16 Usaha Budidaya Tanaman Yang Menguntungkan Saat Ini

Diposting pada

Budidaya Tanaman

Ketika berbicara tentang jenis budidaya yang menguntungkan, kita bisa merujuk pada jenis budidaya terbaik sekarang. Ini akan membuatnya lebih mudah, terutama bagi pengusaha yang masih pemula.

Sama dengan cara mengolah bawang merah pada lahan kering, ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan budidaya. Dan untuk itu kita tahu jenis budidaya yang menguntungkan dan panen cepat.

1. Tanaman Sayur Bayam

Bayam sebagai sayuran hanya dikenal di Asia Timur dan Tenggara, sehingga disebut dalam bahasa Inggris sebagai bayam Cina. Di Indonesia dan Malaysia, bayam sering disalahartikan sebagai “bayam” dalam bahasa Inggris (mungkin sebagai akibat dari terjemahan dalam kartun Popeye), meskipun namanya merujuk pada jenis sayuran daun lainnya – lihat Bayam (Spinacia).

2. Tanaman Cabai

Pada tingkat konsumen, ada dua jenis bayam sayur: bayam acar dan bayam. Bayam mengambil daun lebar dan tumbuh tegak (hingga dua meter) dan daun muda dimakan terutama sebagai sayuran segar (misalnya dalam pecel, gado-gado), salep, dan digoreng setelah dilapisi dengan tepung. Daun bayam lebih kecil dan ditanam dalam waktu singkat (paling banyak 25 hari), lebih cocok untuk membuat sup encer seperti sayur bayam.

Tanaman cabai cocok untuk ditanam di tanah yang kaya akan humus, longgar dan bersarang, dan tidak banjir; PH tanah ideal sekitar 5-6. Waktu tanam yang baik untuk lahan kering adalah pada akhir musim hujan (Maret-April). Untuk mendapatkan harga cabai tinggi, bisa juga dilakukan pada Oktober dan panen pada Desember, meski ada risiko gagal. Tanaman cabai diperbanyak melalui biji yang tumbuh dari tanaman yang sehat dan bebas dari hama dan penyakit. Buah cabai yang dipilih untuk biji dikeringkan di bawah sinar matahari sampai kering. Jika panasnya cukup dalam lima hari, itu kering dan kemudian diambil bijinya: Untuk satu hektar, diperlukan 2-3 kg cabai (300-500 gr biji).

3. Tanaman Kangkung

Ada dua bentuk kangkung yang dijual di pasaran. Yang pertama adalah daun tebal dan panah berbentuk kangkung, panjang 10-15 cm. Tanaman ini memiliki batang berlubang yang menyebar dengan daun berselang dan batang tegak di pangkal daun. Tanaman ini berwarna hijau pucat dan menghasilkan bunga putih, yang menghasilkan tas berisi empat biji. Tipe kedua adalah dengan daun sempit memanjang, biasanya disusun dalam tiga puncak.

Kangkung merupakan suatu tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran yang ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair.

4. Sayur Timun

Mentimun, timun adalah tanaman yang menghasilkan buah yang bisa dimakan. Buah biasanya dipanen ketika tidak dimasak dengan benar untuk membuat sayuran atau penyegar, tergantung pada jenisnya. Ketimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki sejumlah besar air di dalamnya sehingga berfungsi dengan nyaman. Irisan mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah dan banyak yang dipercaya bisa mengurangi tekanan darah tinggi.

Buahnya hijau ketika muda dengan garis putih kekuningan. Semakin matang warna luar buah berubah menjadi hijau pucat menjadi putih. Bentuk buahnya memanjang seperti torpedo. Daging buah berkembang dari mesocarp, kuning pucat menjadi oranye terang. Buah dipanen ketika masih setengah matang dan benih tidak matang secara fisiologis. Buah matang biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam.

5. Sayur Caisim

Tanaman ini mudah dibudidayakan di daerah tropis, meskipun berasal dari daerah subtropis Cina selatan.

Sebagai sesama sayuran daun, sawi hijau terkadang dikacaukan dengan mustard atau sendok kailan. Green Mustard berbeda dari sendok mustard (pakcoy), yang ukurannya lebih kecil dan memiliki batang yang luas (tidak besar). Mustard hijau juga tidak sama dengan kailan, yang daunnya lebih kaku dan cenderung tidak terlihat seperti tanaman.

6. Sayur Pare

Peria atau pare merupakan tanaman merambat yang berasal dari wilayah Asia Tropis, utamanya bagian barat India, yaitu Assam dan Burma. Suku Labu atau Cucurbitaceae, anggota ini biasanya dibudidayakan untuk digunakan sebagai sayuran dan bahan obat. Nama Momordica yang melekat pada nama binomial berarti “gigitan” yang menunjukkan tampilan tepi daun bergerigi yang menyerupai bekas gigitan.

Pare umumnya pada daerah tropis. . Tumbuh baik di dataran rendah dan dapat ditemukan di lahan yang ditinggalkan, ditanam atau diproses di halaman atau perkarangan rumah. Tanaman ini tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari sehingga dapat tumbuh subur di tempat yang agak terlindungi. Biji peria diambil dari buah-buahan yang cukup matang. Setelah itu, semai dalam ukuran polipot 8-12 cm, isi dengan tanah yang baik. Setelah itu, bijinya 2-3 biji. Tanah harus selalu lembab, sampai tunas tumbuh. Jika daun muncul sebanyak 2-4 lembar, tinggalkan satu dan lepaskan yang lain. Letakkan di tanah, dan siram dengan air yang cukup, dan tutupi dengan kulit.

7. Sayur Tomat

Tomat adalah tanaman dengan siklus hidup pendek, bisa tumbuh setinggi 1 hingga 3 meter. Tanaman ini memiliki buah hijau, kuning dan merah yang biasa digunakan sebagai sayuran di atas piring atau dimakan langsung tanpa diproses. Tomat mempunyai batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih merupakan keluarga dengan kentang dan terong yang mengandung alkaloid.

Cara budidaya tanaman ini dengan disemai lebih dahulu, setelah tumbuh 4 daun sejati kemudian ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu). Panen dimulai usia 9 minggu setelah tanam selanjutnya setiap 5 hari.

8. Tanaman Paprika

Paprika merupakan tanaman penghasil buah yang rasanya manis dan sedikit pedas dari suku terong-terongan atau Solanaceae). Buah-buahan yang berwarna hijau, kuning, merah, atau ungu sering digunakan sebagai campuran salad. Dalam pengertian internasional, paprika digunakan untuk mengekspresikan hampir semua varietas C. annuum, termasuk yang pedas. Nama-nama tertentu, seperti pepperoni, diberikan kepada paprika dengan penampilan, penggunaan, atau rasa yang berbeda.

Tanaman paprika berasal dari Amerika Selatan, saat ini tersebar luas dan dibudidayakan di hampir semua daerah tropika dan subtropika.

Tanaman paprika umumnya tumbuh setinggi 50 cm – 150 cm. Tanaman ini dapat cocok di berbagai iklim dan dapat tumbuh di berbagai belahan dunia. Untuk budidaya dengan hidroponika tinggi bisa mencapai 3- 4m. Ditanam Didaerah pegunungan dengan suhu minstra.

Tanaman paprika biasanya tumbuh setinggi 50 cm – 150 cm. Paprika bisa cocok di berbagai iklim dan dapat tumbuh di berbagai belahan dunia. Untuk budidaya dengan hidroponik tinggi bisa mencapai 3-4 m. Ditanam pada daerah pegunungan dengan suhu minimum.

9. Tumbuhan Jagung Manis

Jagung manis merupakan satu kelompok penanaman / kultivar yang cukup penting secara komersial, setelah jagung biasa (juga biasa disebut jagung ladang). Kelebihannya ialah kandungan gula (terutama sukrosa) yang tinggi saat dipanen. Pemanenan untuk produksi selalu dilakukan ketika muda (tahap “memasak susu”, sekitar 18-22 hari setelah penyerbukan terjadi).

Rasa manis saat panen terjadi karena jagung ini memiliki mutasi pada satu atau beberapa gen yang mengatur pembentukan rantai polisakarida, sehingga butiran jagung gagal membentuk jumlah pati yang cukup. Sebagai akibat dari kegagalan ini, ketika biji-bijian mengering itu akan kusut.

