Memanfaatkan Lahan Sempit Di Samping Rumah Paling Efektif

Diposting pada

Memanfaatkan Lahan Sempit

Memanfaatkan Lahan Sempit Di Samping Rumah

Cara menggunakan lahan sempit kota untuk berkebun – Lahan yang minim umumnya terjadi di kota-kota besar. Di kota-kota rumah juga berdekatan sehingga udaranya terasa pengap dan pengap. Banyak orang di kota mengeluh tentang udara panas dan kondisi tidak nyaman di sekitar rumah terutama polusi udara semakin memburuk. Untuk mengatasi udara panas, lingkungan rumah yang pengap dan pengap dapat digunakan dengan berkebun.

Tanaman hijau yang Anda tanam akan memberikan kesan dingin dan layak untuk membuat udara di lingkungan rumah Anda lebih baik. Lihat cara menggunakan lahan terbatas berikut untuk berkebun:


Hidroponik

Yang pertama yaitu dengan cara tanam hidroponik. Hidroponik merupakan menanam tanaman tanpa memakai media tanah sehingga meskipun lahannya sempit dapat digunakan untuk penanaman dengan cara hidroponik. Tanaman yang dihasilkan oleh hidroponik lebih berlimpah dan juga lebih segar. Media yang dapat digunakan untuk penanaman oleh hidroponik adalah botol plastik, pipa paralon dan banyak lainnya. Contoh penanaman hidroponik menggunakan pipa paralon adalah pipa berlubang kemudian secara paralon diisi dengan tanaman.


Tabulampot

Cara kedua untuk menggunakan lahan sempit kota untuk berkebun adalah dengan menggunakan metode tabulampot. Tabulampot adalah singkatan dari tanaman buah dalam pot. Tentu saja metode ini tidak asing karena ada banyak orang yang mempraktikkannya di rumah mereka tidak hanya di kota-kota besar tetapi juga di pedesaan. Media tanam yang dapat dipakai dalam metode Tambulampot adalah yang dapat menyimpan air dan dapat digunakan sebagai pemasok nutrisi dalam tanaman.

Media yang cocok untuk media tanam adalah tanah yang dicampur dengan kompos dan sekam. Perbandingannya adalah 1: 1: 1. Agar penanaman maksimum disarankan menggunakan pot dengan bahan tanah liat.


Vertikultur

Cara selanjutnya untuk menggunakan lahan sempit untuk berkebun yaitu dengan memakai metode vertikultur. Metode ini bermanfaat sebagai media membudidayakan tanaman berumur panjang seperti sawi, kangkung, seledri, pakcoi dan banyak lainnya. Sesuai namanya, metode ini menggunakan bentuk vertikal sehingga tidak memerlukan area yang luas untuk menanam tanaman ini. Modelnya juga bervariasi dari menggantung, menempel, tegak ke rak. Modal yang harus dikeluarkan untuk menanam dengan model ini tidak terlalu banyak karena media yang digunakan bisa menggunakan bahan bekas.


Aeroponik

Metode berkebun terakhir ialah dengan memakai metode aeroponik. Artinya dari metode ini kita menggunakan media tanam yang akarnya menggantung di udara, sehingga mereka tidak menggunakan media tanah. Nutrisi yang dibutuhkan adalah nutrisi yang akan disemprotkan langsung ke akar tanaman. Keuntungan dari metode ini adalah memiliki kualitas yang baik, tanaman segar, rasa dan rasanya lebih lezat daripada berkebun dengan cara biasa.

Baca Juga:

Sekian penjelasan artikel diatas tentangĀ Memanfaatkan Lahan Sempit Di Samping Rumah Paling Efektif semgoa bermanfaat bagi semua pembaca Lahan.Co.Id. Dan selamat mencoba dengan beberapa cara memanfaatkan lahan sempit untuk berkebun yang bisa dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Memanfaatkan Lahan Sempit Di Samping Rumah Paling Efektif
5 (100%) 13 vote[s]