyuh dalam skala besar maka saluran pemasaran sudah benar-benar ada sebab daya tahan telur puyuh yang baik cukup singkat hanya 3 minggu saja.


Selanjutnya gambaran garis besar cara beternak burung puyuh petelur:

  • Siapkan kandang di lahan yang tepat, dan arah yang tepat (memanjang dari timur ke barat)
  • Pesan bibit, anda bisa memesan puyuh dara agar lebih mudah dalam perawatannya dan tingkat kematian juga rendah. Alternatif lain anda bisa juga membeli mesin tetas dan menetaskan telur puyuh sendiri; dalam hal ini anda harus benar-benar mengetahui ciri-ciri telur yang fertil.
  • Isi kandang puyuh dengan kepadatan yang tepat. Panjang kandang baterai puyuh tidak boleh lebih dari 2 meter untuk menghindari aktivitas puyuh yang berlebihan dan lebar dari sebuah baterai sebaiknya kurang dari 70 cm hal ini agar memudahkan kita ketika ingin menangkap puyuh ataupun membersihkan kandang, tinggi dari kandang ataupun sangkar puyuh juga tidak boleh lebih dari 40 Cm ukuran terbaik dan biasa digunakan adalah 30 cm, hal ini untuk menghindari kegiatan meloncat-loncat dari puyuh didalam kandang. 1 box sangkar ini optimalnya diisi dengan 30 ekor puyuh. Jika kita membuat sangkar/ kandang bertingkat lima berarti satu unit kandang bisa menampung 150 ekor puyuh.

Kandang-Puyuh-Petelur

  • Siapkan pakan, puyuh memang bisa mengkonsumsi pakan ayam, namun jika anda memiliki modal yang cukup sebaiknya beli pakan yang khusus untuk puyuh petelur.
  • Hari pertama puyuh masuk kandang harus sangat diperhatikan kenyamanan dari puyuh tersebut, hindarkan dari kebisingan sehingga tidak stress. Jika puyuh sudah terbiasa dengan lingkungannya perawatan dan pengawasan akan semakin mudah. perawatan puyuh harian.

Artikel Terkait : Cara Ternak Jangkrik Alam Dan Kalung Bagi Pemula


Mungkin tulisan ini hanya disampaikan secara garis besar saja namun saya yakin konsep dasarnya sudah terpapar dalam artikel ini secara lengkap. Untuk detail dan pengembangannya akan lebih baik dikembangkan sesuai daengan improfisasi anda sendiri, yang penting konsep-konsep dasar kandang puyuh, pemasaran dan pemilihan umur bibit sudah bisa dipahami.


Pakan Puyuh Petelur

Ransum pakan puyuh petelur bisa disamakan dengan ransum ayam petelur perbedaan tentu saja ada pada jumblah pemberian per ekor. Namun jika kita ingin membuat ransum pakan puyuh secara lebih spesifik perhatikan kebutuhan zat makanan seekor puyuh berikut ini:

zat makanan starter dan grower layer bibit
Asam Linoleat (%) 1 1 1
Calsium (%) 0,65 3,75 2,3
Chlorine (%) 0,11 0,15 0,15
Choline (mg) 1500 2000 1000
Energi Metabolisme (kcal/kg) 2800 2600 2800
Glysine+Serine (%) 1,6 0,9 0,9
Iodium (%) 0,3 0,3 0,3
Lysine (%) 1,4 1,1 0,7
Magnesium (mg) 600 500 400
Mangan (mg) 90 80 70
Methionine+Cystine (%) 0,9 0,8 0,6
Niacin (mg) 31 60 20
Pantothenic acid (mg) 12,6 15 15
Phosphor (%) 0,65 1 1
Protein (%) 27 20 24
Riboflavin (mg) 3,8 4 4
Sodium (%) 0,085 0 0,15
Vitamin A (I.U) 3000 6000 3000
Vitamin D (I.C.U) 900 1750 900
Zinc (mg) 50 100 50

Bila kita lihat susunan kebutuhan nutrisi puyuh diatas bisa jadi kita akan kebingungan dalam menentukan bahan pakan apa yang harus kita susun agar semua zat makanan tersebut dapat terpenuhi. Untuk memudahkannya berikut ini kombinasi bahan pakan yang sering digunakan oleh peternak puyuh di daerah saya; dedak halus,  jagung, tepung ikan, bungkil kedelai,minyak nabati dan bungkil kelapa.


Artikel Terkait : 13 Teknik Budidaya Unggas Petelur Ayam Beserta Perencanaannya


Berikut ini cara pemberian pakan terhadap burung puyuh berdasarkan umur per ekor:

Umur burung puyuh (minggu) jumlah pakan (gr)
DOQ – 1 2
1 sampai 2 4
2 sampai 4 8
4 samapai 5 13
5 sampai 6 15
lebih dari 6 17 – 20

Jika anda kesulitan dalam meransum pakan puyuh alangkah baiknya membeli saja pakan yang sudah jadi, saat ini sudah banyak pakan puyuh dari pabrik, baik produksi CP maupun Japfa.  Pakan puyuh yang dijual di poultry shop saat ini ada yang berbentuk tepung, pelet dan remah-remah, semua bentuk pakan sebaiknya sesuikan dengan umur puyuh yang anda pelihara. Umumnya pelet digunakan untuk periode layer dan periode puyuh produksi, sedangkan untuk anak atau starter biasanya digunakan yang berbentuk tepung ataupun remah.


Cara Beternak Burung Puyuh Dari Hari Kehari

Untuk memudahkan kita semua dalam membudidayakan ternak burung puyuh berikut akan kami buatkan time schedule untuk cara beternak burung puyuh dari hari kehari. Mari belajar bersama, jika ada kekeliruan dalam tulisan kami kali ini mohon dikoreksi, kami segera akan memperbaikinya sehingga tulisan ini nantinya bisa memberi manfaat bagi pembaca, terutama bagi peternak puyuh pemula.


  • Cara beternak puyuh dari hari ke hari

Sebelumnya tulisan ini mengasumsikan bahwa kita semua telah memiliki kandang puyuh baik yang sederhana sekalipun, dan juga telah memiliki pakan burung puyuh baik untuk starter, grower, dan layer (puyuh berproduksi).


Artikel Terkait : Pengertian Peternakan Serta Macam, Tujuan Dan Manfaatnya


Hari pertama; DOQ (day old quail/ anak burung puyu) datang, kita asumsikan akan memelihara 1000 ekor puyuh. Anak puyuh ini harus kita pisah dengan puyuh grower ataupun layer, sebab puyuh memiliki sifat kanibalistik yang cukup tinggi. Anak puyuh ini akan dipelihara di kandang anakan selama 3 minggu. Pada hari pertama anak puyuh datang segera beri air gula, cara pemberian cukup mencelupkan paruh anak puyuh kedalam air gula aren, setelah itu letakkan dalam kandang anakan yang berpenghangat.


Penghangat untuk anak puyuh cukup dengan lampu pijar 25 watt. Untuk hari pertama ini pakan belum begitu penting untuk DOQ, jadi pakan cukup ditebar sedikit dalam kandang anakan. Setelah semua anak puyuh masuk kandang segera turunkan terpal penutup kandang (usahakan suhu stabil di kisaran 33 – 35 derajat celcius.


Hari kedua – 1 Minggu; Hari kedua di pagi hari periksa suhu kandang, puyuh pada umur ini sudah dapat beraktivitas dengan baik pada kisaran suhu 31 derajat. Cara mengetahui apakah puyuh kepanasan atau kedinginan cukup sederhana yakni dengan memperhatikan pola perilaku anak puyuh tersebut, jika banyak anak puyuh mengerumuni lampu pijar dalam kandang berarti suhu kandang terlalu dingin, dan sebaliknya jika anak puyuh semuanya menjauh dari bola lampu berarti anak puyuh kepanasan.


Jika anak puyuh menyebar secara merata dalam kandang anakan berarti suhu kandang sudah stabil dan cocok untuk anak puyuh. Pada hari ini tingkatkan sedikit pemberian pakan, pakan pelet anak ayam bisa digunakan untuk anak puyuh juga dengan cara menggiling (menghaluskan) pakan tersebut terlebih dahulu. Pada hari ke dua ini air minum anak ditambahi dengan vitamin dan antibiotik yang khusus untuk anak puyuh (tanyakan ke poultry shop).


Jika anak puyuh kepanasan naikkan terpal sedikit, dan jika kedinginan ganti bola lampu dengan wat yang lebih besar atau bisa juga dengan menurunkan bola lampu atau menyempitkan kandang puyuh anakan dengan sekat. Setiap hari pantau suhu kandang berdasarkan perilaku puyuh hingga umur satu minggu. Pakan tetap diberikan secra menaburkan di lantai kandang hingga anak puyuh berumur 4 atau 5 hari, air minum bervitamin tetap diberikan. Pada saat umur puyuh sudah mencapai 5 hari lakukan vaksinasi tetes.


Pada umur delapan hari terpal penutup kandang sudah bisa dibuka sepenuhnya, dan menutup separo di malam hari, bola lampu tetap dihidupkan sebagai pemanas. Saat ini puyuh sudah mampu memakan pelet seukuran pelet anak ayam. Air minum tetap diberi antibiotik atau vitamin. Pada umur 9 hari perlakuan sama dilakukan dengan puyuh umur 8 hari.


Artikel Terkait : Kandang Ayam Petelur


Hari ke sepuluh puyuh sudah bisa dipindahkan ke kandang grower, saat ini air minum tidak lagi ditambahi dengan vitamin atau antibiotik. Pakan yang digunakan seukuran pelet untuk anak ayam tanpa harus dihaluskan. Hal ini dilakukan hingga umur puyuh mencapi 14 hari. Adapun kadar pemberian pakan dapat anda lihat di sini.


Hari ke 15 pindahkan puyuh ke kandang layer (puyuh dewasa/ berproduksi), hanya saja di malam hari tetap menggunakan penerangan sebagai pemanas tambahan. Kontrol sudah bisa dikurangi ketika puyuh berumur 15 hari dan seterusnya, pemberian pakan dapat anda atur sendiri, namun menurut pendapat saya semakin sering memberi pakan dalam jumlah sedikit demi sedikit lebih baik bila dibandingkan memberi pakan yang banyak sekaligus di tempat pakan, hal ini karena dengan memberi pakan yang sedikit demi sedikit pakan akan selalu segar sehingga pakan yang terbuang bisa dikurangi.


Hari ke 16 dan seterusnya perawatan sama saja dengan perawatan pada hari ke 15, lakukan pemberian pakan sesuai dengan kebutuhan harian puyuh. Sesekali tambahkan vitamin kedalam air minum puyu, ketika musim penghujan tambahkan sedikit antibiotik. Pada masa umur puyuh sudah mulai bertelur sangat disarankan mengurangi kebisingan, karena puyuh gampang stress, dan ketika stress tinggi puyuh bisa berhenti bertelur. Demikian tulisan garis besar pemeliharaan puyuh dari hari ke hari ini kami buat, jika ada informasi tambahan silahkan tambahkan melalui form komentar untuk kita diskusikan.


Cara Ternak Puyuh Pedaging

Konsep ternak puyuh pedaging sama saja dengan konsep puyuh petelur, perbedaan hanya terletak pada pemilihan jenis bibit dan pakan. Manajemen ternak puyuh hampir sama dengan manajemen ternak ayam petelur, dimana konsentrasi kegiatan utamanya adalah pemberian pakan yang tepat. Ternak puyuh bisa dikatakan aribisnis yang menjanjikan, selain modal yang lebih rendah hasil dari budidaya puyuh ini juga lebih baik bila dibandingkan dengan ternak ayam. Permintaan puyuh semakin meningkat dari waktu kewaktu, hal ini karena daging puyuh selain enak dan lebih gurih daripada daging ayam ternyata kadar lemak daging puyuh juga jauh lebih rendah dari lemak daging ayam terutama daging ayam broiler.


Artikel Terkait : Cara Budidaya Kroto


Resiko dalam setiap usaha agribisnis selalu ada, namun resiko ternak puyuh pedaging jauh lebih rendah daripada budidaya ayam pedaging. Kesulitan dalam ternak puyuh pedaging paling utama terletak pada sisi pemasaran, dimana daging puyuh ini belum banyak penampungannya. Di beberapa kota daging puyuh mungkin hanya bisa kita temukan di supermarket saja, jarang sekali kita temukan penjual daging burung ini di pasar tradisional. Untuk itu bila kita ingin memelihara puyuh dan berkonsentrasi pada ternak puyuh pedaging sebaiknya pastikan terlebih dahulu tentang pemasaran.


Bibit ternak puyuh pedaging bisa didapatkan berupa DOQ (day ol quail) dan bisa juga dari puyuh petelur yang telah afkir. Jika kita ingin memelihara DOQ maka pastikan puyuh yang kita pelihara adalh puyuh jantan semua. Namun jika kita ingin membesarkan puyuh afkir maka konsentrasikan kegiatan pada pembesaran burung tersebut.


Pakan puyuh pedaging sama saja dengan pakan ayam pedaging, bahkan kecepatan pertumbuhan puyuh terlihat sangat baik ketika diberikan pakan anak ayam pedaging. Jika kita ingin meransum pakan sendiri maka perhatikan kebutuhan nutrisi dasar seekor puyuh terutama kebutuhan protein, lemak dan karbohidrat harian. Salah satu jenis pakan alternatif yang dapat dipakai adalah pakan ayam kampung yang pernah dituliskan di sini. Untuk jumblah penberian sesuaikan saja dengan kebutuhan puyuh dalam sehari.


Kandang puyuh pedaging lebih baik menggunakan kandang litter daripada kandang baterai, hal ini untuk mengefisiensi penggunaan pakan dan biaya pembuatan kandang. Sedangkan untuk puyuh petelur dapat anda lihat di sini. Litter untuk puyuh daging yang terbaik adalah sekam, selain sekam bisa juga digunakan serbuk gergaji (serbuk kayu). Penggantian litter pada kandang (sangkar) dilakukan sesering mungkin, minimal 1 kali / 2 bulan, hal ini untuk menghindari penyakit pernapasan pada puyuh daging akibat tingkat amoniak yang terlalu tinggi.


Ukuran kandang puyuh daging perlu diperhatikan secara seksama, jika kandang terlalu luas bisa dipastikan pertumbuhan puyuh akan lambat, sebab puyuh termasuk jenis burung yang bergerak aktif dan lincah. Jika kita menggunakan kandang yang luas maka buatlah sekat-sekat didalam kandang tersebut dengan luas 60 cm x 90 cm (panjang x lebar) dengan tinggi sekat 1 m jika tanpa penutup dan 40 cm jika menggunakan penutup (seperti tudung saji). Sekat-sekat ini gunanya untuk menghindari pergerakan puyuh yang terlalu aktif dan memudahkan untuk menangkap puyuh jika diperlukan baik untuk pengobatan maupun pemanenan.


Artikel Terkait : Budidaya Lebah Madu


Kandang Sederhana Budidaya Ternak Burung Puyuh

Kandang sederhana burung puyuh dapat dibuat dari anyaman bamboo, namun jika kita ingin kandang yang lebih baik buatlah dari anyaman kawat atau sering disebut dengan kawat ram. Budidaya burung puyuh bukanlah bisnis yang spele, coba anda bayangkan 1 ekor puyuh mampu menghasilkan telur sebanyak 300 butir/ tahun, dan dalam kandang box 90 cm x 60 cm x 30 cm (panjang x lebar x tinggi) dapat menampung burung puyuh sebanyak 30 ekor.


Berarti dengan kandang sekecil itu kita bisa menghasilkan telur puyuh sebanyak 9000 butir per tahun. Harga telur puyuh saat ini di kota payakumbuh Rp. 200/ butir, berarti memelihar puyuh di kandang sekecil yang kita gambarkan dapat menghasilkan 1.800.000/ tahun, bayangkan jika anda memelihara puyuh dalam jumlah ratusan atau bahkan ribuan ekor.


Kandang sederhana untuk budidaya ternak burung puyuh dapat anda lihat di gamabar berikut ini.

kandang-ternak-puyuh-pedaging

Dari gambar diatas dapat kita lihat sebuah unit kandang / sangkar puyuh secara sederhana, kandang tersebut adalh kandang baterai dan terdiri dari 5 tingkat. Lebar dari kandang 60 cm dan panjangnya 90 cm. Tinggi setiap box sangkar baterai 30 cm. Adapun bahan kandang burung puyuh yang paling sering digunakan peternak puyuh yakni, untuk lantai baterai terbuat dari bambu atau lak kayu, dinding sangkar depan, samping kiri dan kanan dari anyaman kawat (kawat ram), dinding bagian belakang dari bahan kayu (triplek) ada juga yang langsung menggunakan tembok beton. Tempat pakan dan air minum dari paralon yang dibelah.


