Portulaca Oleracea

Diposting pada

Pengenalan Tumbuhan Krokot

  • Nama Ilmiah

  1. Portulaca quadrifida L.
  • Nama Daerah
  1. Jawa: Kremi

  2. Gorontalo: Jalu-jalu bobudo

     

Portulaca-Oleracea


Klasifikasi Portulaca Oleracea

  1. Divisi: Spermatophyta
  2. Sub divisi: Angiospermae
  3. Kelas: Dicotyledoneae
  4. Bangsa: Caryophyllales
  5. Suku: Portufacaceae
  6. Marga: Portulaca
  7. Jenis: Portulaca quadrifida L.

Jenis Spesies krokot:

  1. Portulaca amilis
  2. Portulaca andicola
  3. Portulaca biloba
  4. Portulaca boliviensis
  5. Portulaca caulerpoides
  6. Portulaca cryptopetala
  7. Portulaca elatior
  8. Portulaca elongata
  9. Portulaca eruca
  10. Portulaca fluvialis
  11. Portulaca fragilis
  12. Portulaca gilliesii
  13. Portulaca gracilis
  14. Portulaca grandiflora (Portulaka)
  15. Portulaca halimoides
  16. Portulaca insularis
  17. Portulaca lanuginosa
  18. Portulaca longiusculotuberculata
  19. Portulaca lutea
  20. Portulaca molokiniensis
  21. Portulaca mucronata
  22. Portulaca oleracea
  23. Portulaca papulosa
  24. Portulaca pedicellata
  25. Portulaca perennis
  26. Portulaca pilosa
  27. Portulaca psammotropha
  28. Portulaca quadrifida
  29. Portulaca rotundifolia
  30. Portulaca rubricaulis
  31. Portulaca sclerocarpa
  32. Portulaca smallii
  33. Portulaca suffrutescens
  34. Portulaca teretifolia
  35. Portulaca umbraticola
  36. Portulaca villosa

Ciri-Ciri Portulaca Oleracea

  • Habitus: Semak, menjalar, semusim

Tanaman krokot atau portulaka termasuk genus/marga Portulaca dari suku Portulaceae. Terdapat sekitar 40-100 spesies (2 diantaranya adalah Portulaca oleracea dan Portulaca grandiflora) yang ditemukan di daerah tropis dan daerah bermusim empat. Tanaman ini bersifat sukulen dapat tumbuh dari dataran rendah hingga dataran tinggi.


Bila tumbuh disela tanaman utama yang diusahakan, tanaman krokot ini menjadi bagian dari gulma. Tanaman krokot berdasarkan kemanfaatannya dapat digunakan sebagai tanaman yang dapat dimakan (edible plant), beberapa orang menggunakan sebagai obat herbal dan beberapa jenis karena keindahan bunganya digunakan sebagai elemen taman.


Krokot tumbuh liar ditempat-tempat terbuka yang terkena sinar matahari. Tanaman ini diperkirakan berasal dari daratan Amerika tropis di Brazil yang dapat tumbuh dari dataran rendah sampai ketinggian 1.800 m dpl. Batang krokot berbentuk bulat yang tumbuh tegak atau sebagian/seluruhnya terletak di atas tanah tanpa mengeluarkan akar. Batangnya berwana cokelat keunguan dengan panjang 10-50 cm. Daunnya tunggal, tebal berdaging, datar dan letaknya berhadapan atau tersebar.


Tangkainya pendek berbentuk bulat telur sungsang, bagian ujungnya bulat melekuk ke dalam. Pangkal batangnya membaji dengan tepi rata, panjangnya 1-4 cm dan lebar 5-14 mm. Warna permukaan atas daun hijau tua, permukaan bawahnya merah tua. Bunganya berkelompok 2-6 buah yang keluar dari ujung percabangan. Mahkota daunnya berjumlah lima buah, berwarna kuning dan kecil-kecil.bunga ini akan mekar pada pagi hari antara pukul 8.00-11.00 siang dan layu menjelang sore. Buahnya berbentuk kotak, bijinya banyak dengan warna hitam cokelat mengkilap. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan biji.


Tanaman sayur; Krokot yang termasuk tanaman yang dapat dikonsumsi (edible plant) adalah spesies Portulaca oleracea. Di daerah Jawa tengah dikonsumsi sebagai sayur pecel, lebih segar lagi untuk brambang asem (pedes asem segar, dengan bumbu racikan ibu).


Batang krokot berbentuk bulat berwarna merah keunguan, tumbuh tegak atau setengah merambat di atas tanah. Berdaun tunggal, tebal berdaging berbentuk bujur telur. Warna permukaan atas daun hijau tua, permukaan bawahnya merah tua. Mahkota bunganya berjumlah lima buah, berwarna kuning dan kecil-kecil, umur bunganya sangat singkat bunga ini akan mekar pada pagi hari antara pukul 8.00-11.00 siang dan layu menjelang sore.


Tanaman obat herbal; Berkenaan dengan kandungan flavonoidnya krokot juga sering digunakan sebagai tanaman obat herbal. namun berhubung pemahaman saya tidak memadai, bagian tersebut dapat dikaji lebih lanjut dari sumber-sumber yang lebih mendukung.


Elemen Taman; Tanaman ini dikenal dengan nama bunga cantik manis atau bunga pukul delapan. Melalui pemuliaan tanaman didapat berbagai variasi warna bunga krokot yang indah. sosoknya yang setengah merunduk juga berfungsi sebagai tanaman penutup tanah. Sebagai elemen taman spesies utamanya adalah Portulaca grandiflora. Sebagai pembeda diantaranya bentuk daun menjarum.


Tanaman ini tidak membutuhkan syarat tumbuh yang rumit, tanah gembur dan air yang cukup sangat menunjang penampilan keindahan bunga. perbanyakan dapat dilakukan dengan biji ataupun setek batang. Pengaturan dalam border, kombinasi dengan jenis dan tekstur tanaman yang beragam menonjolkan keindahan mahkota bunganya. Berikut beberapa penampilan cantiknya.


Kandungan Tumbuhan Krokot

Tanaman ini memiliki kandungan kimia antara lain : KCl, KSO4, KNO3, nicotinic acid, tanin, saponin, vitamin A, B, C, l-noradrenalin, noradrenalin, dopamin,dopa.

Bagian yang dipakai sebagai bahan obat adalah seluruh tumbuhan, baik yang segar atau yang telah dikeringkan. Tanaman ini dapat dikeringkan dengan cara mencucinya sampai bersih setelah itu diuapkan lalu dijemur kemudian digiling menjadi bubuk lalu disimpan.


Manfaat dan hasiat Tumbuhan Krokot

Tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit, antara lain :

  1. Disenteri, diare akut
  2. Radang akut usus buntu (appendicitis acuta)
  3. Radang payudara ( mastitis)
  4. Wasir berdarah (Hemorrhoidal bleeding)
  5. Badan sakit dan pegal (Rheumatism)
  6. Keputihan
  7. Gangguan sistim saluran kencing
  8. Sakit kuning (Hepatitis)
  9. Cacingan dan sesak napas (biji dan buahnya).

Tumbuhan melata di tanah atau bebatuan dengan daun berwarna hijau selebar biji kwaci, dan batangnya merah. Tanaman ini dikenal juga dengan nama daerah gelang, resereyan, dan jalu-jalu kiki.


Sifat khas:Rasanya asam, krokot diyakini dapat menurunkan panas, menghilangkan rasa sakit, peluruh kencing, antitoksin, penenang, menurunkan gula darah, anti skorbut (karena kekurangan vitamin c), menguatkan jantung, menghilangkan bengkak, dan melancarkan aliran darah.


Bagian yang digunakan:Seluruh bagian krokot, mulai dari batang, akar dan daun. Baik yang masih segar atau yang telah dikeringkan. Cara pengeringannya mulai dari dicuci bersih, diuapkan, lalu dijemur kemudian digiling menjadi bubuk untuk disimpan. Bisa juga langsung disimpan dalam bentuk tablet atau kapsul, bila memang sudah memiliki alat pengemasannya.


Khasiat Portulaca Oleracea

  • Bisul

Untuk bisul minum teh krokot setiap hari sebanyak sepertiga cangkir teh, hingga bisul dirasakan mengempis dan kering atau hilang sama sekali.


  • Kencing darah

Krokot yang sudah dalam bentuk herba sebanyak 100 gram digodok bersama herba daun sendok sebanyak 25 gram. Saring airnya dari ampas herba, hangatkan dan minum. Lakukan hingga kencing darah berhenti.


  • Jantung berdebar

4 batang krokot dicuci lalu digiling, tambah setengah cangkir air putih matang, dan satusendok makan madu. Kemudian diperas dan disaring airnya lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari hingga gejala jantung berdebar berkurang atau berhenti sama sekali.


  • Gugup dan gelisah

Herba krokot segar sebanyak 25 gram dikukus sebentar lalu digiling halus dan diperas. Minum air perasannya setelah tidak panas. Lakukan hingga gejala gugup dan gelisah mereda.


  • Demam

2 batang krokot dicuci dan direbus, tetapi tidak perlu sampai matang, makan. Lakukan hingga demam menurun.


  • Sakit kuning

(juga untuk radang gusi)Herba krokot sebanyak 200 gram digodok, dinginkan airnya lalu minum. Lakukan hingga sakit mereda.


  • Disentri

Herba krokot yang masih segar sebanyak 50 gram diuapkan selama 3-5 menit, lalu ditumbuk halus dan diperas hingga terkumpul air perasannya kurang lebih 150 cc. Minum sebanyak 50 cc, sehari tiga kali hingga sembuh.


  • Borok, radang kulit

Herba krokot segar segenggam dicuci bersih, ditumbuk halus, tambahkan sedikit garam. Oleskan pada bagian yang sakit.


  • Radang akut usus buntu

Ada dua cara pengolahan untuk menangani radang usus buntu yang sudah akut.


Cara pengobatannya :

  • Krokot segar dilumatkan , diperas dan airnya lasung diminum.
  • Ato boleh juga direbus dulu dan airnya diminum.
  • Tapi bisa juga dibuat masakan, caranya :
  1. Krokot seger dicuci lalu direbus dengan 4 gelas air.
  2. Bawang pitih 3 siung besar di iris tipis2.
  3. Bawang merah 4 siung di iras tipis2.
  4. garam, gula pasir secukupnya.
  • Dimasak seperti layaknya masak sayur bening.
  • Dimakan 3x sehari.
  • Herba krokot dan jombang masing-masing 60 gram, digodok dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Dibagi untuk tiga kali minum pagi, siang, sore.
  • Lakukan kedua cara itu hingga radang dirasakan mereda, atau hilang sama sekali.

Pengolahan Krokot

  • Botok Krokot

Proses pembuatan botok dan rempeyek Krokot, juga tidak terlalu sulit. Setelah dicuci bersih daun Krokot dipilih yang masih muda dicampur dengan parutan buah kelapa mudah yang telah dicampur bumbu, diantaranya cabe, buah belimbing wuluh, ketumbar, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kemiri, garam dan gula.


Agar terasa lebih nikmat, maka ditambahkan teri halus atau ikan laut yang kecil-kecil, tempe dan tidak ketinggalan tahu. Setelah diaduk merata, maka dilakukan proses pembungkusan dengan daun pisang dan diakhiri dengan proses pengukusan hingga botok siap dihidangkan.


Demikian penjelasan artikel diatas tentangĀ Portulaca Oleracea semoga bisa bermanfaat bagi pembaca setia Lahan.Co.Id