Cara Berkebun Pisang

Diposting pada

Cara Berkebun Pisang – Pisang merupakan salah satu buah yang umum tumbuh di indonesia dengan penyebarannya ada diseluruh indonesia. Pisang juga memiliki banyak varian dan jenis pisang, sehingga rasa dan bentuknya pun beragam.

Nah, pada kesempatan ini kami akan membahas penanaman pisang dengan mudah dan tepat. Baiklah berikut adalah penjelasan lengkapnya tentang cara berkebun pisang yang baik dan benar.

Cara Berkebun Pisang

cara berkebun pisang

Syarat Tumbuh

  1. Tanaman pisang adalah tanaman yang mudah tumbuh sehingga dapat tumbuh pada semua jenis tanah, namun untuk pertumbuhan optimal tanah sebaiknya berhumus, kaya unsur hara dan memiliki kandungan kapur.
  2. Pisang bisa tumbuh sampai ke dataran tinggi dengan ketinggian 2000 mdpl.
  3. Curah hujan yang baik adalah 1600 -2500 mm/tahun.
  4. Keasaman tanah yang baik untuk pertumbuhan pisang adalah 5.5 sampai 7.5
  5. Suhu untuk pertumbuhan pisang optimal adalah 26 sampai 36 derajat celcius.

Persiapan Bibit

Bibit juga memainkan peran penting dalam menanam pisang. Selalu gunakan benih bebas penyakit untuk hasil maksimal. Jika Anda bisa mendapatkan benih varietas yang lebih tinggi dari petani tepercaya.

Dalam budidaya pisang terdapat tiga jenis bibit yaitu :

  1. Bibit Anakan adalah salah satu jenis bibit pisang dari anakan atau tunas. Anakan atau tunas harus dipisahkan dari tanaman dewasa dan tanaman harus sehat dan bebas dari penyakit.
  2. Kultur Jaringan adalah teknologi yang memungkinkan tanaman yang ditanam melalui penelitian laboraturium. Benih kultur jaringan umumnya bebas penyakit dan dapat disimpan dalam jumlah besar. Ukuran bibit juga seragam sehingga waktu panen lebih mudah.
  3. Bibit Bonggol diperoleh dari bonggol tanaman pisang yang sudah di panen. Kemudian tanaman ditebang dan diambil bonggolnya. Bersihkan bonggol yang dilepas tanpa merusak tembakan. Maka harus dibagi lagi menjadi ukuran mata tunas atau sekitar 12x12x12 cm. Jadi potongan bonggol harus ditanam di lahan yang sudah disiapkan. Bibit bonggol ini dapat digunakan untuk menanam pisang setelah 4-5 bulan.

Persiapan Lahan Tanam

Dalam pemilihan lahan sebaiknya lahan dengan ukuran yang luas serta lahan terbuka yang terkena sinar matahari langsung. Setelah mendapatkan lahan yang diinginkan maka bersihkan lahan dari gulma, tanaman liar dan batu-batuan yang ada di lahan.

Setelah itu lakukan penggemburan tanah dengan cara dibajak atau dicangkul. Setelah itu buatlah lubang tanah dengan ukuran minimum 60 x 60 x 60. Dan berikan jarak antar tanaman sekitar 2 sampai 3 meter. Setelah itu berikan pupuk dasar pada lahan berupa kotoran hewan sebanyak 3 sampai 4 kg.

Setelah itu diamkan lahan sekitar 2 hingga 3 minggu agar pupuk terserap alami di lahan. Selanjutnya lahan tanam sudah siap untuk penanaman.

Penanaman Bibit

Waktu yang tepat untuk menanam pisang yaitu pada awal musim hujan, sehingga proses penanaman pisang menjadi optimal dan lebih baik.

Cara menanam pisang dengan meletakkan pisang di lubang-lubang yang telah dibuat dan bibit ditancapkan dengan berdiri tegak kemudian timbun kembali dengan tanah dan padatkan tanah agar tidak mudah roboh terkena air hujan maupun angin.

Perawatan dan Pemeliharaan

Penyiraman

Lakukan penyiraman dengan rutin pada pagi dan sore hari terutama di awal masa tanam dan musim kemarau. Penyiraman sebaiknya secukupnya yang membuat lahan menjadi lembab.

Penyiangan

Bersihkan gulma dan tanaman liar yang ada disekitar tanaman agar pertumbuhannya tidak terganggu. Gulma dan tanaman liar yang tidak dibersihkan bisa merebut nutrisi didalam tanah.

Pemupukan Susulan

Untuk pertumbuhan pisang yang optimal maka berikan pupuk. Pemberian pupuk dapat berupa pupuk organik seperti pupuk kandang dan pupuk kandang sedangkan pupuk buatan dapat diberikan berupa pupuk Urea dan NPK.

Pemangkasan

Lakukan pemangkasan pada daun pisang yang kering dan mati agar pertumbuhannya menjadi optimal dan nutrisi yang didapat didistribusikan pada daun yang sehat.

Penjarangan

Penjarangan juga merupakan hal yang penting dalam perawatannya. Jika dalam satu rumpun tanaman pisang terdapat banyak anakan yang tumbuh maka potong anakan dan sisakan 3 atau 4 anakan saja.

Proses Panen

Pada fase panen, pohon pisang biasanya berbuah setelah berumur satu tahun setelah tanam. Pisang dapat dipanen ketika daun pisang menguning atau dengan lingkaran buah bulat. Umur pisang siap panen adalah antara 100 dan 120 hari setelah bunga muncul.

Demikianlah pembahasan tentang cara berkebun pisang semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya