Jenis Ikan Koi

Diposting pada

Pengenalan Ikan Koi (Cyprinus Carpio)

[ Lengkap ] Jenis Ikan Koi – Lokal, Blitar, Goshiki Dan GambarMengenal lebih dekat dan lebih dalam ikan koi sebagai salah satu sarana hiburan atau kesenangan yang dipelihara oleh orang perorangan disetiap rumah. Namun tidak terlepas oleh ikan koi ini dapat dipakai sebagai sarana usaha atau bisnis.


Ikan koi berasal dari Jepang, melalui rekayasa genetika untuk menciptakan berbagai jenis varietas ikan koi. Di Jepang, ikan koi sudah merupakan bahagian dari industri untuk pengiriman ke negara-negara lain termasuk Indonesia.  Ikan koi dipelihara dan digemari oleh setiap orang karena mempunyai nilai-nilai keistimewaan tersendiri sehingga dapat menjadi daya tarik para peminatnya.


Untuk lebih mengenal ikan koi tidak serta merta dapat mengetahui bagaimana menilai keindahan ikan koi, kecuali kita telah memelihara agak lama dan sering berkonsultasi kepada senior ataupun orang yang telah lama memelihara ikan koi sehingga kita mendapatkan informasi yang benar.  Selain sebagai ikan peliharaan dapat juga dijadikan sebagai usaha atau bisnis dengan mengingat hamparan lahan di Sulawesi Selatan cukup dapat menunjang untuk usaha budidaya dan bisnis ikan koi.

Jenis-Ikan-Koi


Begitu pesatnya  laju pertumbuhan dan perkembangan  ikan koi di tingkat dunia, kita di Indonesia masih sedikit yang meminati ataupun yang menggeluti usaha bisnis ikan koi. Ini semua disebabkan karena kurangnya informasi atau pengetahuan tentang ikan koi secara detail dan sekaligus tidak mengetahui prospeknya kedepan. Sedangkan usaha atau bisnis ikan koi merupakan sumber pendapatan  yang sangat menguntungkan.


Adapun informasi dapat diperoleh melalui pembelian buku cetak atau melalui internet, karena koi begitu disenangi diseluruh dunia.  Mudah-mudahan saja pemerintah melalui dinas Perikanan dan Kelautan dapat senantiasa mengadakan seminar ataupun penyuluhan, baik penyuluhan ditingkat provinsi maupun tingkat daerah, sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi yang benar.


Baca Artikel Terkait : Cara Memelihara Ikan Koi


Jenis Ikan Koi

Bagaimana tentang ikan koi secara detail baik masalah pemeliharaan maupun perkembangan para peminatnya dan system pemasaran secara global dan mendunia, sehingga sangat membantu para pemuda dan pemudi (remaja) kita yang mempunyai keinginan berwirausaha atau berbisnis ikan koi, mengingat kebanyakan remaja-remaja di daerah sebagian besar berlatar belakang pendidikan yang sangat rendah ( tingkat SLTA kebawah), sehingga untuk dapat kesempatan kerja sangat sulit.


Oleh karena itu ini adalah suatu kesempatan membuka peluang kerja atau bisnis dan wirausaha, sedangkan hamparan lahan untuk usaha atau bisnis ikan koi di Sulawesi selatan sangat mendukung mengingat sumber-sumber air dari gunung tidak pernah berhenti mengalir sepanjang masa dan ini semua sebagai salah satu penunjang usaha pemeliharaan dan bisnis ikan koi di Sulawesi Selatan.


Artikel Lainnya : Budidaya Ikan Kerapu


Ikan Koi Kohaku

Ikan-Koi-Kohaku

Kohaku merupakan jenis ikan koi yang paling tua dan paling terkenal diantara jenis ikan koi lainnya.Kohaku ini memiliki warna dasar putih solid yang dilapisi dengan warna merah.Kohaku yang berkualitas adalah kohaku yang memiliki warna yang cerah, warna dasar ikan tidak terdapat bercak noda, warna merahnya cerah, dan pola kombinasi warna putih dan merah disepanjang tubuhnya. Variasi dari ikan koi kohaku adalah Kohaku Doitsu, Kohaku Gin Rin, Kohaku Maruten, dan Kohaku Tancho.