Dinding kandang puyuh dibuat dari kawat ram gunanya untuk menjaga sirkulasi udara sehingga kadar oksigen di dalam kandang tetap terjaga, selain itu harga kawat juga cukup murah. Tempat pakan biasanya dari paralon ukuran besar yang dibelah atau bisa juga digunakan bambu yang dibelah. Sebaiknya sangkar burung puyuh menggunakan tempat penampung kotoran yang bisa dicabut pasang untuk efisiensi kegiatan membersihkan kotoran, bahan yang dapat digunakan untuk tempat kotoran puyuh ini adalah triplek.


Gambar diatas menunjukkan sebuah kandang baterai untuk ternak puyuh, kita menggunakan kandang baterai karena memudahkan dalam panen telur dan pembersihan kandang (sanitasi). Selain itu kandang baterai memang lebih cocok untuk ternak puyuh petelur karena jika kita menggunakan kandang litter telur akan sering tertimbun oleh tumpukan litter dan akhirnya banyak telur yang terinjak oleh peternak ataupun puyuh itu sendiri. Kandang litter hanya cocok untuk budidaya puyuh pedaging.


Artikel Terkait : Cara Ternak Bebek


Analisa Usaha dan Perhitungan Hasil Beternak Puyuh Petelur untuk 2000 Populasi

Setiap kali ada yang memulai budidaya ternak puyuh petelur, rata-rata keluhannya sama: modal masuk terus nggak berhenti-henti, kapan dapat hasilnya?

Keluhan tersebut terutama pada ternak puyuh yang start sejak mulai DOQ bibit puyuh.


Tentu saja: menunggu dan bersabar sudah menjadi pakaian resmi peternak puyuh. Dengan berbagai kesibukan dan aktivitas, disertai dengan kasih sayang pada puyuh piaraan, waktunya menunggu mendapatkan hasil menjadi tidak begitu terasa.

Gambaran hasil dan analisa usaha yang akan saya paparkan di sini adalah gambaran hasil analisa usaha budidaya puyuh petelur kemitraan.


Analisa usaha dan gambaran hasil yang akan saya paparkan hanya dihitung dari biaya modal produksi. Untuk menghitung pengembalian modal keseluruhan ( termasuk pembuatan kandang dan pembangunan rumah induk ), lebih cepat atau tidaknya kembali modal (BEP) tentu tergantung pada efisiensi biaya pengadaan sarana dan prasarana seperti pembuatan kandang dan pembangunan rumah induk.


Demikian analisa usaha dan hasil selama 12 bulan untuk 2000 populasi:

  • Biaya Produksi Sebelum bertelur.
  1. DOQ 2000 ekor :  Rp 3.000.000
  2. Obat dan vaksin : Rp 200.000
  3. Pakan BR 12 sak : Rp 2.976.000

Total biaya sampai 30 hari : Rp 6.176.000


  • Biaya Prouksi sampai 360 hari
  1. Pakan Layer : 44.884.000
  2. Obat dan vaksin : Rp 1.038.000

Total Biaya 30 – 360 hari : Rp 54.960.000


  • Hasil Produksi Telur dalam Satu Periode Pemeliharaan

424.377 butir x Rp 175 : Rp 74.265.975

Total Penjualan Telur : Rp 74.265.975

Total Biaya 0 hari sampai 360 hari : 52.098.000

Hasil Produksi telur : Rp 74.265.975

Keuntungan satu tahun : 22.167.975


(lho kok gede banget ya ketemunya

apa karena belum dihitung pengeluaran listrik,

sarana prasarana termasuk kandang pembesaran, kandang teluran, dll ya ?)


Maklum bukan akunting. Mohon maaf . . .

Coba diperinci pengeluaran dan hasil per-minggunya saja.

Sebagai berikut : Di postingan selanjutnya saja . . . kalau di sini jadi terlalu panjang . . Make up blog dulu …..


Artikel Terkait : Cara Merawat Perkutut


Catatan:

  1. Apkiran 1545 ekor puyuh pada umur 360 hari tidak dihitung
  2. Kematian normal puyuh 0,15% perhari
  3. Harga pakan layer Rp 229.000 (mengikuti mekanisme pasar)
  4. Harga Telur Rp 175 (mengikuti mekanisme pasar)
  5. Hasil produksi sangat dipengaruhi oleh manajemen pemeliharaan

Demikian penjelasan artikel terkait tentang Cara Ternak Puyuh – Petelur, Pedaging, Pakan, Kandang, Analisa semoga bisa bermanfaat bagi semua pembaca setia kami Lahan.Co.Id