Manfaat Bawang Bombay

Diposting pada

Klasifikasi Bawang Bombay

  • Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )
  • Subkingdom : Trachebionta ( Tumbuhan berpembuluh )
  • Super Divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )
  • Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )
  • Kelas : Liliopsida ( berkeping satu / monokotil )
  • Sub kelas : Lilidae
  • Ordo : Liliales
  • Famili : Liliaceae ( suku bawang – bawangan )
  • Genus : Allium
  • Spesies : Allium cepa L.

Manfaat-Bawang-Bombay


Morfologi Tanaman Bawang Bombay

  • Akar

Bawang bombai memiliki perakaran serabut, yang menjalar di permukaan tanah dengan panjang berkisar 10 cm bahkan lebih, berwarna kecoklatan jika sudah tua dan masih mudah akan berwarna keputihan kotor. Perakaran tanaman bawang bombay ini dapat mencapai kedalaman sekitar 30 cm, dengan peran untuk menyerap unsur air di dalam tanah.

Akar-Bawang-Bombay


  • Daun

Bawang bombay memiliki daun berbentuk hampir sama dengan pipa, namun berbentuk pipih yang berwarna hijau tua maupun mudah. Pertulangan daun tunggal, mulai dari pangkal daun hingga pangkal ujung daun yang tampak hampir garis yang lebih keras dari daun dan memiliki pangkal daun yang meruncing.

daun-Bawang-bombay


  • Batang

Bawang bombay memiliki batang semu yang terbentuk dari pelepah daun, batang tanaman ini akan terdapat jejak cincin – cincin atau berbentuk bulat di bulan, atau di kenal dengan buku – buku yang berwarna kehijauan tua, keras dan kuat. Bagian pangkal pelepah tersebut berbentuk melebar, dan menebal serta terdapat gelembung atau bengkakan besar yang berguna untuk menyimpan cadangan makanan ( umbi – umbian). Pada bagian pangkal umbi tersebut yang terdapat di bagian batang rudimeter yang hampir sama dengan cakram yang merupakan bawang bombaynya.

Batang-Bawang-bombay


  • Bunga

Bunga bawang bombay termasuk majemuk dan berbentuk bulat melingkar dengan tangkai bunga yang besar, kuat dan besar pada bagian pangkal bawah. Pada bagian ujung tangkai bunga juga terdapat umbi – umbian kecil yang dapat juga di manfaatkan untuk bibit. Bunga bawang bombay juga memiliki biji yang berbentuk cukup kecil dan berwarna hitam mengkilap serta licin.

Bunga-bawang-bombay


Macam-macam Bawang Bombay

Bawang bombai atau onion dalam bahasa Inggris, adalah salah satu bahan masakan paling banyak digunakan dalam berbagai resep. Tapi tahukah Anda bahwa bawang bombai terdiri dari beberapa macam dan memiliki tingkat rasa dan aroma yang berbeda-beda?


  • Bawang bombai cokelat/kuning

Bawang-bombai-cokelat

Ini adalah bawang bombai yang paling sering kita temukan dan gunakan dalam masakan. Jenis ini juga bisa digunakan untuk beragam masakan, namun lebih cocok digunakan untuk makanan yang membutuhkan waktu memasak cukup lama. Sebab semakin lama dimasak, semakin manis rasa bawang ini.


  • Bawang bombai putih

Bawang-bombai-putih

Bawang ini bisa digunakan untuk menggantikan bawang bombai cokelat, namun baunya lebih tajam dari bawang bombai lainnya, serta teksturnya lebih garing dan tipis. Bawang bombai putih biasa digunakan untuk masakan beraroma atau bercitarasa kuat, misalnya untuk membuat saus salsa ala Meksiko.


  • Bawang bombai manis

Bawang-bombai-manis

Sepintas, penampilannya memang mirip bawang bombai biasa, tapi bentuknya lebih gepeng. Namun bawang ini punya rasa lebih manis dan baunya tidak tajam, sehingga cocok untuk masakan mentah seperti salad atau dijadikan onion rings.


