Cara Bertani Cabe

Diposting pada

Cara Bertani Cabe – Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan cabai atau cabe. Masakan indonesia memiliki ciri khas yaitu pedas dan kaya rempah membuat tidak diragukan lagi menjadikan cabai sebagai bahan makanan yang mudah ditemukan di pasaran. Meskipun kadang-kadang harganya tidak stabil, cabai masih sangat populer.

Jika Anda ingin menanam cabai sendiri di rumah, dibutuhkan waktu sekitar 3 hingga 3,5 bulan untuk cabe yang dipanen sejak waktu tanam pertama. Waktu tanam cabe hingga panen yang baik setidaknya 6 bulan.

Tanaman cabe dapat memiliki umur hingga 24 bulan. Frekuensi panen cabai mencapai 13 hingga 18 kali. Anda bisa menanam cabe mandiri di rumah untuk mengisi waktu luang atau untuk digunakan sendiri.

Cara Bertani Cabe yang Baik dan Benar

Cara-Bertani-Cabe
Cara Bertani Cabe

Pemilihan Benih

Agar berhasil menanam cabe, Anda membutuhkan benih berkualitas tinggi. Anda dapat memilih biji cabai berkualitas tinggi dengan memilih biji cabai segar. Bisa juga dengan menanam cabai ini, mengambil beberapa cabe, lalu mengupas dan mengambil bijinya.

Setelah semua biji dikeluarkan, kemudian keringkan biji pada sinar matahari hingga benar-benar kering. Namun jika anda tidak ingin repot cara yang praktis yaitu dengan membeli benih di toko pertanian dan ditoko bibit didaerah anda. Jika ingin menanam untuk skala besar sebaiknya bibit didapat dari membeli.

Namun, jika Anda ingin menanam cabai dalam skala kecil, sebaiknya untuk mengambil biji cabai langsung dari cabai segar. Benih cabai yang dijual pada toko pertanian biasanya ditujukan untuk pertanian skala besar serta tentu saja harganya bervariasi.

Penyemaian Bibit Cabe

Setelah mendapatkan biji cabe terbaik, langkah selanjutnya yaitu penyemaian. Gunakan polybag kecil untuk media semai. Kemudian tambahkan pupuk dan tanah. Campur sampai ketinggian polybag tercapai. Masukkan biji cabai ke dalam polybag. Lalu siramlah setiap hari. Untuk informasi lebih lanjut, lihat cara menyemai cabe yang baik:

  1. Siapkan polybag atau tempat penyemaian bibit.
  2. Tambahkan pupuk kandang dan tanah dalam perbandingan 1: 3.
  3. Tempatkan pada area yang bebas dari hujan dan sinar matahari sekitar satu minggu.
  4. Rendam benih dengan air hangat selama 5 jam.
  5. Lalu masukkan bijinya dalam polybag. Tutupi bibit dengan tanah dengan kedalaman sekitar 1 cm.
  6. Tunggu sampai benih berkecambah.
  7. Ketika bibit telah tumbuh, tanaman dapat terkena sinar matahari.

Menanam cabe

Setelah sekitar 3 minggu, bibit sudah bisa dipindahkan ke lahan permanen yang sudah disiapkan. Lakukan juga menggemburkan tanah dengan cara dibajak atau dicangkul dan dicampur menggunakan pupuk. Anda harus berhati-hati saat mengeluarkan bibit dari polybag.

Jika Anda terus menggunakan polybag, gunakan polybag dengan ukuran minimum 30 cm. Anda juga bisa memakai ember bekas sbegai alternatif nya.
Gunakan rasio 2: 3: 1 dengan informasi tentang pupuk, tanah dan sekammentah sebagai media tanam.

Perawatan dan Pemeliharaan

Setelah melakukan penanaman, langkah selanjutnya adalah perawatan dan pemeliharaan tanaman cabe agar tumbuh optimal dan mendapat hasil panen sesuai harapan. Penjelasan lengkapnya sebagai berikut :

Penyiraman

Lakukan penyiraman dengan rutin pada pagi dan sore hari terutama diawal masa tanam dan kemarau. Penyiraman dilakukan secukupnya saja dan jangan sampai membuat lahan menjadi tergenang.

Pemupukan Susulan

Tanaman cabe membutuhkan nutrisi dalam tanah, untuk itu berikan pupuk berupa pupuk kandang dan kompos. Dapat juga diberikan pupuk kimia seperti pupuk Urea, ZA, NPK dan TSP.

Pemasangan Ajir

Ajir merupakan penyangga tanaman cabe yang terbuat dari bambu atau kayu. Pemasangan ajir bertujuan untuk menyangga tanaman cabe agar tidak mudah roboh terkena angin.

Penyiangan

Lakukan penyiangan terhadap gulma atau tanaman liar yang ada disekitar tanaman cabe yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman cabe. Karena gulma dan tanaman liar dapat merebut nutrisi didalam tanah.

Masa Panen

Tahap panen adalah masa yang ditunggu-tunggu oleh para petani. Panen cabe dapat dilakukan pada 3 bulan hingga 3.5 bulan setelah tanam. Panen dapat dilakukan hingga 18 kali selama priode 6 bulan.

Demikianlah pembahasan tentang cara bertani cabe semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya