Cara Budidaya Ikan Bawal

Diposting pada

Cara Budidaya Ikan Bawal – Ikan bawal merupakan jenis ikan air tawar yang mudah ditemukan. Budidaya ikan bawal cukup mudah dan pada saat yang sama sangat menguntungkan bagi pemula.

Karena harga ikan bawal murah dan banyak yang menyukai ikan bawal sehingga banyak permintaan, apalagi sekarang ada banyak resep ikan bawal bakar yang sudah banyak tersedia.

Untuk melakukan pekerjaan pemeliharaan, cukup untuk menyediakan makanan yang cukup ke bawal sehingga dapat tumbuh dengan cepat. Banyak yang telah memasok pakan ikan jenis ini, baik yang alami maupun dalam bentuk pelet.

Cara Budidaya Ikan Bawal

cara budidaya ikan bawal
cara budidaya ikan bawal

Persiapan Kolam Budidaya

Budidaya ikan bawal dengan kolam terpal dianggap lebih efisien dan biayanya tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan kolam semen tanah.

Kolam terpal jadi ini tidak dapat digunakan secara langsung atau hanya seperti itu. Kolam terpal ini harus diisi dengan air yang mencapai ketinggian 55 cm dan kemudian dibiarkan beristirahat selama 3-5 hari untuk menghilangkan bahan kimia dalam terpal.

Setelah 3-5 hari,kolam terpal diisi dengan air diganti dan dibiarkan dengan daun pepaya atau ketapang selama 6-8 hari yang telah ditambahkan ke daun sebagai antiseptik.

Namun, cara budidaya menggunakan kolam terpal sangat rentan terhadap kebocoran di terpal. Penggunaan terpal juga berarti bahwa tidak ada bakteri berguna yang biasanya ada di tanah dan yang dapat menghambat pembusukan. Anda harus mewaspadai sisa kotoran dan makanan pada ikan bawal.

Pemilihan dan Penyebaran benih

Pemilihan benih budidaya merupakan hal yang perlu diperhatikan karena dengan benih yang baik, pertumbuhan ikan bawal juga maksimal. Karakteristik benih yang baik yaitu sehat dan aktif dalam pergerakan, tidak mempunyai cacat dalam tubuh, mempunyai ukuran benih yang seragam, tidak mempunyai penyakit dan juga berasal dari keturunan yang lebih tinggi.

Sebelum menyebar benih, ikan harus disesuaikan dengan kondisi di air kolam. Tujuannya agar benih ikan bawal tidak stress.

Setelah dipindahkan ke kolam besar, metode penyesuaiannya sama seperti untuk adaptasi untuk pertumbuhan ikan lainnya dengan meletakkan ikan bawal di kolam, tetapi benih masih dibungkus plastik dan biarkan plastik mengembun.

Ketika mulai mengembun, hal tersebut berarti bahwa suhu dalam plastik sesuai dengan suhu di kolam. Kemudian buka plastik dan diamkan selama 15 menit sehingga air kolam secara bertahap menembus plastik sampai ikan dalam plastik dalam kondisi baik. Lalu benih tersebut perlahan dilepaskan ke kolam.

Cara Mengawinkan Ikan Bawal

Ikan bawal adalah jenis ikan air tawar yang termasuk dalam keluarga bramidae. Ikan ini berasal dari hawaii dan ada juga yang berasal dari indonesia.

Untuk cara budidaya ikan bawal ini, Anda harus benar-benar mengetahui prosedur yang tepat untuk pemijahan ikan bawal. Proses pemijahan dapat dilakukan secara alami.

Tetapi sebelum dilakukan pemijahan, ikan jantan dan betina harus diberi rangsangan. Anda dapat membantu dengan menggunakan hormon hipofisis atau hormon buatan Ovaprim.

Sebelum melakukan pembenihan, Anda perlu mengetahui perbedaan antara ikan jantan dan betina. Ikan bawal jantan juga dapat dibedakan berdasarkan bentuk fisiknya.

Sampel harus diambil untuk memastikan bahwa telur ikan bawal betina sudah matang. Telurnya bulat dan memiliki warna dan ukuran kehijauan yang sama. Hal ini berarti bahwa induk telah matang sempurna dan siap untuk berkembang biak.