Ikan Koi Sanke Taisho

Ikan-Koi-Sanke-Taisho

Sanke Taisho atau biasa disebut Sanke merupakan salah satu jenis ikan koi yang memiliki warna dasar putih yang dikombinasikan dengan pola warna merah dan hitam.Ikan koi Sanke dikatakan berkualitas jika ikan ini memiliki pola warna seperti Kohaku, namun terdapat warna pelengkap yaitu warna hitam. Variasi dari ikan koi Sanke ini antara lain: Sanke Doitsu, Sanke Maruten, Sanke Tancho, dan Sanke Gin Rin Sanke.


Ikan Koi Showa Sanshoku

Ikan-Koi-Showa-Sanshoku

Showa Sanshoku, lebih dikenal dengan nama Showa, merupakan salah satu jenis ikan koi yang memiliki kombinasi warna dasar merah dan putih yang dilengkapi dengan warna hitam diatasnya. Kombinasi warna tersebut memiliki kesamaan dengan jenis ikan koi Sanke, sehingga hal ini menyulitkan kita untuk membedakan antara kedua jenis ikan koi tersebut jika kita belum mengetahui secara detail mengenai kedua jenis ikan koi tersebut.


Hal yang membedakan antara ikan koi Showa dengan ikan koi Sanke adalah pola kombinasi warnanya. Ikan koi Showa memiliki pola warna hitam disepanjang tubuh, sedangkan Sanke hanya terdapat diatas tubuh, dan lebih penting untuk dapat membedakan antara keduanya adalah Showa memiliki pola warna hitam di atas kepalanya, sedangkan ikan koi Sanke tidak. Variasi ikan Showa antara lain adalah Showa Tancho, Showa Maruten, Showa Gin Rin, Showa Doitsu, dan Showa Kin.


Ikan Koi Tancho

Ikan-Koi-Tancho

Tancho merupakan jenis ikan koi yang paling populer di kalangan para pecinta ikan koi, bahkan kepopuleran Tancho mengalahkan kepopuleran Kohaku.Ikan Tancho memiliki warna dasar putih yang dihiasi dengan pola atau tancho warna merah di kepalanya.Simetri dan penempatan pola warna merah di kepalanya menentukan kualitas ikan ini. Variasi dari Tancho ini adalah Tancho Gin Rin, Tancho Rin, dan Doitsu Tancho.


Ikan Koi Shiro Utsuri

Ikan-Koi-Shiro-Utsuri

Shiro Utsuri merupakan jenis ikan koi yang memiliki warna dasar hitam yang dilapisi dengan warna putih.Shiro Utsuri dikatakan berkualitas jika gabungan warna tersebut terdapat di bagian kepala ikan.Jadi, warna di bagia kepala ikan harus berwarna hitam dan putih. Variasi ikan koi Shiro Utsuri ini antara lain: Shiro Utsuri Gin Rin, Shiro Utsuri Gin, dan Shiro Utsuri Doitsu.


Ikan Koi Hi Utsuri

Ikan-Koi-Hi-Utsuri

Hi Utsuri merupakan jenis ikan koi yang memiliki warna dasar hitam yang dikombinasikan dengan warna merah atau orange. Hi Utsuri biasanya memiliki warna orange pada saat usianya masih muda dan warna tersebut akan berubah menjadi merah cerah jika ikan sudah dewasa.

Variasi dari Hi Utsuri antara lain: Hi Utsuri Gin Rin dan Hi Utsuri Doitsu.


Ikan Koi Ki Utsuri

Ikan-Koi-Ki-Utsuri

Ki Utsuri merupakan salah satu keluarga Utsuri yang paling langka.Jenis ikan ini memiliki kombinasi warna kuning dengan hitam.Kombinasi warna Ki Utsuri memiliki kesamaan kreteria dengan Shiro dan Hi Utsuri. Variasi dari Ki utsuri adalah Ki Utsuri Gin Rin dan Ki Utsuri Kin.


Artikel Lainnya : 7 Peluang Usaha Budidaya Ikan Air Tawar Yang Paling Menguntungkan


Ikan Koi Asagi

Ikan-Koi-Asagi

Asagi merupakan jenis ikan koi yang memiliki pola jaring berwarna biru di bagian atasnya.Di bagian bawah (perut ikan), insang ikan, sirip, dan tubuhnya terdapat warna merah atu orange. Pola warna merah atau orange tersebut akan berkembang atau semakin besar seiring dengan usia ikan. Variasi ikan Asogi antara lain: Asagi Gin Rin dan Hi Asagi.


Ikan Koi Shusui

Ikan-Koi-Shusui

Shusui merupakan ikan koi yang memiliki kombinasi warna seperti Asagi.Hal yang membedakan adalah pola yang terdapat di bagian atas ikan.Ikan Asagi memiliki pola seperti jaring berwana biru, sedangkan Shusui memilikipola garis di sepanjang punggung ikan.Dibagian perut, insang, dan sirip Shusui tidak terdapat perbedaan yakni terdapat pola warna merah atau orange. Variasi dari Shusui termasuk Gin Rin Shusui dan Hi Shusui.


Ikan Koi Matsuba

Ikan-Koi-Matsuba

Matsuba memiliki warna dasar yang berbeda-beda.Gin Matsuba memiliki warna dasar putih, Ki matsuba memiliki warna dasar kuning, dan aka Matsuba memiliki warna dasar merah.Namun, semua ikan koi Matsuba memiliki pola jaring di punggungnya yang berwarna biru.


Ikan Koi Orgon Platinum

Ikan-Koi-Orgon-Platinum

Orgon Platinum atau sering juga disebut dengan Orgon Purachina memiliki warna putih tanpa terdapat kombinasi warna lainnya dan warna putih jernih di bagian kepala ikan menandakan kualitas ikan tersebut. Variasi ikan koi Orgon Platinum adalah Orgon Platinum Gin Rin dan Orgon Platinum Doitsu.


Artikel Lainnya : Analisa Usaha Pembenihan Ikan Lele


Ikan Koi Ogon Yamabuki

Ikan-Koi-Ogon-Yamabuki

Ogon Yamabuki memiliki pola warna yang sama dengan keluarga ogon. Ikan ini memiliki warna kuning dan bagian kepala berwarna kuning bersih yang menandakan kualitas ikan tersebut. Variasi dari Ogon Uamabuki antara lain: Ogon Yamabuki Gin Rin dan Ogon Yamabuki Doitsu.


Ikan Koi Kujaku

Koi-Kujaku

Kujaku memiliki warna dasar putih yang dihiasi dengan pola jaring berwarna hitam dan pola merah atau orange atau kuning yang menutupi sebagian pola jaring tersebut.

Variasi dari Kujaku antara lain: Kujaku Doitsu, Kujaku Tancho, dan Kujaku Maruten.


Ikan Koi Hariwake

Ikan-Koi-Hariwake

Hariwake memiliki warna dasar putih solid yang dikombinasikan dengan pola warna merah atau orange.Warna putih yang dimiliki oleh Hariwake berbeda dengan warna putih yang dimiliki oleh Kohaku dan Sanke.Warna putih Hariwake terlihat lebih cerah dibandingkan dengan warna putih yang dimiliki oleh Kohaku dan Sanke. Variasi dari Hariwake antara lain adalah Hariwake Tancho, hariwake Gin Rin, dan Hariwake Doitsu (dikenal juga dengan nama Kikusui).


Artikel Lainnya : Umpan Ikan Bawal : Harian, Galatama, Alami, Malam Hari, Dan Kolam


Ikan Koi Tancho Kikusui

Ikan-Koi-Tancho-Kikusui

Meskipun secara teknis ikan Tancho Kikusui merupakan versi Doitsu dari Hariwake, ikan koi yang memiliki warna dasar putih dengan kombinasi warna merah atau orange ini lebih sering disebut sebagai Kikusui.Tancho Kikusui adalah satu-satunya variasi Kikusui.


