Cara Merawat Hamster

Diposting pada

Cara Merawat Hamster

  1. Membersihkan kandang.
  2. Kandang diberi serbuk kayu.
  3. Memberi makan biji matahari.
  4. Memberi minuman.
  5. Memberi mainan.
  6. Tidak boleh dimandikan pakai air.
  7. Tidakboleh terlalu lama dijemur.
  8. Tidak boleh dipegang sambil berdiri.
  9. Cuci tangan sebelum dan sesudah memegang hamster.

Cara-Merawat-Hamster


Informasi ini saya dedikasikan untuk calon-calon peternak hamster baru ataupun lama yang ingin bertukar informasi seputar masalah hewan kesayangan dan pencetak uang yang bernama “Hamster”


Modal

Modal dalam beternak tidaklah terlalu besar maksimal Rp.1.000.000,- anda sudah dapat menangkarkan hewan mungil nan lucu ini dirumah anda, adapun pengalokasian dana ini akan terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah pengadaan bibit (indukan) hamster,pembuatan kandang hamster.


Indukan Hamster yang baik dapat kita peroleh dari peternak-peternak hamster yang sudah senior, karena kalau anda membeli di pasar-pasar umumnya, kebanyakan “pejantan” dan kalaupun ada betinanya itupun masih memerlukan jangka waktu lama untuk menunggu hamster itu siap kawin. (Kami menyarankan anda membeli langsung di peternak hamster).


  • Kalkulasi modal

  1. Untuk memulai beternak anda cukup membeli 25 Hamster indukan (siap kawin) dengan rasio perbandingan 20 ekor hamster betina dan sisanya pejantan
  2. Harga indukan dipeternak biasanya adalah Rp.15.000,- per ekor untuk jenis syrian, tapi ini relative tergantung dari si penjual harga diatas hanya sebagai patokan.
  3. Maka dapat kita peroleh modal awal untuk pengadaan induk adalah : 25 X Rp.15.000,- = Rp.375.000,-

Kandang

Untuk membuat kandang dalam beternak hamster sangatlah lain dengan kandang hamster sebagai hiasan atau pengobat stress,dalam beberapa blog yang termuat di internet pada umumnya mereka tidak menagkarkan tapi hanya sebagai hiasan rumah dan obat penat.


Kandang beternak hamster terbagi menjadi 3 macam:

  1. Kandang pngembangbiakan
  2. Kandang bersalin
  3. Kandang pembesaran

  • Kandang pengembangbiakan

Kandang ini memiliki ukuran paling besar yaitu 80cm X 80 cm persegi dengan kawat Strimin berukuran 0,5cm memutar sebagai dinding-dinding,dan alas kandang.Sesuai dengan namanya kandang ini berfungsi untuk proses perkawinan seluruh hamster,kandang ini bisa menampung sedikitnya 25 ekor hamster dengan perbandingan 20 betina dan 5 pejantan


  • Kandang bersalin

Kandang ini memiliki ukuran panjang 1 meter, disekat2 dengan ukuran 15X15cm persegi per kandang dengan kawat strimin berukuran 0,5cm sebagai muka dan alasnya saja,jadi dinding yang lain bisa berupa kayu untuk medapatkan kesan nyaman dan gelap


  • Kandang pembesaran

Kandang yang digunanan untuk membesarkan anak-anak hamster setelah di sapeh “ tidak minum susu dari induknya lagi ” berukuran panjang 1 meter, tinggi 15 cm dengan muka kawat strimin dan dinding lainya dapat berupa kayu. (Strimin kawat kotak2 kecil) tanpa menggunakan sekat


Kalkulasi dana pembuatan kandang :

  1. Kandang pembesaran jika anda membuat rangka dari jati maka habis sekitar Rp.50.000,-
  2. Kandang bersalin sekitar Rp.90.000,- menggunakan kayu cor saja sudah cukup kuat
  3. Kandang pembesaran sekitar Rp.25.000,-
  4. ( Kawat strimin 0,5cm=Rp.16.000,/m, Kayu Cor=Rp11.000/2m), dan paku reng 1 ons Rp.4000)

Dari kalkulasi biaya diatas makan anda sudah memiliki 1 kandang pengembanbiakan hamster, dan 11 kamar bersalin untuk hamster ditambah 1 kandang pembesaran dengan kapasitas 40 anakan hamster dan total biaya pengadaan kandang plus indukan hamster diperoleh Rp.540.000,-

Rp.90.000 +Rp.50.000,-+Rp.25.000,- =Rp. 165.000,-
Rp.375.000 (indukan ) =Rp. 540.000,-


Dalam blog ini kami juga akan menguraikan seluk beluk beternak hamster dari mulai pengadaan modal seperti telah kami sampaikan diatas sampai cara merawat,merangsang reproduksi hamster,memberi jenis-jenis makanan penambah nafsu kawin hamster dan sampai anda bisa memanennya


Jika anda tertarik, suka, dengan binatang mungil ini dan kebetulan membaca blog ini artinya anda tinggal menentukan 1 langkah lagi “ Beternak atau Tidak ?” Dan jika memang dalam hati anda mengatakan “Ya”, maka anda sebagai peternak pemula masih harus menentukan jenisnya hamster apa yang akan anda kembangbiakan ??


Mengingat susahnya mencari uang dan untuk menekan kegagalan dalam beternak kami menyarankan sebaiknya anda mencoba hamster “syrian”, yang sangat mudah untuk dikembangbiakan dan sangat sedikit memerlukan modal.