  • Bawang bombai merah

Bawang-bombai-merah

Berwarna ungu tua dengan bau dan rasa yang lembut menjadikan bawang ini paling sering dipakai untuk campuran salad, isi burger, bahkan pizza. Bawang bombai merah kurang enak dimasak dan lebih enak dimakan mentah.


Anatomi Bawang Bombay

 Proses terjadinya plasmolisis sebelumnya sudah pernah dibahas dengan menggunakan daun Rhoe discolor. Namun dalam pembahasan kali ini akan menekankan pada pengaruh letak sel dari umbi bawang bombay terhadap hasil plasmolisis.


Letak sel pada bawang bombay ini dipengaruhi oleh vikositas atau tingkat kekentalan plasma sel yang sedang membentang. Pembentang sel tersebut juga dipengaruhi oleh komposisi dinding sel pada masing-masing sel. Sel yang berada di dalam umbi bawang bombay tentunya akan memiliki tingkat pembentangan sel yang berbeda dengan sel yang ada di bagian luar dari bawang bombay. Penjelasan mengenai hal tersebut dapat dilihat dalam tulisan sebelumnya.


Untuk menguji tersebut, Saya menggunakan larutan KNO3 0,6 M sebagai larutan hipertonis. Sel bawang bombay bagian luar dan dalam masing-masing direndam dalam larutan tersebut selama 30 menit dan kemudian diamati di mikroskop.


Larutan KNO3 yang diberikan pada jaringan-jaringan bawang bombay yang berbeda menunjukkan bahwa sebagian sel yang mengalami plasmolisis adalah sel yang berada di jaringan dalam bila di jaringan luar. Hal tersebut dapat dikaitkan bahwa pada jaringan yang terletak di dalam belum mengalami pembentangan secara maksimal sehingga tingkat ketebalan dinding sel kurang mengalami penebalan secara maksimal.


Ketika diberi larutan yang bersifat hipertonis, maka jaringan yang berada di dalam sel mengalami dehidrasi lebih banyak dibandingkan dengan sel yang berada di luar. Sehingga keadaan yang terjadi adalah tingkat viskositas sel pada berbagai jaringan memiliki tingkat yang berbeda-beda akibat dari pengaruh pembentangan sel tersebut.


Tingkat vikositas sel juga dapat mempengaruhi tingkat elastisitas sel sehingga dapat diistilahkan adanya viskoelastik. Sel pada berbagai perlakuan tersebut dapat mengalami viskoelastisitas akibat pengaruh tekanan osmosis larutan KNO3. Tingkat viskoelastik suatu sel dapat dijelaskan ketika sel berada pada larutan dengan konsentrasi yang tinggi, maka membran sel akan terpisah dengan dinding sel akibat tingkat viskositas plasma sel yang semakin mengental. Namun ketika sel yang berada pada tingkat vikositas yang tinggi dapat mengalami plasmolisis, maka ketika direndam dengan larutan yang hipotonis, maka sel akan mengalami turgor yang menyebabkan sel mengalami pembentangan secara maksimal dengan tekanan hidrostatis yang kuat.


Sistem Reproduksi Tanaman Bawang Bombay

 Bawang bombai berkembang biak dengan cara seksual dan aseksual. Dalam proses perkembangbiakan seksual ( perkembang biakan dengn cara kawin ), penyerbukan bawang di bantu oleh lebah dan serangga lainnya sebelum menjadi benih ( biji ) yang siap tumbuh sebagai individu baru. Namun, proses ini memakan waktu yang lama sehingga bawang merah sangat jarang berkembang biak dengan cara ini.


Selain dengan cara seksual, bawang juga berkembang biak dengan cara aseksual yaitu dengan umbi lapis. Umbi lapis adalah tumbuhnya tunas pada sela-sela lapisan umbi. Perkembang biakan ini menggunakan bagian tengah dari lapisan bawang ini. Dengan menanamnya maka akan di peroleh individu baru dari bawang merah tersebut. cara ini adalah yang paling cepat di gunakan untuk memperoleh tumbuhan bawang yang baru karna prosesnya cukup sederhana.