Ikan Koi Kumonryu

Ikan-Koi-Kumonryu

Kumonryu merupakan salah satu jenis ikan koi yang paling menarik di antara jenis koi lainnya.Karena pola kombinasi warna bisa berubah-ubah dan pola kombinasi warna yang dimiliki adalah warna abu-abu atau putih dengan warna hitam.


Ikan Koi Kumonryu Beni

Ikan-Koi-Kumonryu-Beni

Kumonryu Beni merupakan ikan koi yang masih dalam keluarga Kumonryu. Sma halnya dengan Kumonryu, Kumonryu Beni juga memiliki keunikan yaitu pola warnanya bisa berubah-ubah sepanjang hidupnya. Namun, hal yang membedakan adalah kombinasi warna yang dimiliki antara keduanya.


Kumonryu hanya memiliki waran abu-abu atau putih dengan kombinasi warna hitam, sedangkan Kumonryu Beni memiliki kominasi warna abu-abu atau putih, hitam, dan merah.


Chagoi

Chagoi

Chagoi memiliki warna coklat atau perunggu dengan pola jaring-jaring di bagian punggungnya. Pola jaring-jaring di bagian punggungnya memiliki warna yang hampir sama dengan warna dasar ikan. Meskipun pola jaring-jaringnya memiliki warna yang hampir serupa, pola jaring tersebut masih terlihat jelas karena polanya terlihat timbul. Variasi dari Chagoi termasuk Gin Rin Chagoi dan Doitsu Chagoi.


Soragoi

Soragoi

Soragoi memiliki kesamaan dengan Chagoi, yakni terdapat pola jaring halus di bagian punggungnya.Hal yang membedakan dari keduanya adalah warna yang dimilikinya.Soragoi memiliki warna abu-abu atau perak, sedangkan Chagoi memiliki warna coklat atau perunggu. Variasi dari Soragoi termasuk Gin Rin Soragoi dan Doitsu Soragoi.


Artikel Lainnya : Jenis Ikan Air Tawar Hias


Ikan Koi Shigure Ochiba

Ikan-Koi-Shigure-Ochiba

Shigure Ochiba atau sering disebut dengan Ochiba memiliki kombinasi warna cokelat/warna perunggu-nya Chagoi dengan perak/ abu-abunya Soragoi.Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Shigure Ochiba memiliki arti daun musim gugur jatuh di atas air. Variasi dari Ochiba termasuk Ochiba Gin Rin dan Ochiba Doitsu.


Ikan Koi Goromo

Ikan-Koi-Goromo

Goromo yang, pada dasarnya, Kohaku dengan tepi biru atau hitam ditambahkan ke masing-masing skala merah. Ada tiga sub jenis Goromo: Budo Goromo memiliki tepi biru di luar timbangan yang menciptakan efek cluster anggur-seperti; Ai Goromo memiliki tepi biru hanya di bagian dalam timbangan merah; Sumi Goromo memiliki tepi hitam pada timbangan yang dapat membuat pola muncul hampir sepenuhnya hitam.


Variasi dari Goromo termasuk Tancho Goromo dan Maruten Goromo.


Ikan Koi Goshiki

Ikan-Koi-Goshiki

Goshiki adalah koi dengan dasar putih solid dengan pola hitam dan merayap biru, dan merah dan hitam overlay warna putih, hitam dan biru dasar. Goshiki diterjemahkan sebagai “lima warna”. Variasi dari Goshiki termasuk Gin Rin Goshiki dan Tancho Goshiki.


Ikan Koi Kikokuryu

Ikan-Koi-Kikokuryu

Kikokuryu merupakan ikan koi dengan dasar putih dikombinasikan dengan daerah hitam di dalam satu baris sisik, sepanjang bagian belakang luar baris, dan di kepala di sekitar mata dan hidung.Kikokuryu umumnya dianggap versi metalik Kumonryu.


Ikan Koi Kin Kikokuryu

Ikan-Koi-Kin-Kikokuryu

Kin Kikokuryu menggabungkan oranye atau kuning dengan pola hitam dan putih Kikokuryu untuk membentuk berbagai terbaru dari koi di industri.


