Jenis-Jenis Ikan Mas

Diposting pada

Deskripsi Ikan Mas

Ikan mas termasuk famili Cyprinidae yang mempunyai ciri-ciri umum, badan ikan mas berbentuk memanjang dan sedikit pipih ke samping (Compresed) dan mulutnya terletak di ujung tengah (terminal) dan dapat di sembulka, di bagian mulut di hiasi dua pasang sungut, yang kadang-kadang satu pasang di antaranya kurang sempurna dan warna badan sangat beragam.


Bentuk tubuh ikan mas agak memanjang dan memipih tegak (comprossed). Mulutnya terletak di bagian tengah ujung kepala (terminal) dan dapat disembulkan (protaktil). Di bagian anterior mulut terdapat dua pasang sungut. Di ujung dalam mulut terdapat gigi kerongkongan (pharyngeal teeth) yang terbentuk atas tiga baris gigi geraham.Secara umum hampir seluruh tubuh ikan mas ditutupi sisik kecuali pada beberapavarietas yang hanya memiliki sedikit sisik. sisik ikan mas berukuran besar dan digolongkan ke dalam sisik tipe sikloid (lingkaran).

Jenis-Jenis-Ikan-Mas


sirip punggungnya (dorsal) memanjang dengan bagian belakang berjarikeras dan di bagian akhir (sirip ketiga dan keempat) bergerigi. Letak sirip punggung berseberangan dengan permukaan sisip perut (ventral).


Sirip duburnya (anal) mempunyai ciri seperti sirip punggung, yaitu berjari keras dan bagian akhirnya bergerigi. garis rusuknya (linea lateralis atau gurat sisi) tergolong lengkap, berada di pertengahan tubuh dengan bentuk melintang dari tutup insang sampai ke ujung belakang pangkal ekor.


Artikel Lain : Ikan Mas Hias


Klasifikasi Ikan Mas

Kingdom    : Animalia

Filum         : Chordata

Kelas         : Actinopterygii

Ordo          : Cypriniformes

Family       : cyprinidae

Genus        : Cyprinus

Spesies       : Cyprinus carpio L.


Sistem Reproduksi

Ikan Mas merupakan kelompok hewan teleostei, ikan betina dan ikan jantan tidak memiliki alat kelamin luar. Ikan betina tidak mengeluarkan telur yang bercangkang, namun mengeluarkan ovum yang tidak akan berkembang lebih lanjut apabila tidak dibuahi oleh sperma. Ovum tersebut dikeluarkan dari ovarium melalui oviduk dan dikeluarkan melalui kloaka. Saat akan bertelur, ikan betina mencari tempat yang rimbun olehtumbuhan air atau diantara bebatuan di dalam air.


Bersamaan dengan itu, ikan jantan juga mengeluarkan sperma dar testis yang disalurkan melalui saluran urogenital (saluran kemih sekaligus saluran sperma) dan keluar melalui kloaka, sehingga terjadifertilisasi di dalam air (fertilisasi eksternal). Peristiwa ini terus berlangsung sampai ratusan ovum yang dibuahi melekat pada tumbuhan air atau pada celah-celah batu.Telur-telur yang telah dibuahi tampak seperti bulatan-bulatan kecil berwarna putih. Telur-telur ini akan menetas dalam waktu 24 – 40 jam.


Anak ikan yang baru menetas akan mendapat makanan pertamanya dari sisa kuning telurnya, yang tampak seperti gumpalan di dalam perutnya yang masih jernih. Dari sedemikian banyaknya anak ikan, hanya beberapa saja yang dapat bertahan hidup.


Sistem Ekskresi

Sistem ekskresi dari ikan mas terdiri atas swim bladder (kandung kemih). System ekskresi dari ikan mas terdiri atas 2 ginjal yang terjadi dari mesonephros , ureter yang terjadi dari ductus mesonephridicus, vesica urinaria, dan sinus urogenitalis.Sistem ekresi ikan mas seperti juga vertebrata lain, mempunyai banyak fungsi antara lain untuk regulasi kadar air tubuh, menjagah keseimbangan garam dan mengeliminasi sisa nitrogen hasil dari metabolisme protein.


Artikel Lain : Resep Umpan Ikan Mas Juara


  • Ciri-ciri sistem Ekskresi :
  1. Insang yang mengeluarkan CO2 dan H2O

  2. Kulit : kelenjar kulitnya mengeluarkan lendir sehingga tubuhnya licin untuk memudahkan gerak di dalam air.

  3. Sepasang ginjal (sebagian besar) yang mengeluarkan urine.


Sistem Respirasi

 Insang dimiliki oleh jenis ikan mas Insang.insang berbentuk lembaran-lembaran tipis berwarna merah muda dan selalu lembap. Bagian terluar dare insang berhubungan dengan air, sedangkan bagian dalam berhubungan erat dengan kapiler-kapiler darah.


Tiap lembaran insang terdiri dare sepasangfilamendan tiap filamen mengandung banyak lapisan tipis (lamela). Pada filamen terdapat pembuluh darah yang memiliki banyak kapiler sehingga memungkinkan O2 berdifusi masuk dan CO2 berdifusi keluar. Insang pada ikan bertulang sejati ditutupi oleh tutup insang yang disebut operkulumsedangkan insang pada ikan bertulang rawan tidak ditutupi oleh operkulum.


Insang tidak saja berfungsi sebagai alat pernapasan tetapi dapat pula berfungsi sebagai alat ekskresi garam-garam, penyaring makanan, alat pertukaran ion, dan osmoregulator. Beberapa jenis ikan mempunyai labrin yang merupakan perluasan ke atas dari insang dan membentuk lipatan-lipatan sehingga merupakan rongga-rongga tidak teratur.


Labirin ini berfungsi menyimpan cadangan 02 sehingga ikan tahan pada kondisi yang kekurangan 02. Contoh ikan yang mempunyai labirin adalah: ikan gabus dan ikan lele. Untuk menyimpan cadangan 02, selain dengan labirin, ikan mempunyai gelembung renang yang terletak di dekat punggung.


Mekanisme pernapasan pada ikan melalui 2 tahap, yakni inspirasi dan ekspirasi. Pada fase inspirasi, 02 dari air masuk ke dalam insang kemudian 02 diikat oleh kapiler darah untuk dibawa ke jaringan-jaringan yang membutuhkan. Sebaliknya pada fase ekspirasi, C02 yang dibawa oleh darah dari jaringan akan bermuara ke insang dan dari insang diekskresikan keluar tubuh.


Selain dimiliki oleh ikan, insang juga dimiliki oleh katak pada fase berudu, yaitu insang luar. Hewan yang memiliki insang luar sepanjang hidupnya adalah salamander.


Artikel Lain : 7 Cara Pemasaran Ikan Lele Bagi Pemula Yang Menguntungkan


Habitat Ikan Mas

Ikan mas menyukai tempat hidup (habitat) di perairan tawar yang airnya tidak terlalu dalam dan alirannya tidak terlalu deras, seperti di pinggiran sungai atau danau. Ikan mas dapat hidup baik di daerah dengan ketinggian 150–600 meter di atas permukaan air laut dan pada suhu 25-30° C.


Ikan mas tergolong jenis omnivora, yakni ikan yang dapat memangsa berbagai jenis makanan, baik yang berasal dari tumbuhan maupun binatang renik. Namun, makanan utamanya adalah tumbuhan dan binatang yang terdapat di dasar dan tepi perairan.


Perbedaan antara Jantan dan Betina

  1. Ikan mas jantan

Umur minimum 8 bulan dengan berat berkisar 0,5 kg/ekor.

Ikan masa jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan ikan mas betina. Postur badannya pun cenderung datar dan tidak begitu gemuk dengan warna kulit yang cerah. Perilaku ikan mas jantan juga sangat lincah bergerak ke seluruh area kolam. Apabila bagian dubur ikan penjantan ini ditekan, maka akan mengeluarkan sperma yang berwarna keputih-putihan

  1. Ikan mas betina

Umur antara 1,5-2 tahun dengan berat berkisar 2 kg/ekor.

Postur tubuh ikan mas betina terlihat membulat dengan bagian perut yang cukup gemuk. Ukurannya pun lebih besar daripada ikan penjantan meski usiannya  tidak berselisih jauh. Ikan mas betina akan berperilaku pasif pada siang hari, tetapi kerap melompat-lompat diatar air ketika malam tiba. jikalau bagian dubur ikan mas betina ini diurut perlahan. Maka yang keluar adalah kotoran berwarna kekuning-kuningan.


Artikel Lain : Gambar Ikan Marlin 


Jenis-Jenis Ikan Mas

Ikan Mas konsumsi

  1. Ikan Mas Punten

Ikan-Mas-Punten

Ras ini dikembangkan pertama kali pada tahun 1933 di Desa Punten, malang,jawa timur. Tubuhnya relatif pendek, tetapi bagian punggungnya lebar dan tinggi. Karena itu, bentuk badan ikan mas punten terkesan membuntak atau bulat pendek.


  1. Ikan Mas Sinyonya atau Putri Yogya

Ikan-Mas-Sinyonya

Tidak diketahui pasti asal-usul nama ikan jenis ini. Beberapa orang menyebutkan, ikan mas ini mudah sekali bertelur sehingga disebut sinyonya. Bentuk tubuhnya memanjang (long bodied form) dan punggungnya lebih rendah dibandingkan dengan ikan mas punten.


Artikel Lain : Ciri-Ciri Ikan Lele


  1. Ikan Mas Taiwan

Ikan-Mas-Taiwan

 Ikan mas taiwan memiliki bentuk badan yang memanjang dan bentuk punggung seperti busur agak membulat. Sisiknya berwarna hijau kekuningan hingga kuning kemerahan di tepi sirip dubur dan di bawah sirip ekor. Ikan mas taiwan sangat responsif terhadap makanan sehingga akan saling berebut ketika diberi pakan.


  1. Ikan Mas Merah

Ikan-Mas-Merah

 Ciri khas dari ikan mas ini adalah sisiknya yang berwarna merah keemasan. Gerakannya aktif, tidak jinak, dan paling suka mengaduk-aduk dasar kolam. Bentuk badannya relatif memanjang. Dibandingkan dengan ras sinyonya, posisi punggungnya relatif lebih rendah dan tidak lancip. Matanya agak menonjol.


  1. Ikan Mas Majalaya

Ikan-Mas-Majalaya

 Sesuai dengan namanya, ikan mas ini berkembang pertama kali di daerah majalaya, kabupaten Bandung,Jawa Barat. Ukuran badannya relatif pendek dan punggungnya lebih membungkuk dan lancip dibandingkan dengan ras ikan mas lainnya.


Artikel Lain : Ikan Mola Air Tawar


Ikan Mas Hias

  1. Ikan Mas Kumpay

Ikan-Mas-Kumpay

Ciri yang menonjol dari ikan mas kumpay adalah semua siripnya panjang dan berumbai sehingga tampak indah ketika sedang bergerak. Warna sisiknya sangat bervariasi, ada yang putih, kuning, merah, dan hijau gelap. Bentuk badannya memanjang seperti ikan mas sinyonya. Pertumbuhannya tergolong lambat. Kadang-kadang, ikan mas ini juga dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi.


  1. Ikan Mas Koi

Ikan-Mas-Koi

Ikan mas koi atau yang lebih populer disebut koi (saja) ini berasal dari jepang. Mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1980. Bentuk badannya bulat memanjang. Warna sisiknya beragam, ada putih, kuning, merah menyala, hitam, atau kombinasi dari warna-warna tersebut.


Artikel Lain : Ikan Kerapu


Peranan Ikan Mas bagi Kehidupan

Ikan mas sangat berperan penting bagi kehidupan manusia, karena Ikan mas atau Ikan karper (Cyprinus carpio) salah satu protein bagi manusia . Ikan mas merupakan  ikan air tawaryang bernilai ekonomis penting dan sudah tersebar luasdi Indonesia. Di Indonesia ikan mas banyak di budidayakan karena memelihara ikan mas sangat mudah dan memiliki nilai ekonomi yang cukup menguntungkan.


Demikian penjelasan artikel diatas tentang Jenis-Jenis Ikan Mas – Komet, Sinyonya, Punten, Majalaya, Taiwan semoga bisa bermanfaat bagi pembaca setia Lahan.Co.Id