Manfaat Bawang Bombay

Manfaat bawang bombay memiliki berbagai macam zat, yang memiliki berbagai macam jenis. Tidak heran jika mengkonsumsi bawang bombay pun bisa digunakan sebagai kesehatan. Berikut ini berbagai macam zat atau kandungan gizi yang ada di dalam bawang bombay :


Abu, Fosfor, Kalium, Kalori, Kalsium, Serat Lemak, Protein, Karbohidrat, Natrium, Zat Besi, Air, Vitamin A, Vitamin B2, Vitamin C, Niacin.

Bawang bombay memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Manfaat itu banyak yang tidak diketahui oleh banyak orang. Berikut ini berbagai macam manfaat bawang bombay untuk kesehatan yang belum banyak diketahui oleh orang :


  1. Menangkal Radikal Bebas

Bawang bombay kaya akan manfaat antioksidan sehingga bisa digunakan untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas berefek buruk bagi kesehatan, radikal bebas bisa berpengaruh terhadap kesehatan dan juga berefek terhadap kesehatan kulit.


  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kandungan manfaat vitamin C yang ada di dalam bawang bombay bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Jika sistem tubuh meningkat maka tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang ingin masuk ke dalam tubuh.

  1. Menekan Efek Sinogenik

Sinogenik adalah efek yang bisa ditimbulkan dari radikal bebas. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam manfaat bawang bombay bisa digunakan sebagai penekan dari efek sinogenik.


  1. Memperkecil Resiko Kanker Kolon

Kanker kolon adalah kanker usus besar dan khasiat bawang bombay bisa menghindarkan kita dari resiko terjadinya kanker kolon. Hal itu dikarenakan di dalam bawang bombay terdapat kandungan serat yang tinggi sehingga bisa membersihkan usus dan melancarkan pencernaan.


  1. Mencegah Sembelit

Salah satu manfaat bawang bombay bagi kesehatan adalah bisa mencegah terjadinya sembelit. Sembelit bisa dicegah menggunakan bawang bombay yang kaya akan serat. Manfaat serat dalam bawang bombay lebih banyak dibandingkan dalam manfaat bawang merah.


  1. Anti Virus

Kandungan niacin yang ada dalam bawang bombay bisa digunakan sebagai anti virus. Niacin itu bisa bermanfaat dalam menangkal berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus, misalnya saja adalah flu atau pilek dan juga influenza.


  1. Mengobati Penyakit Cacingan

Mengkonsumsi bawang bombay juga bisa digunakan untuk mengobati cacingan pada anak. Caranya adalah dengan membuat bawang bombay sebagai makanan kemudian dikonsumsikan kepada anak yang menderita cacingan.


  1. Mengatasi Maag

Mengkonsumsi bawang bombay juga bisa digunakan sebagai obat maag. Hal itu dikarenakan di dalam manfaat bawang bombay, terdapat kandungan natrium yang bisa menormalkan kadar asam lambung di dalam lambung.


  1. Memperkuat Tulang

Tulang bisa harus dijaga kesehatannya dan juga kepadatannya. Kandungan manfaat kalsium pada bawang bombay bisa digunakan sebagai penguat tulang dan menghindarkan diri dari osteoporosis.


  1. Meningkatkan Hemoglobin (Hb)

Hb bisa ditingkatkan dengan mengkonsumsi bawang bombay. Hal itu dikarenakan di dalam bawang bombay terdapat kandungan manfaat zat besi tinggi. Sehingga dengan mengkonsumsi bawang bombay secara teratur bisa membuat kandungan zat besi di dalam tubuh menjadi meningkat.


  1. Mengatasi Mual

Rasa panas dan pedas yang dihasilkan dari bawang bombay bisa digunakan sebagai penghilang rasa mual. Caranya sangat mudah yaitu dengan memarut bawang bombay dan ditempelkan pada perut. Rasa paas dari parutan bawang bombay itu bisa digunakan untuk mengatasi mual pada penderita masuk angin.