Artikel Lainnya : Jenis Ikan Air Tawar Hias


Ikan Koi Kohaku

Ikan-Koi-Kohaku

Ikan koi Kohaku adalah jenis ikan koi yang mempunyai corak warna merah dan putih.Pola merah disebut Hi. Hi harus tebal dengan tepi yang baik. Terdapat berbagai macam perbedaan pola warna ikan koi ini.


Ada yang putus, ada yang besar dan menyapu.Ikan Koi Kohaku terbaik mempunyai pola yang tidak turun melewati mata dan seimbang serta mempunyai warna putih seperti salju dan warna merah gelap.


Ikan Koi Sanke

Ikan-Koi-Sanke

Ikan koi Sanke memiliki warna yang hampir sama dengan Kohaku yaitu warna merah dan putih. Perbedaan dari kedua jenis ikan koi ini adalah ada warna hitam disepanjang punggung ikan koi Sanke.


Ikan koi Sanke adalah persilangangan ikan koi Kohaku dengan Shiro Bekko.Ikan koi Sanke terbaik adalah koi yang tidak memiliki warna hitam di kepala.


  • Jenis Ikan Koi Showa

Jenis-Ikan-Koi-Showa

Ikan koi Showa mempunyai 3 kombinasi warna di sisiknya yaitu warna merah, hitam dan putih.Ikan koi showa adalah hasil persilangan dari ikan koi Shiro Utsuri dengan Kohaku.


Klasifikasi Ikan Koi Bekko

Klasifikasi Ikan Koi Bekko adalah ikan koi dengan pola warna hitam.

  • Jenis Ikan Koi Shiro Bekko

Ikan Koi Shiro Bekko

Ikan koi shiro bekko mempunyai warna dasar putih dengan pola warna hitam kecil-kecil.Pola hitam (Sumi) pada ikan koi Shiro Bekko harus seimbang dan mempunyai tepi tajam (Kiwa).


Jenis ikan koi Shiro Utsuri dan Shiro Bekko mempunyai kemiripan, karena pola warnanya yang sama. Perbedaan antara jenis ikan koi Shiro Bekko dan Shiro Utsuri yaitu pada Shiro Utsuri mempunyai pola warna hitam yang lebih besar hitam sedangkan pada Shiro Bekko hanya mempunyai sedikit warna hitam.


  • Jenis Ikan Koi Ki Bekko

Jenis-Ikan-Koi-Shiro-Bekko

Ikan koi ki bekko adalah jenis ikan koi yang mempunyai warna dasar kuning dengan warna hitam diatasnya.Seperti halnya ikan koi Shiro Bekko, namun warna dasarnya kuning cerah.


Pola hitam (Sumi) pada ikan koi Ki Bekko harus seimbang dan mempunyai tepi (Kiwa) tajam.Jenis ikan koi ini sulit untuk didapatkan dibandingkan dengan jenis lainnya.


  • Jenis Ikan Koi Aka Bekko

Jenis Ikan Koi Aka Bekko

Ikan koi aka bekko merupakan jenis ikan koi yang mempunyai warna dasar merah dengan pola hitam kecil-kecil di atasnya. Warna hitam mempunyai spot yang indah dan menarik.


Artikel Lainnya : Cara Merawat Ikan Cupang


Klasifikasi Ikan Koi Utsurimono

Klasifikasi Ikan Koi Utsurimono adalah ikan koi hitam dengan pola berwarna.

  • Jenis Ikan Koi Shiro Utsuri

Jenis Ikan Koi Shiro Utsuri

Ikan koi shiro utsuri adalah jenis ikan koi yang mempunyai warna hitam dan putih. Pola warna pada jenis ikan koi ini sangat menarik dan unik.


Bagian kepala ikan koi Shiro Utsuri terdiri atas warna hitam dan putih, tidak boleh hanya terdiri dari satu warna saja (hitam saja atau putih saja).Berbeda dengan ikan koi shiro bekko, shiro utsuri merupakan ikan koi dengan warna dasar hitam.