Beternak hamster dalam opersional sehari-harinya tidaklah sesulit kelinci yang masih terancam denga berbagai penyakit.Hamster memiliki daya tahan fisik yang baik sekali maka tak jarang hewan sejenis hamster,tikus kerap dijadikan uji coba di dunia kedokteran bukan sebagai kelinci percobaan tapi “ Hamster percobaan”


Tapi Apakah anda beternak untuk hal seperti itu ?? O tentunya tidak bukan! Kita beternak selain ikut melestarikan populasi hamster di Indonesia yang konon dulu hewan ini hanya ada di gurun pasir juga untuk menambah asupan keuangan rumah tangga, Iyaa.. kan


Bayangkan saja jika kamar bersalin hamster anda berisi 10 bayi perkotak sedangkan anda mempunyai 10 kamar bersalin dengan total 100 bayi hamster maka dalam 1 bulan (hamster siap jual) anda sudah dapat penghasilan kotor Rp.1.100.000,- dengan asumsi penghitungan @Rp.5500,- untuk hamster jenis (syrian). 100 bayi tersebut diperolaeh dari 10 indukan yang anda pelihara seperti uraian sebelumnya, maka jika lebih dari itu anda tinggal mengkalikannya.


Dalam blog ini kami juga akan menjelaskan bagimana agar bayi-bayi hamster anda tidak dimakan induknya, bagaimana design kandang yang baik itu ? tapi sabar dulu kerena kami harus membangun kepercayaan diri anda agar dalam menjalankan bisnis ini agar anda tidak setengah-setengah.


Ada kata bijak mengatakan, “ Kalau anda Lunak terhadap kehidupan maka kehidupan akan keras terhadap anda tapi kalau anda keras terhadap kehidupan maka kehidupan akan lunak kepada anda”

Artinya segala keberhasilan, kesuksesan dalam kehidupan anda bergantung pada sejauh mana usaha anda menghadapi kehidupan itu


Ada dimana diri anda ? apakah anda orang yang Lunak atau bahkan anda orang yang keras dan siap meraih sukses dengan beternak hamster ?? Silahkan anda yang memutuskan kami hanya berkonsep membantu usaha yang akan anda jalani walaupun tidak sepeserpun kami dibayar bagi kami mewartakan ilmu yang kami peroleh untuk masyarakat banyak adalah suatu kepuasan sendiri yang tidak ternilai harganya dibanding menerima tumpukan uang tapi hanya untuk beberapa orang saja yang menerima.


Baca Juga : Kandang Ayam Petelur


Pola Makan Hamster

Hamster membutuhkan makanan segar setiap hari.

Ada dua teori mengenai apa waktu untuk makan, di pagi hari atau di malam hari. Satu sisi mengatakan pada sore hari ?? Sisi lain mengatakan untuk memberi makan di pagi hari.


Hasil studi yang dilakukan menunjukkan bahwa hamster tidak tidur sepanjang hari.

Sebaliknya, dia bangun minimal sekali setiap dua jam untuk “makan.”pada malam hari makhluk ini sedikit liar dia keluar mencari makan untuk makanan sepanjang malamnya, setelah itu ia membawa kembali ke lubang dan ditambahkan ke “makanan simpanan”


Syrian hanya membutuhkan sekitar satu sendok makan makanan per hari, ditambah suplemen atau buah dan sayuran.  Karena Dwarf memiliki metabolisme yang lebih tinggi diasumsikan mereka akan mengkonsumsi jumlah yang sama. Itu tidak berarti untuk makanan ransum pada satu sendok makan per hari, seperti semua binatang yang hidup, yang berfluktuasi asupan harian.


Tergantung pada ukuran hidangan makanan, harus ada cukup persediaan biji-bijian diramu, untuk memilih dari.  Hamster mempunyai naluri dan tahu makanan bersifat biji apa yg di butuhkan untuk kesehatannya, dan akan menjaga keshatannya jangan heran bila si hamster ini tidak butuh maka bijian itu tidak akan di makan. Selain buah-buahan dan sayuran yg dianjurkan, ada beberapa makanan lain yang hamster suka untuk memperbaiki gizi pada Hamster, tetapi ahli gizi menganggap ini adalah suplemen diet seperti:


  • Telur

Hamster ternyata sangat menyukai telur (*segala macam telur terutama unggas/ayam/puyuh) Supplement ini baik sekali diberikan untuk Hamster yang sedang hamil atau anak² hamster yang masih muda² (kecil²). Dalam memberikannya anda tidak boleh seperti biasa anda membrikan makanan ke hamster, untuk telur anda harus menunggu dan yakin bahwa telur habis dimakan sehiingga tidak mninggalkan sisa yg dapat menybabkan tlur busuk dan terkontaminasi air maka aka ada zetnya (=blatung).


  • Minyak Hati Ikan (Minyak ikan)

Kaya akan Vitamin A dan D, beberapa tetes minyak ikan di paksa masuk lewat mulutnya diberikan seminggu sekali atau anda bisa mnggantikannya dengan makanan ikan yang sudah mngandung minyak ikan seperti makanan ikan KOI, Makanan Anjing, atau kucing yang sifatnya butiran.


  • Daging

Memberikan daging pada hamster telah menjadi perdebatan lama ada yang berpendapat bahwa makan daging akan mendorong kanibalisme. Namun, ada laporan peternak yang memberikan makan daging secara teratur dan tidak pernah mengalami kanibalisme abnormal.

Saran saya untuk anda : (kalo dompet kaga tebel jangan dikasih, kemungkinan bisa jadi kanibal karena kangen rasanya eh kita gak kasih² sikat deh). Daging dapat diberikan sebagai potongan kecil daging sapi atau kambing (hindari daging babi), makanan anjing kalengan atau mealworm, yang merupakan favorit bagi kebanyakan hamster.


  • Susu

Masalah dasar dengan susu adalah tempat minum khusus untuk susu.. diberikan dalam keadaan hangat, dan setelah itu kalo tidak habis di buang mengingat susu mudah berubah menjadi basi/asam . Karena banyak yg bermasalah memberikan susu pada hamster ini sekalipun susu khusus hamster maka supplmen susu ini khusus diberikan untuk hamster yang sedang sakit hamil. bersihkanlah tempat minum bnar² brsih sebelom menuang susu.


  • Mix Food

Campuran makanan burung dalam bentuk biji seperti makanan kenari, parkit, campur dengan komposisi satu sendok teh semuanya.


