Peluang Usaha Burung Lovebird

Diposting pada

Peluang Usaha Burung Lovebird

Peluang usha modal kecil lovebird adalah salah satu usaha bidang petertenak unggas yang kini banayak digemari oleh pertenak burung khususnya untuk mereka yang memiliki hobi memelihara burung. Love bird atau yang disebut burung cinta adalah salah satu burung jenis kicau yang memiliki bulu yang indah dan memiliki sifat khas yaitu setia pada pasangannya. Permintaan akan burung ini semakin meningkat sehingga terpaksa harus mengiport dari luar negeri.


Burung love bird sejatinya merupakan burung yang berasal dari jenis agapornis dari bahasa yunani yang berarti burung cinta. Burung ini memiliki ciri khas yang unik yaitu setia pada pasangannya dan tidak mau dikawinkan dengan cara paksa sehingga tidak heran burung ini disebut love bird atau burung cinta.


Love bird sendiri memliki ukuran bentuk tubuh kecil antara 13-17 cm dengan berat sekitar 40-60gr. Penggemar burung biasanya memelihara burung ini karena keindahan bulu atau suara kicauannya yang merdu. Selain itu juga sebagai salah satu jenis peluang usaha yang potensial untuk dijalankan.

Peluang-Usaha-Burung-Lovebird


Tujuan dari usaha budidaya lovebird

  1. Dapat melakukan usaha tenak lovebird dengan baik dan memberikan manfaat yang besar
  2. Dapat memasarkan lovebird dengan baik
  3. Dapat menjaga kelangsungan usaha dan mengembangkannya
  4. Dapat meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi tingkat pengangguran
  5. Sebagai pengetahuan atau menambah wawasan dalam menjalankan usaha

Artikel Terkait : Cara Memilih Burung Lovebird


Peluang Pasar Budidaya Lovebird

Kami memlih usaha budidaya lovebird karena dari segi pemasaran burung love bird sangat bagus dari usaha rumahan dan tidak ribet memeliharanya. Hal ini didasri juga dengan factor atau kebatasan orang yang memiliki usaha budidaya lovebird. Oleh sebab itu menurut kami peluang ini dalam membuka usaha budidaya love bird.


Apa saja kelebihan maupun kelemahan dari usaha budidaya lovebird?

  • Kelebihan

Usaha budidaya lovebird salah satu usaha yang menghasilkan omset dengan keuntungan yang cukup besar. Saelain itu menjalakan usaha ini tidak begitu rumit atau tidak mengganggu kegiatan sehari hari

  • Kelemahan

Dalam merawat lovebird harus menjaga kebersihan kandanganya biar supaya tidak terjadi penyakit buat lovebird atau buat kita yang memeliharanya. Dan setiap pagi love bird harus di jemur


Mengapa memilih budidaya lovebird?

  • Kami memilih usaha budidaya lovebird :
  1. Prospek atau peluang usaha ini cukuo besar untuk dikembangkan
  2. Dapat memberikan pendapatan/keuntungan yang cukup besar
  3. Permintaan lovebird tiap bulannya selalu meningkat
  4. Pemeliharaannya tidak begitu sulit
  5. Tidak memerlukan modal besar
  6. Tidak membutuhkan tenaga begitu banyak
  7. Peluang pasar yang besar untuk dipasarkan
  8. Dapat membuka lapang kerja bagi orang lain

Dimana saja yang bisa dibuat tempat budidaya lovebird?

  • Cukup menyedikan kandang yang lumayan besar buat lovebird
  • Ruangan yang terjangkau dengan panas matahari

Bagaimana cara melakukan budidaya love bird sehingga menghasilkan lovebird yang bagus?

  • Siapkan sangkar lovebird

Siapakan kawat ram atau sangkar logam ukuran 50x 50x50cmbisa ditempati sepasang lovebird. Jangan lupa menyiapkan kotak bersarang burung yang terbuat dari kayu ukuran 25x20x25cm dan bertengger.


Artikel Terkait : Cara Merawat Burung Ciblek


  • Memilih jantan dan betina lovebird

Terdapat banyak jenis burung love bird yang beredar di Indonesia contohnya seperti fisher lovebird, lovebird mawar, dan lovebird leher kuning.masing masing jenis lovebird tsebut bersifat not –sexually dimorphic.


Artinya antara pejantan dan betina memiliki bentuk sifat yang sama oleh karena itu bentuk teknik khusus dan pengalaman untuk membedakan antara jantan dan betina. Cirinya adalah jika kira kiara 2minggu setelah kawin lovebird bertelur 6 telur kemungkinan besar lovebird tsb betina semua .


  • Perhatikan usia produksi

Love bird bisa bertelur pada usia 8 bulan. Namun usia tersebutb kurang baik untuk produktifitas love bird. Pada usia 8 bulan love bird belum benar benar matang untuk berproduksi, sehingga sering terjadi kegagalan dalm penestasan.

Kalaupun berhasil kemungkinannya sangat kecil dan kualitas love bird yang dihasilkan biasanya kurang bagus. Untuk usia yang bagus yaitu usia 1 tahun, pada usia tersebut lovebird benar benar sudah siap produksi.


  • Penjodohan

Untuk menjodohkan lovebird, leltakan masing- masing jantan dsn betina disangkar terpisah dan dekatkan kedua sangkar tersebut, kalau mereka selalu berdekatan maka kemungkinan besar sudah berjodoh. Proses ini biasanya memakan waktu 3-7 hari. Proses penjodohan ini bisa sangat cepat bila dilakukan saat masing masing lovebird tersebut sudah memasuki masa birahi.


  • Telur dan pengeraman

Jika lovebird sudah mulai kawin otomatis mereka akan mencari tempat untuk bertelur. Oleh karena itu, dalam kandang harus disediakan glodog sebagai kotak sarang. Siapkan pula alas pengeraman didasar glodog tersebut secara insting,biasanya lovebird mencari bahan untuk sarang. Dialam bebas, biasanya mereka mengmpulkan bebagai ranting kecil, tangkai daun, dan sebaginya.


  • Penetasan

Telur telur lovebird akan menetas setelah dierami selama 21-23 hari. Ada yang unik dari lovebird,yaitu proses penetasan telur ini bisa memakan waktu cukup lama, yaitu sekitar 24 jam. Hal ini alami dan jangan khawatir karena pada saat proses penetasan tersebut memang sedang terjadi penyusuaian didalam tubuh anak lovebird.


Rencana Pemasaran Produk Hasil Budidaya

  • Tujuan Pemasaran
  1. Mempertahankan pertumbuhan yang positif pada setiap bulannya
  2. Mencapai pendapatan yang stabil
  • Penetapan Harga

Harga untuk perekor lovebird padaumumnya dijual dengan harga 100 ribu itu yang baru menetas, kalau udah umur 1-3 bulan dengan harga 350 ribu.

  • Pasar Sasaran (Target)

Target utama yang kami tuju adalah seperti:

• Media social

1 olx
2 instragram
3 forum jual beli burung dll

• Pasar pasar burung


  • Cara Pemasaran

Cara pemasaran kami menggunakan media social yang ada saat ini .kita cukup memositing barangnya terus memunggu pembeli.


Analisa Biaya Dan Pendapatan

  • PENGELUARAN

  • Bahan-Bahan

Bahan-Bahan


  • Biaya Tetap

Biaya-tetap

  • Pendapatan

Pendapatan


Demikian penjabaran artikel diatas tentang Peluang Usaha Burung Lovebird : Analisa, Prospek, Modal, Omset semoga bermanfaat untuk pembaca setia Lahan.Co.Id