7 Bunga Yang Bisa Dimakan “Edible Flower” Dan Resepnya Lengkap

Diposting pada

Bunga Yang Bisa Dimakan Edible Flower

Bunga selain indah, beberapa di antaranya juga bisa dimakan. Orang-orang di Indonesia sudah terbiasa mengkonsumsi bunga, misalnya, orang-orang di Jawa Tengah atau Timur telah memasukkan bunga turi sebagai bahan untuk pecel, serta kelompok etnis atau etnis lain yang terbiasa menggunakan jantung pisang. , salah satu bahannya.

Brokoli dan kembang kol (kembang kol) juga bunga populer sebagai sayuran yang biasa digunakan oleh masyarakat. Tetapi selain bunga yang biasa dikonsumsi, ada juga beberapa bunga indah yang bisa dijadikan hiasan pada makanan dan bisa dikonsumsi.

Bunga Yang Bisa Dimakan Edible Flower


Memilih Bunga Yang Bisa Dimakan

Bunga-bunga indah bisa dipakai untuk menghias dan menambah warna, tekstur, aroma dan rasa pada hidangan. Bunga-bunga ini dapat dimasukkan pada makanan utama, makanan penutup, salad bahkan pada minuman. Tentu saja tidak semua bunga dapat dikonsumsi, untuk mengetahui apakah bunga dapat dikonsumsi, hal-hal berikut harus diperhatikan:

  1. Pelajari jenis-jenis bunga yang dapat dikonsumsi dari berbagai referensi sehingga kami yakin akan mengkonsumsi jenis-jenis bunga tertentu karena ada juga bunga-bunga yang mengandung racun.
  2. Gunakan bunga yang ditanam sendiri atau kami yakin aman untuk dikonsumsi, artinya tidak menggunakan pestisida selama penanaman, jangan gunakan bunga yang dipetik di pinggir jalan karena dikhawatirkan mereka telah terkontaminasi atau terkena pestisida.
  3. Gunakan bunga segar, bersih dan bawa di pagi hari kita akan mengkonsumsinya, tetapi beberapa bunga juga dapat dikonsumsi setelah pengeringan.
  4. Masukkan kelopak bunga, singkirkan batang bunga, putik dan benang / serbuk sari, jangan makan bunga jika Anda menderita asma atau alergi.
  5. Ketika kita menderita alergi, mulailah makan bunga secara bertahap karena dikhawatirkan dapat memperparah alergi kita.
  6. Hindari mengkonsumsi bunga yang dapat menyebabkan keracunan, termasuk: hydrangea, bakung, azalea, rhododendron, oleander dan bunga jam empat.

Jenis Bunga Yang Bisa Dimakan

  • Mawar

Mawar adalah salah satu bunga paling populer yang dapat dikonsumsi, bunga ini biasanya digunakan dalam selai, jeli atau kue, juga biasa digunakan untuk minuman seperti sirup atau teh. Karena keindahan bunganya, mawar biasa digunakan sebagai hiasan makanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mawar kaya akan protein, vitamin dan asam amino. Secara umum, jika mawar harum, rasanya enak, semakin gelap warna bunganya, semakin enak rasanya. Gunakan hanya mahkota bunga dan lepaskan pangkal bunga sebelum dikonsumsi.

  • Pansy

Bunga Pansy memiliki banyak warna dan berbagai kombinasi. Bunga-bunga ini memiliki rasa ringan dan segar atau rasa dingin tergantung pada varietasnya. Ingatlah untuk hanya makan mahkota bunga dan lepaskan putik dan benang sari sebelum makan. Pansy dapat digunakan untuk menghias koktail, sup, dan makanan penutup, tetapi juga dapat dipakai untuk menghias spons, kue kering, atau makanan penutup seperti puding.

  • Lavender

Bunga-bunga indah ini bisa berwarna biru, ungu muda atau ungu tua. Jenis bunga liar kadang-kadang ungu kehitaman atau ungu kekuningan. Sebagai bunga konsumsi, Lavender banyak digunakan sebagai pelengkap salad, menambahkan sedikit rasa manis pada hidangan, memberinya aroma oranye. Bunga ini dapat digunakan dalam resep marshmallow dan digunakan sebagai hiasan kue.

  • Bunga Sepatu

Bunga yang mempunyai nama Latin Hibiscus sp dikagumi karena kecantikan dan warna-warna cemerlang mereka, mulai dari putih hingga merah, kuning hingga ungu dan lainnya. Bunga ini memiliki rasa seperti oranye yang dapat memperkaya berbagai hidangan. Sepatu bunga paling baik digunakan dalam salad buah, tetapi juga dapat digunakan dalam makanan penutup lain atau dibuat dengan teh.

  • Dahlia

Semua jenis dahlia dapat dikonsumsi, rasa dan tekstur dapat sangat bervariasi tergantung pada tanah dan kondisi di mana bunga tumbuh. Rasanya dari chestnut hingga apel atau bahkan wortel.

  • Lily

Bunga lily manis dengan rasa hampir seperti melon atau mentimun. Mahkota lily dapat digunakan dalam salad, sup, dimasak dan disajikan sebagai sayuran atau dipotong-potong dan disajikan sebagai makanan goreng. Coba tumis bunga atau kuncup bunga yang bisa diisi dengan berbagai jenis isian.

  • Gladiol

Rasa bunga ini mirip dengan selada dan merupakan wadah yang luar biasa untuk menyebarkan krim atau tikus lezat atau manis. Kita juga bisa mencampur mahkota bunga satu per satu di salad untuk menambah warna salad. Jangan lupa melempar benang sari dan alas bunga sebelum memakannya.


Resep Menggunakan Edible Flowers

  • Es Batu Cantik
  1. Cuci bunga dengan hati-hati, pastikan tidak ada serangga, kotoran atau bahan lain yang tidak diinginkan. Beberapa bunga kecil dapat digunakan sepenuhnya. Tapi bunga besar seperti mawar hanya dipetik oleh mahkota bunga.
  2. Tuangkan sedikit air matang ke dalam cetakan es batu, cukup tutupi dasar cetakan dan tempatkan bunga yang sudah dicuci dengan menyentuh air sebanyak mungkin.
  3. Masukkan es batu ke dalam freezer sampai membeku.
  4. Setelah lapisan pertama membeku, keluarkan cetakan kemudian isi dengan air matang sampai penuh dan kemudian masukkan kembali ke dalam freezer.
  5. Ketika es beku dikeluarkan dari cetakan, es batu yang indah siap digunakan untuk menghias berbagai jenis minuman dingin.
  • Bunga Kristal
  1. Persiapkan bahan: 1 butir telur besar hanya mengambil bagian putih, air teh sendok es teh, bunga yang bisa dimakan, dan gula tepung
  2. Hilangkan benang sari bunga dengan memotongnya
  3. Membuat rak kawat dengan kertas perkamen
  4. Aduk putih telur yang dicampur air sampai berbusa
  5. Pegang gagang bunga dengan satu tangan sedangkan yang lain memegang sikat kecil, baru dan bersih
  6. Masukkan kuas ke dalam campuran putih telur dan air kemudian oleskan ke bunga dengan lembut dan hati-hati, pastikan semua bagian bunga dilapisi karena bagian yang hilang akan layu dan kering
  7. Taburi gula tepung menggunakan sendok teh dengan hati-hati di semua bagian bunga
  8. Tempatkan bunga di atas rak yang dilapisi kertas perkamen
  9. Simpan bunga di ruang sejuk dan kering selama 12-36 jam hingga kering
  10. Bunga-bunga kristal ini dapat digunakan untuk menghias kue atau makanan penutup
  • Cemilan Buah Berry
  1. Siapkan bahan: 2 gelas yogurt polos, 3 sendok makan sirup maple (atau cukup), air dari 1 lemon, 1 ½ cangkir beri (strawberry, raspberry, dll.), 1 sendok makan gula, bunga (bunga yang dapat dimakan) untuk dekorasi
  2. Siapkan mangkuk, campur yogurt, sirup maple dan air lemon, aduk rata dan simpan di lemari es selama satu jam
  3. Tempatkan beri dalam mangkuk, campur dengan gula
  4. Sirami berry dengan campuran yogurt, lapisi lagi dengan beri, lalu siram lagi dengan campuran yogurt, hiasi dengan bunga (bunga yang bisa dimakan)

Baca Juga:

Demikian Penjabaran Diatas Tentang 7 Bunga Yang Bisa Dimakan “Edible Flower” Dan Resepnya Lengkap Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca Setia Lahan.Co.Id

7 Bunga Yang Bisa Dimakan “Edible Flower” Dan Resepnya Lengkap
5 (100%) 5 vote[s]