10. Sayur Kacang Panjang

Kacang panjang merupakan tumbuhan yang dijadikan sayur atau lalapan. Ia tumbuh dengan cara memanjat atau melilit. Bagian yang dijadikan sayur atau lalapan adalah buah yang masih muda dan serat-seratnya masih lunak, kacang panjang ini mudah didapati di kawasan panas di Asia. Daunnya disebut dengan lembayung dan dapat dijadikan sayuran hijau.

Cara menanam tanaman kacang panjang adalah tanam langsung dengan memasukan 2-3 biji kedalam lubang sedalam 1- 2 cm kemudian ditimbun tanah, berbunga pada umur 30 hari dan mulai panen umur 45 hari.

11. Tanaman Selada

Lactuca sativa, satu-satunya jenis Lactuca yang didomestikasi, merupakan tumbuhan asli lembah dari bagian timur Laut Tengah. Bukti lukisan pada pemakaman Mesir kuno menunjukkan bahwa selada yang tidak membentuk “kepala” telah ditanam sejak 4500 SM. Awalnya, tanaman ini mungkn digunakan sebagai obat, dan untuk minyak-bijinya yang dapat dimakan. Beberapa ras lokal selada, diketahui digunakan untuk diambil minyak-bijinya. Tipe selada liar sering memiliki daun dan batang yang berduri, tidak membentuk kepala dan daunnya berasa pahit, serta mengandung banyak getah.

Pemuliaan tanaman ini mungkin ditekankan untuk memperoleh tanaman yang tidak berduri, lambat berbunga, berbiji besar dan tidak menyebar, tidak bergetah, dan tidak pahit. Aspek lain meliputi tunas liar lebih sedikit, daun lebar dan besar, dan membentuk kepala. Selada yang membentuk kepala adalah tanaman yang dibudidayakan agak lebih kini, yang pertama kali dinamakan sebagai “selada kubis” pada tahun 1543.

Ada empat kelompok budidaya selada:

  1. capitata, selada kepala renyah (crisphead, iceberg) dan kepala
  2. mentega (butterhead)
  3. longifolia, selada cos (romaine)
  4. crispa, selada daun longgar
  5. asparagina, selada batang

12. Tanaman Seledri

Seledri adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Di Indonesia tumbuhan ini diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan digunakan daunnya untuk menyedapkan sup atau sebagai lalap. Penggunaan seledri paling lengkap adalah di Eropa: daun, tangkai daun, buah, dan umbinya semua dimanfaatkan.

Seledri adalah tumbuhan serbaguna, terutama sebagai sayuran dan obat-obatan. Sebagai sayuran, daun, tangkai daun, dan umbi sebagai campuran sup. Daun juga dipakai sebagai lalap, atau dipotong kecil-kecil lalu ditaburkan di atas sup bakso, soto, macam-macam sup lainnya, atau juga bubur ayam.

13. Buah Pisang

Seledri (terutama buahnya) sebagai bahan obat telah disebut-sebut oleh Dioskurides serta Theoprastus dari masa Yunani Klasik dan Romawi sebagai “penyejuk perut”. Veleslavin (1596) memperingatkan agar tidak mengonsumsi seledri terlalu banyak karena dapat mengurangi air susu. Seledri disebut-sebut sebagai sayuran anti-hipertensi. Fungsi lainnya adalah sebagai peluruh (diuretika), anti reumatik serta pembangkit nafsu makan (karminativa). Umbinya memliki khasiat yang mirip dengan daun tetapi digunakan pula sebagai afrodisiaka (pembangkit gairah seksual).

Pusat keragaman utama pisang terletak di daerah Malesia (Asia Tenggara, Papua dan Australia tropika). Pusat keragaman minor juga terdapat di Afrika tropis. Tumbuhan ini menyukai iklim tropis panas dan lembap, terutama di dataran rendah. Di daerah dengan hujan merata sepanjang tahun, produksi pisang dapat berlangsung tanpa mengenal musim. Indonesia, Kepulauan Pasifik, negara-negara Amerika Tengah, dan Brasil dikenal sebagai negara utama pengekspor pisang. Masyarakat di negara-negara Afrika dan Amerika Latin dikenal sangat tinggi mengonsumsi pisang setiap tahunnya.

Pisang budidaya pada masa sekarang dianggap merupakan keturunan dari Musa acuminata yang diploid dan tumbuh liar. Genom yang disumbangkan diberi simbol A. Persilangan alami dengan Musa balbisiana memasukkan genom baru, disebut B, dan menyebabkan bervariasinya jenis-jenis pisang. Pengaruh genom B terutama terlihat pada kandungan tepung pada buah yang lebih tinggi. Secara umum, genom A menyumbang karakter ke arah buah meja (banana), sementara genom B ke arah buah pisang olah/masak (plantain). Hibrida M. acuminata dengan M. balbisiana ini dikenal sebagai M. ×paradisiaca. Khusus untuk Kelompok AAB, nama Musa sapientum pernah digunakan.

14. Sayur Buncis

Buncis adalah sayur yang kaya dengan protein dan vitamin ini membantu menurunkan tekanan darah serta mengawal metabolisme gula dalam darah dan amat sesuai dimakan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes atau hipertensi. Kandungan serat dan enzim yang tinggi dapat membantu penurunan berat badan.

Cara menanam tanaman buncis adalah tanam langsung dengan memasukan 2-3 biji kedalam lubang sedalam 1- 2 cm kemudian ditimbun tanah, panen biasanya sudah bisa dilakukan setelah 60 hari atau polong kacang sudah cocok disayur.

Kacang buncis tumbuh melilit, mempunyai akar tunggang dan sisi yang panjang dan memerlukan tiang untuk memanjat.

15. Tanaman Herbal

Herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan. Dengan kata lain, semua jenis tanaman yang mengandung bahan atau zat aktif yang berguna untuk pengobatan bisa digolongkan sebagai herbal. Herbal kadang disebut juga sebagai tanaman obat, sehingga dalam perkembangannya dimasukkan sebagai salah satu bentuk pengobatan alternatif.

Obat herbal adalah obat yang bersifat organik atau alami, sama seperti tubuh kita. Obat herbal murni diambil dari saripati tumbuhan yang mempunyai manfaat untuk pengobatan, tanpa ada campuran bahan kimia buatan (sintetis) dan tanpa campuran hewan. Obat Herbal harus berasal dari tumbuhan (nabati) misalnya jahe, temulawak, kunyit, bawang putih, ginseng dan lain-lain. Jika suatu obat telah mengandung hewan maka ia tidak dapat disebut sebagai herbal lagi, melainkan masuk dalam katagori Obat Tradisional / Jamu yang masih dapat bercampur dengan bahan-bahan yang berasal dari hewan seperti telur atau tripang.

Pada jaman sekarang, dengan berkembangnya teknologi kedokteran yang semakin pesat dan banyaknya riset penelitian berkaitan dengan obat-obatan, maka semakin membuka mata kita bahwa ternyata alam secara alami telah menyediakan obat yang berkhasiat untuk berbagai penyakit (sesuai dengan khasiat tanaman obat yang dikenal secara empiris atau secara penelitian). Di Indonesia yang kekayaan hayatinya berlimpah ruah, obat-obatan herbal tidaklah sulit dicari.

16. Budidaya Bunga Hias

Ada beberapa jenis bunga hias yang sangat mudah dibudidayakan dan juga berumur singkat. Kita ketahui bahwasanya tanaman hias jenis bunga sudah bisa dijual jika memiliki putik bunga atau bahkan sebelum berputik. Karena memang bunga hias bisa di jual sepanjang masa. Jadi ini merupakan salah satu jenis budaya tanaman yang mudah menghasilkan uang.

Baca Juga:

Demikian Penjelasan Artikel Diatas Tentang 16 Usaha Budidaya Tanaman Yang Menguntungkan Saat Ini Dan Mudah Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca Setia Lahan.Co.Id

16 Usaha Budidaya Tanaman Yang Menguntungkan Saat Ini
5 (100%) 5 vote[s]