  • Ragi

Ragi kaya akan vitamin B yang bekerja pada sistem saraf dan sangat efektif dalam mengurangi stres. (Stress merupakan penyebab utama dari penyakit hamster banyak, di bagian ekor basah Pemberian ragi seminggu sekali yang sangat bisa baik menjadi salah satu langkah pencegahan terbesar bagi banyak penyakit² hamster.

Berikan sejumput ragi gizi seminggu sekali. (ragi gizi bisa ditemukan di toko-toko makanan kesehatan, tidak pahit seperti ragi roti dan hamster Anda akan menikmati rasa.


Kandang Ternak Hamster

Sepanjang saya beternak menggunakan kandang seperti ini, hasilnya lumayan baik artinya rata2 Hamster melahirkan 10 – 12 semua bisa tumbuh menjadi indukan… tapi jika anda adalah “penikmat”, bukan untuk di ternak sebaiknya beli kandang2 Hamster di toko2 terdekat atau pesan di saya.


Disini saya menggunakan kayu cor (*kayu untuk cor bangunan) beli di material ada, kenapa saya pilih karena harganya relatif murah kisaran 15 rb dapat 2 lembar dah cukup buat 4-5 kamar.., rus kayu ini di gergaji enak tapi tidak alot untuk hamster, empuk tidak membuat paku bengkok.


  1. Ukuran keliling per kamar saya bikin 15cm ini sudah mepet banget kalo lahir 10 dan besar semua dah terasa uyek2 kan
  2. Untuk kawat strimin (*kawat kotak2) saya pakai 2 ukuran 1cm sama, 0,5 cm sebagai alasnya, kenapa saya pilih 0,5 cm ini untuk merawat kaki bayi hamster biar gak bengkok karena alas terlalu keras.

Rahasia dari kandang untuk beternak adalah adanya sirkulasi udara yg baik, dan sirkulasi kotoran sehingga kotoran tidak busuk di dalam kandang, bab,kencing dll. Kandang ini mudah dibersihkan, cukup bawahnya diambil di cuci dan jemur kandang dah bersih, karena kandang ini di design supaya kotoran bisa turun kebawah makanya saya anjurkasn seperti ini kandang teman2 semua “Kalau” mau beternak.


Pada dasarnya semua kandang bisa dan bagus dipergunakan oleh Hamster, mau pakai akuarium, kandang beli di toko kek sama saja akan tetapi kandang2 diatas itu mempunyai kelemahan-kelemahan:

  1. Misalnya pada saat hamster melahirkan kandang tidak bisa dibersihkan sampai nunggu anaknya besar,efek sampingnya bisa merubah aroma si baby yg mengakibatkan dimakan indukan karena disangka makanan
  2. Kalo untuk ternak yang kapasitasnya besar pakai kandang akuarium itu nanti bisa2 kalo pipis penuh air akuariumnya…(*hahahaha), yang jelas bau aja kalo kebanyakan hasmternya pakai kandang akuarium
  3. Biaya operasional perawatan lebih besar kandang akuarium… Beli pasirlah, serbuk kayulah ..

Perawatan Kandang

Post kali ini saya mau membahas bagaimana meng-sterilisasi kandang Hasmter itu… (*Cara membersihkan kandang yang baik dan benar). Seperti kita ketahui bersama, bayang2 yg paling menakutkan seorang peternak adalah “wabah” penyakit sebagai contoh “unggas” dengan flu burungnya, kita semua nggak mengharapkankan penyakit ini mengintai ternak kita bersama apalagi sampe banyak yang mati….


Berikut saya jelaskan bagaimana mengstrerilisasi kandang hamster itu (*mudahnya “membersihkan kandang hamster”) Kandang Hamster bermacam-macam ada yg terbuat dari besi (*pabrikan), ada yg terbuat dari Kayu dan ada yg terbuat dari kaca (*akuarium)

Cara membersihkan :

  1. Angkatlah Hamster dan pindahkan pada suatu tempat tersendiri, bila kandang anda menggunakan serpihan kayu buang serpihan tersebut ganti dengan yang baru tapi sebelom mengganti cuci kandang hamster anda dulu dan sikat terutama bagian pojok-pojok. (yang perlu dihindarkan saat membersihkan, jangan menggunakan perhiasan yg mengandung emas di jari anda karena kalo kena air dan kencingnya hamster, serta sabun yg kita gunakan dapat mengurangi kadar nilai emasnya)
  2. Gunakan sabun colek gpp, sikat bersih semuanya, kemudian sebelom menjemurnya periksa lagi apakah ada makanan2 yg nyempil di kadang2 (*biasanya kandang yg terbuat dari strimin/besi) sering nyempil gak kelihatan kalo sudah selesai jemur sampai kering tuh kandang
  3. Sambil menunggu kering, jika kandnag anda menggunakan serbuk kayu, buka plastik serbuk kayu anda yang baru dan jemur juga untuk memastikan tidak ada binatang lain didalamnya seperti semut ini juga suka kayu..
  4. Setelah kandang kering, ambil desinfectan cari di toko kimia kalo gak mau susah, ambil bayclin (*pemutih baju punya emak), Ambil kira-2 satu sendok makan campur sama 3 gelas air trus dimasukan sprayer (*alat buat nyemprot burung kalo susah nyari beli aja yg buat nyemprot nyamuk (yg masih baru) jangan bekas. Masukan obat tadi kedalamnya trus semprot kandang dengan obat tadi, termasuk asseoris di dalamnya, tempat minumnya gak usah luarnya aja,tempat makannya juga luarnya aja.
  5. Untuk kandang kaca/akuarium cukup basuhkan di lap kemudian di lap ulang akuarium yg sudah dibersihkan tadi… step lain baca no4
  6. Setelah selesai jemur lagi kandnag sampai kering, dan kalo udah kering baru masukan serbuk kayu, rumah mainan, dllnya…
  7. Kandang anda sudah steril dari penyakit2 yg membahayakan hamster anda dan anda sendiri…

Makanan Hamster

Dalam beberapa blog kami pernah membaca banyak sekali yang mengulas bagaimana makanan haster itu sebaiknya ? Dan dalam pengamatan kami pada umumnya mereka menulis hal itu hanyalah hamster yang berfungsi sebagai hiasan dan hiburan, Jadi bukan berarti salah tapi agak lain dengan kami yang berorientasi pada “keuntungan” (peternakan) dalam hal ini kami mengambil sample Hamster syrian. Banyak yang menulis makanan hamster kwaci, food supplement import, Pop corn dll itu benar kalau anda sebagai penikmat dari kelucuan hamster tapi kalau anda sebagai peternak maka keuntungan hamster anda akan habis untuk operasional makanan.

Makanan apa saja yang harus di hindari ?

Sama seperti blogger yang lain bahwa segala macam bentuk coklat dan sayur-sayuran juga buah-buahan yang mengandaung vitamin C adalah Dilarang untuk hamster. Ingat hamster bukan Tikus.

Makanan terbagi beberapa macam dan berbeda protein yang terkandung didalamnya pada umunya hamster suka “ toge”,”tahu”,”kwaci”, dll

Dalam beternak kami memberikan makanan hanya berupa toge,br,nasi,pelet, (makanan bibit ikan lele) yang mempunyai fungsi berbeda, Kanapa kok itu ?

Kami memberi makan hamster cuma dengan nasi+br+ toge dicampur sedikit air , dengan ukuran brnya 2 genggam, toge 2 genggam setiap harinya sedangkan untuk pelet ( makanan bibit ikan lele), tidak kami berikan setiap hari karena berbahaya untuk pemilik peternakan,lalu kapan diberikan ?

Pelet atau makanan bibit lele (butiran kecil) banyak sekali vitaminnya, makanan ini tidak kami berikan setiap hari tapi makanan ini kami berikan jika kandang bersalin di tempat kami ada yang kosong dan bayi-bayi hamster sudah besar.

Efek samping dari pelet ini adalah merangsang Hamster pejantan ataupun betina untuk melakukan reproduksi, singkat kata, maunya kawin atau pikirannya parno terus. Maka jika anda memberikan tiap hari tapi anda tidak siap kandang bersalin kasihan hamsternya, bisa-bisa dia mati dikandang pengembangbiakan karena hamster tidak akan melahirkan ditempat tersebut dia akan menahan terus diperutnya yang akibatnya “mati” inilah rahasia peternak hamster makanya tak jarang banyak sekali hamster dipeternakan, bedasarkan pengalaman kami, memberikan asupan gizi ini akan lahir rata-rata 9-10 ekor bayi, tapi ingat pada saat menyusui jangan berikan ini cukup nasi+br+toge. Pelet dikasih kalau kantong udah tipis aja atau ngejar target.

Ingat Pola makan dan jenis makanan yg dikonsumsi makhluk hidup sedikit banyak memeperngaruhi prilaku dari makhluk itu, kalo manusia sih biar “strong” katanya makanya daging kambing jadi hati2 dalam hal makanan.


Baca Juga : Cara Merawat Kelinci


Merancang Kandang Dan Efeknya

Bagaimana merancang atau design kandang hamster itu? Sebagaimana telah saya kemukakan diatas behwa blog ini diperuntukan bagi “peternak” dan calon peternak hamster, jadi sedikit bersebrangan dengan mereka (konseumen/pembeli) yang memiliki hamster hanya sebagai obat penat atau stress.

Untuk kandang sebaiknya tidak tertutup rapat, melainkan alas dan mukanya berupa kawat strimin (kawat ini biasanya untuk kandang parkit), ingat alas dan mukanya saja, sedangkan yang lainnya dapat menggunakan kayu cor.


  • Kandang Bersalin

Panjang kandang ini 1m dengan ukuran sekat perkandang 15cmX15cm,Alas dan muka memakai strimin berfungsi untuk membuat kotoran hamster langsung jatuh kebawah tidak berbaur dengan sarang,makanan hamster dan (bayi hamster). Sedangkan muka kandang yg juga menggunakan strimin berfungsi untuk mengontrol suplay makanannya dan membantu sirkulasi udara juga cahaya.Hal ini berlaku untuk semua kandang yang telah saya uji coba.Baik itu kandang untuk bersalin dan pembesaran

Sesuai dengan namanya kandang bersalin, kandang ini dipergunakan untuk melahirkan anak-anak hamster dari indukan yang hamil, perlu diketahui sebelum anda memasukan hamster yang hamil ini anda harus mempersiapkan pembuatan sarang.

  • Cara membuat sarang hamster untuk melahirkan :

Jika rumah anda jauh dari persawahan atau perkebunan maka anda bisa membuat sarangnya dari potongan=potongan kertas (saya sarankan potongan kertas koran), mengapa pakai kertas koran? Karrena kertas koran mengandung banyak sekali tinta karbon, dan jika terkena air kencing hamster maka kertas ini akan menyerap bau.

Sebaliknya jika rumah anda berada dekat dengan persawahan maka and dapat menggunakan media “dami” bagi yg belum tau dami adalah batang pohon padi,Sejauh pengamatan saya Hamster lebih menyukai dami, karena dia akan menyusun dami itu seperti goa dan menempatkannya didalamnya, tau-tau pas anak-anaknya keluar sudah berbulu lucu-lucu·

Dengan menggunakan kulit jagung juga bisa kita pakai untuk media sarang hasmster, tapi sebelumnya anda harus benar-benar perhatikan kulit jagungnga.Sebaiknya dijemur seharian sebelum di pakai.Saya sendiri kurang menyukai media ini, dari hal-hal yang sudah saya coba kulit jagung kalau terkena basah (kencing hamster misalnya) akan menggundang ratusan prajurit semut,takutnya nanti si semut ini akan menyerang bayi hamster.·

Dalam menyusui anaknya sebaiknya kandang tidak usah dikasih air minum, cukup selama 3 mingguan anda beri buah-buahan yang banyak mengandung air tetapi tidak dilarang untuk diberikan hamster·

Anda tidak perlu menyusun bentuk sarang dallnya tapi cuma memasukan aja medianya nanti secara otomatis sang hamster betina akan mengaturnya sendiri.·


  • Kandang Pengembangbiakan

Panjang kandang ini sebenarnya terserah selera anda dan banyaknya indukan hamster anda yang akan menghuninya, untuk jumlah 25 pasang, kandang yang telah saya gunakan berukuran 80cm persegi. Seluruhnya dibalut kawat strimin ukuran 1cm sedangkan alas kandang menggunakan strimin ukuran 0’5 cm. Supaya makanan yg kita berikan tidak jatuh ketempat penampungan kotoran, lengkapilah kandang hamster anda dengan botol minuman,


karena sifatnya banyak hamsternya maka saya menggunakan botol minuman yg dipergunakan untuk anak-anak ayam,(botolnya besar dan cukup untuk mensuplay minuman hasmter selama 1 minggu). Dalam pengembangbiakannya saya memakai system acak, artinya hamster tidak berpasangan melainkan semua menjadi satu. fungsi dari pengembangbiakan secara acak ini untuk menghasilkan kombinasi warna yang bervariasi karena warna-warna pejantan juga betinanya bervariasi.


Dari hasil pengembangbiakan secara acak ini saya bisa menghasilkan bayi hamster dengan warna Panda hitam dan putih,panda abu-abu putih, panda coklat putih,ring putih hitam (ring putih hitam=badan hamster putih ditengahtengah melingkar hitam=antik).


  • Kandang Pembesaran

Kandang yang berfungsi untuk membesarkan anak-anak hamster, setelah disapeh (tidak menyusui lagi).Dalam prakteknya saya menggunakan ukuran panjang satu meter dan tinggi 15 cm beralas strimin dan muka strimin.


Kandang pemebesaran memang harus dibuat panjang, kegunaanya untuk merangsang pertumbuhan dari hamster itu sendiri, karena dengan panjangnya kandang efek yang ditimbulkan nanti si bayi hamster akan berjalan mondar-mandir dengan jarak 1m, dari aktifitas ini maka hamster akan lelah dan pada saat kita memberi makan maka si bayi akan makan dengan lahap dan sehat. Jangan lupa lengkapi botol minuman dikandang pembesaran anda,Jangan mengandalkan buah sebagai asupan pengganti air, tapi air sendiri perlu untuk mahluk hidup.


  • Hal-hal yang perlu dihindari dalam beternak hamster atau membuat kandang

Jangan membuat kandang hamster dengan alas kandang tertutup (menggunakan kayu), karena kotoran tidak akan jatuh kebawah dan menyebabkan kandang bau.Buatlah seperti yang telah saya jelaskan karena semua telah teruji.


  • Efek dari kandang bersalin hamster yang tertutup

Pembuatan kandang secara tertutup semua (tanpa strimin) akan membuat sisa-sisa makanan yang tidak dimakan membusuk dan menimbulkan aroma tersendiri,Keluarnya aroma ini terkadang kurang dimengerti oleh indukan hamster yg sedang menyusui, mereka mengira bau itu ditimbulkan oleh bayinya sendiri maka akhirnya pembuatan kandang secara tertutup semua tanpa sirkulasi udara, tanpa sirkulasi tinja sang induk menerkam anak-anaknya sendiri karena aroma bau anaknya tidak sama dengan induknya dan dikira sang induk membahayakan dirinya dan anaknya.


Jadi buatlah kandang dengan sirkulasi udara yang baik, juga dengan pengelolaan tinja yg baik.saya perlu tambahkan jika anda sudah membuat kandang sesuai dengan apa yg saya informasikan, jangan lupa buatlah tempat penampungan kotorannya dibawah kandang (sepeti kandang burung) jadi kita bisa bersihkan minimal 1 minggu sekali.


Hamster Hamil

Setelah anda memutuskan untuk beternak hamster maka semua hamster yang ada di kandang pengembangbiakan pastinya akan melakukan hubungan sex dengan lawan jenisnya donk masa ada seh hamster homo apa lesbi.

Selanjutnya dalam beberapa minggu maka hamster betina akan mengalami kehamilan (bunting/pregnant), sebaiknya anda jangan dulu memisah begitu melihat hamster kawin, akan tetapi biarkan dulu dalam beberapa hari hingga anda mengambil keputusan untuk dipisahkan.


Bagaimanakah cari-ciri fisik hamster anda hamil ?

Cara mudah pertama adalah dengan mengamati saat jalan dari atas, jika jalannya seperti bebek maksudnya kayak keberatan pinggul maka bisa dikatakan hamster anda sedang hamil tua coy!·

Cara yang kedua yaitu dengan mengeluarkan hamster anda dari kandang dan membalikkannya, tubuhnya, perhatikan bagian perut kiri dan kanan, ada benjolan berwarna hitam bisa kita raba-raba kalau anda menemukan benjolan hitam itu artinya positive hamster anda sedang hamil tua (benjolan tersebut adalah calon baby hamster yg akan dilahirkan)·


Melihat puting susunya, pada hamster yang hamil putting susunya seperti bertambah besar. Makanya perhatikan jangan cuma putting susu pacar aja yg digedein (hehehe)· Jika anda menemukan ciri-ciri fisik diatas maka anda dapat sesegera memisahkan dari teman-temannya yang lain (yg Ngebuntingin), karena takutnya lahir gak ketahuan yg cuma jadi santapan aja kan sayang dong.


Pisahkan segera hamster yang hamil tadi dan masukkan ke dalam kandang bersalin, tapi sebelumnya dalam kandang tersebut anda perlu siapkan sarang untuk melahirkan. Sebelum memisahkan tentunya anda harus mengetahui dulu bagaimana kelamin yang betina dan jantan, jangan asal-asalan ntar telanjur di masukin dalam kandang bersalin tau-taunya jantan repot donk..


Untuk menentukannya mudah sekali tidak ,anda cukup membalikannya dan melihat jaraknya.

  • Hamster betina

Hamster betina mempunyai kelamin dekat sekali dengan dubur,sesudah bolongan dubur kira-kira 3 milimeter kelamin/ hamster (Betina)

  • Hamster jantan

Hamster jantan mempunyai kelamin agak jauh dengan dubur,sesudah bolongan dubur kira-kira 0,5 cm adalah alat kelamin dan memiliki kelenjar bau, ciri lain hamster betina ada buah jakarnya bentuknya mirip kambing tapi kecil (hewannya aja kecil, masa minta gede gak bisa jalan donk)


Merawat Bayi Hamster

Banyak sekali para penghobbies binatang ini menanyakan bagaimana merawat “bayi hamster”? supaya hamster hidup tidak dimakan induknya.


Kenapa Induknya memakan anak hamster ?

Pertama hal ini disebabkan karena anda sendiri, pertama mungkin anda lupa memberi makan pada binatang peliharaan anda.


Design kandang, seperti telah saya uraikan diatas bahwa design kandang yang salah (tertutup rapat tanpa sirkulasi udara dan tinja). Akan menyebabkan makanan yg tidak dimakan menjadi busuk,kencing dang tokai hamster tidak dapat jatuh kebawah alias berbaur jadi satu, kemudian udara yang lembab dalam kandang dan pada akhirnya akan menimbulkan bau. Bau ini melekat pada bulu si bayi hamster, karena naluri kehewanannya kuat sang induk merasa bahwa bayinya itu sebagai musuh disikatlah dia hidup-hidup kenapa?karena aroma kandangnya yg pengap merubah aroma si bayi berbeda jadi disikat saja.


Anda menyentuh bayi-bayi hamsternya, Jika ini anda lakukan ya udah “say good bye”, aja ama bayi-bayinya,kenapa? Karena aroma tangan anda akan melekat pada pori-pori bayi tadi dan kemudian sang induk merasa ada musuh disikatlah sang bayi (aroma lain).


Yang perlu anda lakukan jika Hamster anda sudah melahirkan bayi :

  1. Jangan sering-sering dilihat (cuekin aja tar juga gede), kecuali memberi makanan
  2. Jangan menyentuh bayinya karena sang induk akan melahap bayi-bayinya
  3. Jangan memberi makan jagung manis
  4. Pergunakan bohlam 5watt untuk penerangan jangan neon
  5. Tutup kandang muka (strimin) dengan kertas koran
  6. Pindahkan bayi ketika sudah mencapai umur 3 minggu (sudah bisa makan sendiri,makannya kuat, sudah berbulu)
  7. Jangan memberi susu bayi ke bayi-bayi hamster sebagai asupan karena akan mencret hamsternya.
  8. Berilah makanan yang banyak mengandung air selama ibu bayi menyusui anak-anaknya.
  9. Jangan memasukan tangan anda dalam kandang
  10. Gunakan senter, matikan lampu, ambil sendok jika anda ingin memindah bayi-bayi hamster tersebut.

Baca Juga : [Lengkap] 9 Cara Budidaya Kroto Dengan Toples Untuk Pemula


Merawat Sebelum Dan Setelah Melahirkan

Oke deh teman semua, saya mau share sedikit nih bagaimana merawat Hamster yg sudah melahirkan (bersalin) atau menjelang bersalin.

  • Pertama, Hasmter itu kalo mau melahirkan pasti dong “perutnya buncit” (gendut)Nah, kalo udah ada gejala seperti itu buru-buru deh tempatin/pindah di kandang sendiri (kandang bersalin) jangan lupa kamu kasih penghangat kandangnya, Buat temanku di Malaysia untung ya kemarin anaknya gak dimakan induk jantannya padahal kemarin kamu campurkan..?)

  • Kedua, sama lohh sama manusia kalo habis bersalin katanya Lelah, lapar, haus so menjelang hamster kamu bersalin rajin-rajinlah kamu lihat udah melahirkan bloom? kalo sudah untuk menghindari anaknya dimakan induknya (Ibu hamster) kamu buru-buru deh kasih makan yg banyak mengandung air bisa kamu kasih apel
  • Ketiga, Setelah bayi hamster lahir kamu kasih makan induknya yg kira-kira kalau dia makan dapat menghasilkan air susu yg baik buat anaknya, Apakah makanan itu? kamu bisa kasih jagung manis (ingat ya jagung di Indonesia ada banyak kamu belinya jagung manis yg buat sayur asem Mama kamu Nah Jagung seperti itu yang kamu kasih) tapi jangan banyak2 secukupnya aja kira-2 kamu bagi empat deh tuh jagung.

  • Keempat, Kalo dah lahir jangan sering-2 dilihat (kecuali kamu kasih makan) karena kalo sering dilihat biasanya si induk akan menyambut kamu (hehehe….) disangka mau kasih makan Nah akyivitas kamu ini akan mengganggu anak-anaknya yg sedang mimik susu So diamin aja kalo gak pas jam makan
  • Kelima, Kamu harus kasih tambahan jam makan (extra meals time), karena lelah dan laparkan tuh induk hasmter harus kasih minum susu anaknya
  • Keenam, Jangan sekali-kali kamu sentuh anak hamster itu dengan tanganmu, karena bau ditanganmu itu nanti akan nempel dikulit bayi dan ketika sang induk mencium bayi sudah berbau lain maka biasanya dia akan memakan anaknya, gunakan alat bantu seperti sendok

Penyakit Hamster

  • Hamster Colds

Flu pada hamster dapat disebabkan oleh suhu kering, oleh karena itu penempatan lokasi kandang sangat mempengaruhi. Gejalanya hamster menderita flu: bersin, hidung basah, nafas berat, dan selalu duduk dengan posisi membungkuk.


Sangat dianjurkan untuk tidak memandikan hamster karena merupakan salah satu sumber flu yang utama. Jangan pernah bermain-main dengan hamster ketika anda sedang flu karena bisa menular ke hamster kesayangan. hamster yang mengidap flu sebaiknya diletakkan pada ruang yang hangat dan tidak kering. Makanan yang lembut (telah dihaluskan) baik untuk hamster yang flu, air minum yang telah diberi sedikit madu juga baik untuknya.


  • Hamster Wet Tail

Hamster Wet Tail merupakan infeksi bakteri dan dapat menyebabkan diare akut. stress dan ketidakseimbangan porsi makanan menjadi penyebab utama Hamster Wet Tail. salah satu contoh stress adalah pengaruh ketika hamster dibawa dari toko hewan menuju rumah (perjalanan panjang). gejala Hamster Wet Tail area anus hamster menjadi lengket dan basah. hamster yang sakit akan bergerak sedikit sekali dan sama sekali tidak mau makan.


Cairan isotonik dapat diberikan secara oral kepada hamster dan dokter hewan dapat meresepkan antibiotik untuk hamster. Metronidazole POM biasa digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan dengan takaran sesuai anjuran dokter hewan. Suapi hamster anda segera dengan makanan yang telah dihaluskan. triknya mungkin bisa dengan menambahkan madu untuk menambah nafsu makannya. kandang hamster yang sakit sebaiknya segera dibersihkan dengan disinfektan / secara menyeluruh.


  • Hamster Bladder Stones

Gejala hamster yang mengalami Hamster Bladder Stones adalah adanya setitik kecil darah pada urine-nya. hamster akan merasakan sakit yang luar biasa pada saat kencing dan hamster terlihat lemas. memberi makan daun dandelion dapat membantu produksi urin dan memaksa batu ginjal keluar dengan sendirinya. cara lain adalah dengan menambahkan sedikit garam pada minuman atau makanan.


  • Hamster Diarrhoea

Hamster Diarrhoea merupakan hasil dari pemberian makanan yang tidak benar dan terkadang kombinasi yang salah pada makanan basah dan kering. makanan yang busuk atau minuman yang kotor juga pemberian makan sayur-sayuran yang berlebihan juga menjadi penyebab. gejala Hamster Diarrhoea terlihat dari kotorannya (feces) yang berwarna hijau, encer, dan dalam jumlah yang banyak.


Jika hamster anda menderita diare, segera singkirkan semua makanan basah yang ada dan beri makan roti kering dan nasi matang. pemberian minuman teh chamomile juga disarankan. kemudian bersihkan kandang dari kotoran hamster 2 kali sehari. setelah hamster lebih baik, segera disinfek kandang hamsternya.


  • Hamster Constipation

Hamster constipation mengindikasikan adanya penyumbatan pada saluran pencernaan (sembelit). Ini merupakan akibat dari perilaku hamster yang mengunyah bedding yang kotor atau hamster kurang minum (dehidrasi). Hamster akan menunjukkan tanda-tanda sakit perut dan berhenti makan. Coba tambahkan buah dan sayur seperti kubis atau daun dandelion dalam porsi makanan hamster atau beri satu tetes minyak sayur setiap hari. Ulangi 2 hari sekali. Pastikan hamster mendapat air minum yang bersih.


Baca Juga : Cara Ternak Ayam Joper


  • Hamster’s Rectal Prolapse / Hamster’s Prolapsed Rectum

Untuk yang ini sudah pasti kawan-kawan tahu, ini disebut juga dengan Hernia pada manusia. Gejala turunnya posisi pencernaan hingga terlihat keluar / menjuntai pada anus hamster. Jika terjadi hal ini, sebaiknya hamster dibawa ke dokter hewan untuk dioperasi.


  • Hamster Diabetes

Diabetes biasa terjadi pada hamster jenis Campble dan sifatnya menurun. Gejalanya: hamster minum secara berlebihan, rontoknya bulu pada area perut dan tangan, pipis berlebihan, waktu tidur yang lebih lama, hamster melakukan olahraga secara berlebihan, hamster kekurangan / kelebihan berat badan secara drastis dan badan hamster gemetar Beri diet yang sesuai dengan menyediakan sayur segar seperti wortel, lobak turnip, brokoli, kembang kol dan sedikit telur rebus. Makanan pak yang mengandung fruktosa sebaiknya dihindari.


  • Hamster Strokes

Ketika hamster terserang penyakit stroke, kepala hamster biasanya akan miring ke satu arah dan hamster berlarian berputar-putar. Stroke biasanya menyerang pada malam hari. Hamster yang terserang stroke mempunyai tingkat harapan hidup yang rendah, walaupun mereka mampu bertahan hidup, mereka akan mengalami ”head tilt” / miring kepala secara permanen.


Namun ”head tilt” ini biasanya terjadi karena adanya infeksi di bagian dalam telinga atau bisa juga terjadi karena infeksi saluran pernapasan. Hamster akan mencoba memiringkan kepalanya ketika berusaha untuk berjalan. Infeksi bakteri ini dapat disembuhkan dengan resep obat dari dokter hewan. Hal lain yang memungkinkan terjadi adalah adanya tumor otak pada hamster. Gejalanya stroke lainnya adalah biasanya hamster akan bersikap normal namun kemudian hamster seperti ”kesurupan” / terhipnotis dengan bersikap diam saja tidak bergeming ketika dikagetkan. Stroke dapat disembuhkan dengan porsi makanan dan minuman yang berimbang dan harus selalu dipantau selama 2 minggu berturut.


  • Hamster Skin Mites

Skin Mites ini termasuk parasit yang berbahaya bagi hamster. Kutu ini berupa laba-laba kecil yang bersarang di kulit hamster sehingga seakan tidak terlihat sama sekali. Jika kutu kulit ini menyerang salah satu hamster, maka dengan cepat akan menular pada hamster lainnya dalam kandang yang sama. Kutu kulit ini juga dapat tertular dari binatang lainnya seperti anjing atau kucing. Gejala bulu rontok pada hamster biasanya terjadi karena aksi menggaruk yang berlebihan.


Hamster bisa mengatasi kutu ini dibantu dengan spray anti kutu untuk hamster. Segera disinfek kandang hamster dan semprot dengan anti kutu. Jangan menyemprot secara langsung pada hamster, lakukan dengan menggunakan sikat gigi yang kemudian disapukan ke bulu hamster kemudian gunakan tisu kering untuk mengelap bulu hamster. Ikuti petunjuk pada spray anti-kutu.


  • Hamster Ear Mites / Hamster Ear Mange

Hamster Ear Mites / Hamster Ear Mange dikenal juga sebagai Notoedres. Kutu ini hidup/berkembangbiak disekitar telinga hamster dan bisa menjangkit wilayah muka dan kaki hamster. Hamster Ear Mites ini berkembangbiak dengan cepat pada area yang terinfeksi dan hamster pun mulai merasa terganggu dengan kehadiran kutu ini dan akan menggaruk secara membabi buta. Kulit hamster menjadi rusak, hitam dan menjadi fatal jika terus dibiarkan karena hamster bisa mati mendadak karena aksi menggaruk yang brutal hingga tak sadar mencabik diri sendiri.


Pengobatan dilakukan oleh Vet dengan menyuntik cairan Ivermectin atau memberikan Ivermectin secara oral. Krim / salep juga perlu dioleskan untuk mengurangi rasa gatal dan bakteri yang ada. Kandang hamster perlu dibersihkan lebih sering (3-5 kali seminggu) untuk mencegah supaya Hamster Ear Mites tidak menjangkit hamster lagi.

Untuk Hamster Ear Mange (kudis) aplikasi (dioleskan) secara berhati2 dengan menggunakan olive oil. Minyak lavender, rosemary, tea tree dan bawang putih juga bisa digunakan.


  • Hamster Cancers / Tumours

Terkadang pada tubuh hamster timbul benjolan-benjolan yang tidak biasa yang semakin besar dari waktu ke waktu. penanganan dini oleh Vet dapat membantu pencegahan penyebaran sel tumor/kanker. Resiko tumor/kanker muncul ketika hamster beranjak tua.


Beberapa tumor/kanker bisa diobati, walaupun tumor/kanker telah dioperasi masih bisa tumbuh lagi. Operasi yang dilakukan Vet juga terkadang beresiko karena kecilnya ukuran tumor/kanker juga penggunaan antibiotik yang tidak tepat dapat membahayakan hamster. Sayangnya, tumor/kanker juga bisa ditimbulkan karena perkimpoian satu garis keturunan (incest) misalnya: antar anakan, induk dengan anak.


Hamster yang menderita tumor/kanker dapat hidup biasa layaknya hamster normal, yang perlu diperhatikan adalah untuk menyingkirkan segala benda tajam dalam kandang hamster yang dapat mengoyak tumor/kanker. Jika tumor/kanker terkoyak, oleskan minyak lavender/minyak sayur. pengobatan ini perlu dilakukan untuk mencegah supaya hamster tidak menjilat cairan tumor/kanker dan mencegah supaya tidak terjadi pendarahan.


  • Hamster’s Cysts

Hamster’s Cysts adalah rongga yang berisi cairan. Terkadang juga berisi udara / materi semi-padat. pada foto diatas, terlihat hamster dengan cysts didaerah mulut. Hamster’s Cysts dapat membesar dan membuat hamster kesulitan makan.


Hamster’s Cysts dapat diobati oleh Vet dengan menguras isi rongga, walaupun ada kemungkinan Hamster’s Cysts dapat muncul kembali. Jika Hamster’s Cysts terkoyak, obati dengan cara yang sama seperti pengobatan pada tumor/kanker yang terkoyak, yaitu dengan mengoleskan minyak lavender/minyak sayur.


Penyakit Mata – Glaukoma, Katarak dan sejenisnya…

  1. Beberapa hamster akan develop katarak di masa tuanya.
    Sering kali kondisi ini ditandai lingkaran kebiruan di tengah matanya.
  2. Juga perlu diingat bahwa penglihatan hamster sangat buruk, mereka hanya dapat melihat jarak dekat, jadi sepanjang pengetahuan gw, hamster tidak begitu masalah dengan katarak ini, karena hamster gw masih hidup sampai sekarang.
  3. Hamster bermata merah juga terkenal mudah terjangkit katarak, beberapa hamster pada masa tuanya akan develop katarak. (yang difoto memang bermata merah karena itu adalah WW Blue Argente tapi kataraknya cuma sebelah mata, sedangkan yang Campbell adalah platinum normal bermata hitam dan dua matanya kena katarak)

Cara pengobatan :

  • Coba berikan visine(obat mata) pelan-pelan dengan memakai cottonbud, tapi yang saya tahu, katarak pada hamster terlalu berbahaya kalau kita sendiri yang mengobatinya, lekas bawa hamster anda ke dokter hewan terdekat.
    kalau sudah sembuh, saya sarankan hamster anda untuk mengkonsumsi wortel.
  • Pemberian wortel juga baik untuk mejaga kesehatan mata, terutama pada hamster albino/bermata merah.
  • Jika pada kandang hamster terdapat botol minum dicek apakah botol tersebut bocor atau tidak, karena kemungkinan mata hamster anda berjamur karena botol yang bocor, pemberian wortel juga cukup 1 iris per ekor.

Baca Juga : Pengertian Peternakan Serta Macam, Tujuan Dan Manfaatnya


Demiikian penjelsan artikel diatas tentang Cara Merawat Hamster – Makanan, Ternak, Kandang Dan Perawatan semoga dapat bermanfaat bagi pembaca setia Lahan.Co.Id