  1. Penghasil Tenaga

Bawang bombay juga bisa digunakan sebagai penghasil tenaga, kandungan lemak dan manfaat karbohidrat yang ada di dalam bawang bombay bisa menghasilkan tenaga. Saat anda mengkonsumsi bawang bombay bisa membuat tubuh lebih berenergi sepanjang hari.


  1. Menguatkan Gigi

Kandungan kalsium yang ada dalam manfaat bawang bombay tidak hanya menguatkan tulang saja, namun juga bisa digunakan untuk menguatkan gigi. Gigi yang keropos akan mudah patah dan mudah terlepas dari gusi.


  1. Mengobati Anemia

Kandungan zat besi yang ada di dalam bawang bombay juga bisa digunakan sebagai pengobat anemia. Hal itu dikarenakan di dalam bawang bombay terdapat zat besi di dalamnya.


  1. Meningkatkan Daya Ingat

Berbagai macam vitamin yang ada di dalam bawang bombay berguna untuk mengingatkan daya ingat otak. Jika daya ingat meningkat maka otak akan terhindar dari kepikunan dan berbagai macam penyakit otak lainnya.

  1. Menjaga Asupan Cairan Di Dalam Tubuh

Kandungan manfaat air yang banyak di dalam bawang bombay, bisa menjaga tubuh dari kekurangan cairan. Cairan bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi, jika sudah dehidrasi maka tubuh bisa kehilangan konsentrasi.


  1. Menghindarkan dari Penyakit Kardiovaskular

Manfaat bawang bombay juga dipercaya bisa menghindarkan dari penyakit kardiovaskular. Hal itu dikarenakan bawang bombay bisa digunakan sebagai penurun kolesterol jahat di dalam tubuh. Kolesterol jahat bisa menyebabkan macam-macam penyakit di dalam tubuh.

Bawang bombay bisa digunakan sebagai peningkat kolesterol HDL sehingga bisa menurunkan kolesterol LDL.


  1. Melancarkan Pembuluh Darah

Makan bawang bombay juga bisa digunakan sebagai pelancar aliran darah di dalam tubuh. Hal itu dikarenakan di dalam bawang bombay banyak mengandung kalori baik yang bisa digunakan untuk pelebaran pembuluh darah. Pelebaran pembuluh darah bisa membuat aliran darah menjadi lancar berbeda dengan penyempitan pembuluh darah. Jika pembuluh darah sempit, maka aliran darah menjadi terganggu dan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.


  1. Mengobati Hipertensi

Bawang bombay bisa digunakan untuk mencegah hipertensi, penyebabnya adalah pembuluh darah menjadi lebar dan lancar sehingga tekanan darah pun bisa menjadi normal kembali.


  1. Mencegah Pecahnya Insulin Hati

Jika insulin hati pecah, maka tubuh akan kekurangan insulin. Jika insulin berkurang maka orang tersebut akan rentan terkena diabetes. Kandungan senyawa yang ada di dalam bawang bombay berguna untuk membuat tubuh memproduksi insulin yang banyak dan berkualitas.


  1. Menurunkan Kadar Gula

Produksi insulin yang bagus dan berkualitas bermanfaat untuk menurunkan kadar gula di dalam tubuh, sehingga tubuh pun akan tercukupi kebutuhan insulinnya. Jika insulin tercukupi, kadar gula di dalam tubuh pun bisa menurun dan bisa mengatasi diabetes.


  1. Mencegah Kanker Perut

Mengkonsumsi bawang bombay bisa digunakan sebagai pencegahan kanker perut. Hal itu dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi di dalam bawang bombay tersebut bisa mencegah berbagai macam sel kanker yang ada di dalam tubuh, terutama adalah sel kanker perut dan juga usus besar.


  1. Melindungi Dari Alergi

Senyawa dalam bawang bombay bisa digunakan sebagai perlindungan dari serangan alergi. Senyawa yang bermanfaat dalam perlindungan alergi adalah senyawa quercetin. Sifat dari senyawa ini adalah untuk anti alergi sehingga bagi anda yang tidak ingin mengalami alergi bisa mengkonsumsi bawang bombay.


  1. Mengobati Radang

Salah satu manfaat bawang bombay adalah untuk mengobati radang. Penyebabnya adalah senyawa quercetin yang ada di dalam bawang bombay bisa digunakan untuk anti radang dan cocok untuk pengobat radang.


  1. Menjaga Kesehatan Otak

Kesehatan otak bisa dijaga menggunakan bawang bombay, kandungan manfaat vitamin B yang ada di dalam bawang bombay bisa membuat otak terjaga nutrisinya setiap hari sehingga otak yang ternutrisi bisa menjalankan fungsinya dengan baik.


  1. Perlawanan Terhadap Kanker

Salah satu manfaat dari bawang bombay adalah untuk melawan kanker. Tingginya antioksidan dan senyawa sulfide di dalam bawang bombay sangat efektif untuk menjaga tubuh anda dari serangan sel kanker yang ingin masuk ke dalam tubuh.

  1. Mencegah Penggumpalan Darah

Penggumpalan darah bisa dicegah menggunakan bawang bombay. Kandungan sulfur yang ada di dalam bawang bombay bermanfaat untuk menjaga tubuh dari penggumpalan darah. Penggumpalan darah bisa merugikan kesehatan.


  1. Menguatkan Jaringan Tubuh

Jaringan tubuh perlu dikuatkan, untuk menguatkannya bisa menggunakan bawang bombay. Manfaat sulfur yang ada di dalam bawang bombay bisa digunakan sebagai penguat antar jaringan tubuh.


  1. Obat Jerawat

Untuk kecantikan, manfaat bawang bombay bisa digunakan sebagai mengobati jerawat. Caranya sangat mudah sekali :

  • Haluskan satu       buah       bawang       bombay, menghaluskannya bisa dengan cara
  • Parutan bawang bombay ditempelkan pada
  • Diamkan selama 15
  • Lakukanlah secara teratur tiga kali sehari, jerawat pun bisa kempes kembali dan mengecil.

  1. Membuat Wajah Merona

Kandungan vitamin yang ada di dalam bawang bombay bisa membuat wajah segar merona. Caranya adalah dengan menghaluskan bawang bombay dan menjadikannya sebagai masker. Yang harus diingat adalah jangan sampai air bawang bombay mengenai mata. Mata bisa menjadi iritasi dan merah.


  1. Mencegah Kulit Kering

Kandungan air yang banyak di dalam bawang bombay bisa digunakan untuk mencegah kulit kering. Kulit kering bisa membuat kulit mudah mengelupas. Jika sudah mengelupas, penampilan pun akan terganggu. Kulit juga membutuhkan asupan cairan, masker bawang bombay bisa digunakan untuk pencegahan kulit kering.


  1. Diet

Untuk kecantikan bawang bombay bisa digunakan sebagai menu diet dan dibuat salad sayur. Manfaat serat yang tinggi di dalamnya bisa cocok untuk digunakan menu diet bagi perempuan.


  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Bawang bombay juga bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan karena kandungan senyawa di dalamnya. Manfaat bawang bombay cocok diberikan untuk anak-anak yang mengalami masalah terhadap nafsu makannya.


  1. Meredakan Asma

Senyawa quercetin pada bawang bombay bisa digunakan untuk meredakan penyakit asma. Penelitian yang dilakukan senyawa tersebut bisa menyebabkan saluran nafas menjadi lebar sehingga asma pun bisa reda dan pernafasan menjadi normal.


Demikian penjelasan artikel diatas tentang 34 Manfaat Bawang Bombay : Sistem Reproduksi, Morfologi, Macam semoga bisa bermanfaat bagi pembaca setia Lahan.Co.Id