  • Jenis Ikan Koi Ki Utsuri

Jenis Ikan Koi Ki Utsuri

Ikan koi ki utsuri mempunyai warna dasar kuning dengan warna hitam di atasnya. Pola warna dan kriteria penilaiannya sama dengan ikan koi shiro utsuri, hanya warna pada Ki Utsuri adalah kuning dan hitam.


  • Jenis Ikan Koi Hi Utsuri

Jenis Ikan Koi Hi Utsuri

Ikan koi hi utsuri adalah jenis ikan koi yang mempunyai warna hitam dengan pola warna merah atau orange yang menarik dan unik. Ikan Koi Hi Utsuri biasanya memiliki warna orange ketika usia muda dan warnanya akan berubah pada saat ikan berusia dewasa.


Klasifikasi Ikan Koi Asagi

  • Jenis Ikan Koi Asagi

Jenis Ikan Koi Asagi

Ikan koi Asagi adalah jenis ikan koi yang telah cukup lama keberadaannya. Ikan koi Asagi adalah koi biru dengan perut berwarna merah, warna merah atau orange akan berkembang seiring dengan bertambahnya usia ikan.


Keindahan koi Asagi terdapat di pola yang utama adalah sisik yang terlihat seperti pola berupa jaring tipis diatas warna dasar indigo. Idealnya Asagi mempunyai kepala yang putih bersih


  • Jenis Ikan Koi Shusui

Jenis Ikan Koi Shusui

Ikan koi shusui adalah jenis ikan koi dari keluarga asagi tetapi tidak mempunyai sisik. Sisik pada ikan koi shusui hanya terdapat di bagian punggung saja. Koi shusui memiliki warna dasar putih yang ditutupi dengan warna merah atau orange lebar.Warna sisik idealnya berwarna gelap dan ada sepanjang punggung secara lengkap dan rapi.Koi Shusui mempunyai kesamaan warna seperti Asagi.


Hal yang membedakan antara Shusui dengan Asagi adalah Shusui memiliki pola garis disepanjang punggung, sedangkan Asagi memiliki pola jaring berwarna biru dipunggungnya.


Klasifikasi Ikan Koi Tancho

  • Jenis Ikan Koi Tancho Goromo

Jenis Ikan Koi Tancho Goromo

Ikan koi Tancho Goromo adalah jeni s ikan koi yang mempunyai pola bulat pada bagian kepala, yang berupa pola Goromo atau anggur.


Artikel Lainnya : Kolam Tanah Ikan Lele


  • Jenis Ikan Koi Tancho Kohaku

Jenis Ikan Koi Tancho Kohaku

Ikan koi Tancho Kohaku adalah jenis ikan koi putih dengan bulatan merah di kepala. Semakin bulat dan tajam maka akan semakin menambah keindahan ikan koi ini.


  • Jenis Ikan

    Koi Tancho Goshiki

Jenis Ikan Koi Tancho Goshiki

Jenis ikan koi tancho goshiki mempunyai warna putih dengan pola warna merah pada bagian atasnya.Selain itu, bagian kepalanya memiliki warna dasar putih kekuning-kuningan dan ada warna kehitam-hitaman pada bagian punggungnya.


  • Jenis Ikan

    Koi Tancho Kujaku

Jenis Ikan Koi Tancho Kujaku

Jenis ikan koi Tancho Kujaku mempunyai corak seperti ikan koi asagi pada badannya, corak memenuhi sisik di kedua badannya. Ciri yang menonjol dari jenis ikan koi ini adalah warna merah berbentuk bulat di kepalanya.


  • Jenis Ikan Koi Tancho Sanke

Jenis Ikan Koi Tancho Sanke

Ikan koi Tancho Sanke ini seperti tanco kujaku, tetap coraknya tidak beraturan. Ciri yang menonjol dari jenis ikan koi ini adalah warna merah berbentuk bulat di kepalanya.


Artikel Lainnya : 5 Cara Budidaya Belut Dengan Terpal Bagi Pemula Yang Menguntungkan


Demikian penjelasan artikel diatas tentang semoga dapat bermanfaat bagi pembaca setia Lahan.Co.Id