Kualitas Pakan dan Cara Pemberian Pakan

Jika Anda ingin mendapatkan hasil terbaik yaitu ikan tumbuh dengan baik dan tumbuh besar dengan cepat. Jadi Anda harus memperhatikan makanan yang telah Anda berikan.

Dengan memberikan pakan terbaik budi daya dapat tumbuh dengan baik dan bereproduksi dengan baik. Kualitas pakan terbaik ditunjukkan dalam pakan dengan nutrisi seimbang. Hal ini terkait dengan karbohidrat, protein, lemak dan vitamin.

Hal ini juga bukan tanpa alasan, karena ikan bawal ini termasuk omnivora sehingga bisa memakan apa yang telah diberikan.

Misalnya dalam bentuk daun pellet. Anda dapat memberikan makanan ini sekitar 4-6% dari berat tubuh Anda berdasarkan estimasi berat total ikan yang Anda pelihara.

Frekuensi pemberian makan biasanya 4x dalam sehari yaitu di pagi hari, sore, malam dan malam hari. Jumlah pakan yang dibutuhkan juga harus sesuai dengan jumlah ikan dan berat badan ikan. Targetkan 70% dari pakan yang disediakan untuk mendapatkan kandungan protein yang baik untuk ikan.

Perawatan Kolam Ikan Bawal

Untuk semua persiapan, termasuk persiapan untuk kolam ikan tujuannya adalah untuk menanam makanan alami dalam jumlah yang cukup.

Setelah dasar kolam yang ingin Anda gunakan benar-benar kering, tambahkan kapur ke kolam dengan beberapa jenis kapur atau dolomit. Anda bisa memberi kapur dalam dosis 25 kg / 100 meter per persegi.

Tujuannya adalah menambahkan kapur untuk meningkatkan pH tanah, yang juga dapat membunuh semua parasit dan patogen yang masih resisten terhadap proses pengeringan. Jadi tidak ada pupuk yang harus diberikan ke kolam ikan ini.

Hal ini karena makanan ikan bawal sebagian besar dapat diperoleh dari bahan tambahan makanan. Namun, jika Anda ingin mendapatkan pupuk, gunakan pupuk kandang. Itu harus benar-benar matang. Agar tidak beracun bagi ikan bawal. Pada akhir pemupukan, kolam dapat diisi dengan air hingga 3 cm dan kemudian dibiarkan beristirahat selama 3 hari.

Setelah itu air kolam diisi secara bertahap menambah kedalaman 45-65 cm dan kemudian menyesuaikan hingga mencapai ketinggian 85-125 cm. Hal ini tergantung pada kepadatan bawal yang ada. Jika warna air di kolam berubah menjadi hijau muda, Anda dapat mendistribusikan benih bawal.

Waktu Pemijahan Ikan Bawal

Seperti ikan lainnya, ikan bawal biasanya dipijah lebih awal, bahkan selama musim hujan. Di negara-negara Eropa, peristiwa ini dapat terjadi pada bulan juni dan juli. Ikan bawal dapat diproduksi sesuai musim.

Sebelum musim pemijahan dimulai, induk ikan bawal yang sudah dewasa akan menemukan tempat yang cocok untuk pemijahan.

Tempat yang paling disukai oleh ikan bawal adalah hulu. Tempat ini biasanya digunakan pada musim kemarau, sedangkan tempat berkembang biak yang digunakan pada musim hujan mulai tergenang. Area seperti ini yang merangsang pemijahan.

Panen Ikan Bawal

Panen ikan bawal ditunggu-tunggu oleh petani ikan dan peternak. Anda dapat mengumpulkan hasil dari upaya pembesaran ini setelah bawal dibudidaya selama 5-6 bulan. Wantu tersebut telah mencapai ukuran hingga 500 gram / ekor dengan kepadatan 4 ekor / m2.

Biasanya, alat dengan mata yang cukup besar digunakan untuk waspada. Jadi ada ikan dengan hasil panen yang tidak boleh dilakukan di daerah yang cukup luas, alias tidak sempit dan air selalu mengalir.

Demikianlah pembahasan tentang cara budidaya ikan bawal semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya