Jenis Tanaman Hias Daun

Diposting pada

Tanaman Hias

Jenis Tanaman Hias Daun – Pengertian, Nama, Ciri, Cotoh & GambarTanaman hias mencakup semua tumbuhan, baik berbentuk terna, merambat, semak, perdu, ataupun pohon, yang sengaja ditanam orang sebagai komponen taman, kebun rumah, penghias ruangan, upacara, komponen riasan/busana, atau sebagai komponen karangan bunga. Bunga potong pun dapat dimasukkan sebagai tanaman hias.

Jenis-Tanama-Hias-Daun


Dalam konteks umum, tanaman hias adalah salah satu dari pengelompokan berdasarkan fungsi dari tanaman hortikultura. Bagian yang dimanfaatkan tidak semata bunga, tetapi kesan keindahan yang dimunculkan oleh tanaman ini. Selain bunga (warna dan aroma), daun, buah, batang, bahkan pepagan dapat menjadi komponen yang dimanfaatkan. Sebagai contoh, beberapa ranting tumbuhan yang mengeluarkan aroma segar dapat diletakkan di ruangan untuk mengharumkan ruangan dapat menjadikannya sebagai tanaman hias.


Jenis Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun adalah salah satu kategori atau jenis tanaman hias yang menitik beratkan keindahan atau kecantikan pada daun. Baik itu bentuk maupun warna.


Jika kita berpegangan pada pengertian tanaman hias daun diatas, Maka kita bisa tahu bahwa jenis tanaman hias ini akan cenderung mengandalkan daya tarik dari daunnya. Dari segi bentuk, Kita bisa menukan daun dengan bentuk unik. Baik itu ukuran maupun lekukan daun. Jika dari warna, Kita akan bisa menemui warna daun hijau, Merah, Kuning, Putih dan lain sebagainya. Bahkan kita bisa menemui warna daun yang terdiri dari beberapa warna dalam satu daun.


Baca Juga : Cara Merawat Bunga Aglaonema


Tanaman Kuping Gajah

Tanaman-Kuping-Gajah

Tanaman hias daun pertama yang bisa menjadi pilihan Anda adalah tanaman kuping gajah. Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini? tanaman hias daun ini menjadi salah satu jenis tanaman daun yang populer dan juga banyak disukai oleh seluruh pecinta tanaman di Indonesia karena bentuknya yang unik dan juga lucu. Tanaman ini memiliki daun yang lebar – lebar dan juga memiliki tulang daun yang besar.


Bentuknya yang lebar inilah yang menyebabkan tanaman daun ini dikenal dengan nama kuping gajah, karena terlihat seperti kuping gajah apabila dilihat secara kasat mata. Kuping gajah cocok sebagai salah satu jenis tanaman daun indoor, karena tidak membutuhkan cahaya matahari yang banyak. Bisa Anda letakkan di teras rumah, ataupun di bagian belakang rumah Anda.


Tanaman Hias Daun Aglaonema

Tanaman-Hias-Aglaonema

Jenis tanaman hias lainnya adalah jenis tanaman hias daun aglaonema. Merupakan tanaman yang juga dikenal dengan nama populer sri rejeki. Merupakan jenis tanaman yang mudah ditanam dan juga mudah dirawat. Tanaman ini merupakan jenis tanaman hias daun outdoor, yang membutuhkan cahaya matahari yang cukup , namun tidak langsung. Peletakan di dalam garasi, ataupun di teras rumah adalah lokasi yang cocok untuk tanaman daun yang satu ini. Selain itu, tanaman hias daun aglaonema ini juga mudah layu dan juga kering di musim kemarau, dan ketika berada pada ruangan yang terlalu panas.


Daun Suplir

Daun-Suplir

Suplir adalah nama tanaman hias daun berikutnya yang bisa menjadi pilihan Anda yang membutuhkan tanaman hias untuk kepentingan dekorasi rumah. Tanaman hias daun suplir ini memiliki banyak jenis, namun kebanyakan memiliki ukuran daun yang kecil dan juga cantik, warnanya yang terang dan juga cerah akan menambah kemeriahan pekarangan rumah Anda ataupun mempercantik dekorasi dari rumah Anda. tanaman ini kebanyakan diletakkan di dalam pot dan juga digantung pada kayu ataupun tempat khusus, sehingga pertumbuhan daunnya bisa menjadi lebat, dan membuat pekarangan dan juga dekorasi rumah Anda menjadi semakin cantik.


Baca Juga : Merawat Tanaman Hias


Dieffenbachia

Dieffenbachia

Nama lain dari tanaman dieffenbachia ini adalah dikenal juga dengan nama populer tanaman daun bahagia. Mungkin dinamakan begitu karena setiap orang yang memandang tanaman hias daun ini akan merasa bahagia dan juga merasa senang.


Tanaman ini memiliki struktur daun yang cukup lebar, dengan daun yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Jenis tanaman ini dapat dijadikan sebagai tanaman hias indoor, alias di dalam ruangan. Namun demikian, tanaman ini sewaktu – waktu juga membutuhkan sinar matahari, sehingga harus dibawa keluar ruangan selama beberapa saat.


Itulah beberapa jenis dan juga macam – macam tanaman hias daun yang bisa menjadi pilihan Anda untuk mempercantik pekarangan rumah maupun mempercantik dekorasi rumah Anda. Apakah Anda sudah menetapkan pilihan akan memilih tanaman hias daun mana yang akan Anda jadikan sebagai dekorasi rumah Anda?


Tanaman Sri Rejeki

Sri rejeki termasuk dalam tanaman hias daun karena tanaman ini memang mempunyai warna daun yang cantik. Daunnya berwarna hijau kemerah – merahan. Bentuk daunnya lebar. Tanaman hias daun ini bisa diletakkan di dalam atau di luar ruangan. Dengan ditaruh di pot yang cantik bisa menambah kecantikan dari tanaman hias ini. Tanaman hias ini tren pada dua tahun lalu, namun sampai sekarang masih banyak diminati oleh para pecinta tanaman hias.


Hal itu karena sekarang sudah mulai banyak petani yang mulai mengkreasikan tanaman hias ini. Dan hasilnya tanaman hias ini sekarang sudah memiliki beragam corak, seperti Panther, Red Silver, Lady Valentine, Donna Carmen, Pride of Sumatra, Miss Thailand , dan juga Chocin. Dulu memang mahal harganya, namun sekarang harganya sudah mampu di jangkau oleh semua orang. Jadi Tanaman Hias Daun Sri Rejeki Cocok Di Outdoor Atau Indoor.


Daun Lidah Buaya

Lidah-Buaya

Siapa yang tak mengenal tanaman hias daun yang satu ini. Nama lain dari lidah buaya adalah Aloe Vera. Lidah buaya memiliki daun yang tebal dan berduri, mungkin karena bentuknya yang seperti lidah dan berduri itulah, tanaman hias yang satu ini dinamakan lidah buaya. Tanaman ini mempunyai banyak manfaat, selain sebagai tanaman hias, tanaman ini juga bisa digunakan untuk perawatan rambut anda.


Selain itu tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk luka, lidah buaya juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar makanan, kosmeti atau bahan kecantika, dan juga obat – obatan. Yang terpenting lagi, ternyata tanaman ini juga bisa sebagai penyerap racun di udara. Sepertinya tanaman ini cocok ditempatkan di kantor yang dekat dengan pabrik – pabrik besar. Ini akan sangat membantu untuk membantu membersihakan udara disekitarnya. Sehingga udara menjadi lebih bersih adan aman untuk kesehatan kita.


Baca Juga : Budidaya Tanaman Hias – Pengertian, Jenis, Manfaat Dan Fungsinya


Keladi Red Star

Keladi-Red-Star

Sesuai namanya, tanaman hias Keladi Red Star mempunyai warna daun yang sangat cantik, daunnya berbentuk lebar, dan warna daunnya hijau bercampur dengan warna merah. Dua kombinasi warna inilah yang banyak disukai oleh banyak orang. Maka tak heran banyak penyuka dari tanaman hias daun ini.


Palem Zamia

Palem-Zamia

Contoh Palem Zamia Mungkin nama ini sedikit asing ditelinga kita, namun tanaman ini sangat unik dan cantik. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang cantik. Anda bisa menempatkan tanaman hias ini didalam maupun diluar ruangan. Tanaman ini bisa juga berfungsi sebagai pembersih udara alami dirumah anda.


Tanaman hias Lili Paris ini termasuk dalam jenis tanaman hias daun karena memiliki bentuk daun yang cantik. Daunnya berbentuk memanjang. Habitat asli dari tanaman ini adalah di afrika Selatan, namun sekarang sudah menyebar di seluruh dunia. Tanaman ini biasanya juga digunakan untuk campuran baket bunga karena bentuk daunnya yang cantik. Tanaman hias ini juga cocok diletakkan di dalam rumah. Dengan menempatkan pada pot cantik, akan menambah kecantikan dari tanaman hias ini. Tanaman hias yang satu ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias gantung.


Kantong Semar

Kantong-Semar

Orang Kalimantan mengenal tanaman ini dengan sebutan Nopenthes. Susuai namanya, tanaman ini termasuk tanaman hias daunnya karena memiliki daun yang unik. Tanaman ini memiliki kantong pada daunnya. Manfaat dari kantung ini adalah untuk menangkap serangga sebagai makanannya. Tanaman ini menjadi tanaman yang sangat diburu di hutan Kalimantan karena bentuknya yang unik dan langka. Tanaman ini biasanya di miliki oleh orang – orang kalangan menengah ke atas. Daunnya yang mempunyai kantung yang unik dan bercorak membuat tanaman hias kantung semar ini semakin mahal harganya.


Baca Juga : Cara Merawat Bunga Kamboja


Sansevieria

Sansevieria

Tanaman Sansevieria memiliki bentuk daun yang keras. Akarnya pun kuat, sehingga bisa mencegah erosi. Semakin unik bentuknya, akan semakin mahal pula harganya. Tanaman ini menjadi tanaman yang paling banyak diburu karena mempunyai lekuk daun yang sangat sexi.


Oleh karena itu orang – orang rela merogoh kocek yang dalam untuk mengoleksi jenis tanaman hias yang satu ini.Tanaman ini ternyata juga mempunyai manfaaat lain loh. Ternyata tanaman hias ini juga bisa menyerap racun yang ada di udara atau polusi udara. Nah, sepertinya tanaman ini sangat cocok menjadi koleksi tanaman di rumah anda yang berada dilingkungan pabrik – pabrik besar, atau di daerah yang berada di pinggir jalan besar. Selain untuk hiasan tanaman ini bermanfaat sebagai pencuci udara alami.


Philodendron

Philodendron

Tanaman hilodendron ini memiliki daun yang canti, yang membuatnay termasuk dalam kategori tanaman hias daun. Tanaman hias yang satu ini harganya lebih murah daripada Anthurium dan Sri Rejeki. Namun tanaman hias ini tetap menawan, karena itulah banyak orang yang memprediksi bahwa tanaman hias yang satu ini akan menyaingi Anthurium dan Sri Rejeki.


Tanaman ini bisa menjadi tanaman hias alternative bagi anda jika anda menginginkan tanaman hias yang cantik namun tetap menawan dan cantik.anda bisa tanaman hias yang satu ini di dalam atau diluar ruangan. Menempatkan tanaman ini di pot yang cantik dan sesuai dengan warna cat rumah anda akan bisa menambah tanaman hias ini semakin cantik.


Baca Juga : Pengertian Media Tanam


Kadaka

Kadaka

Tanaman hias yang satu ini termasuk jenis tanaman dalam jenis tanman pakis. Namun tanaman ini mempunyai daun yang lebih besar dan panjang daripada tanaman pakis pada umumnya. Tanaman ini banyak tumbuh di hutan – hutan. Dulu memang taka da harganya, namun sekarang sudah menjadi tanaman yang palig banyak diburu oleh para pecinta tanaman hias. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang tebal. Tanaman ini termasuk tanaman hias khas dari Indonesia. Semakin unik bentuk daunnya, akan semakin mahal pula harganya. Ada beberapa jenis dari tanaman kadaka ini, antara lain, Kadaka Ular dan Kadaka Osaka.


Calathea

Calathea

Tanaman Calathea ini memiliki daun yang unik. Daunnya berwarna belang – belang. Daunnya teriri dari dua warna yakni corak hijau dan putih. Mungkin karena warna daunnya yang unik inilah Calathea termasuk dalam golongan tanaman hias daun. Ketika anda melihat tanaman ini, sekilas akan terlihat seperti bulu merak. Ya, memang daun Calathea memang mirip bulu merak karena daun dari tanaman ini memiliki corak garis – garis.


Pucuk Merah

Pucuk-Merah

Mungkin tanaman hias ini sudah sering kita lihat dan kita dengar. Tanaman ini memiliki daun yang berwarna hijau dan pucuknya berwarna merah. Tanaman hias ini termasuk jenis tanaman yang perdu. Kita dapat menemukan tanaman ini di pinggir jalan, di taman, di depan gedung perkantoran, di depan sekolah, sekolah, dan juga didepan rumah. Harganya yang murah membuat tanaman hias ini cocok yntuk semua kalangan. Saat ini tanaman hias ini menjadi tanaman hias yang paling banyak diminati oleh banyak orang, perawatannya pun tak sulit. Anda hanya perlu menyiraminya secara teratur, maka ia akan tumbuh dengan baik.


Itulah beberapa jenis tanaman hias yang ada disekitar anda yang cocok anda koleksi untuk menambah kecantikan rumah atau kantor anda. Dengan menambahkan tanaman hias di kantor atau rumah anda, dapat membuat rumah atau kantor anda menjadi lebih cantik, asri, serta sejuk. selain itu kegiatan mengoleksi tanaman hias juga termasuk kegiatan yang positif untuk dilakukan, karena ini termasuk kegiatan penghijauan. Ini baik dilakukan karena dapat pula menambah oksigen di udara. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan anda.


Baca Juga : Cara Menanam Bunga Kertas


Paku Tanduk Atau Simbar Menjangan

Paku-Tanduk


Spider Plant

Spider-Plant

Pilihan tanaman hias indoor yang terakhir adalah tanaman hias Spider Plant. Tanaman ini aslinya berasal dari daerah afrika kemudian menyebar keseluruh penjuru dunia. Tanaman ini dapat anda manfaatkan sebagai tanaman hias pembersih udara diruangan karena dapat ditanam pada media pot.


Palem Kuning

Palem-Kuning

Tanaman outdoor yang pertama adalah palem kuning. Palem kuning banyak disuka oleh pecinta tanaman hias untuk diletakkan di dalam rumahnya. Palem jenis ini dapat bertahan hingga umur 1 minggu didalam ruagan, sehingga jenis bunga ini akan sangat cocok untuk menghias ruangan anda. Taaman palem sangat cocok di iklim tropis dan subtropis yang unik dari tanaman ini mampu ditanam ditempat teduh maupun dibawah sinar matahari langsung.


Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Anthurium


Tanaman Saka Asparagus Plumosus

Tanaman-Saka-Asparagus-Plumosus


Demikian penjelasan artikel diatas tentang Jenis Tanaman Hias Daun – Pengertian, Nama, Ciri, Cotoh & Gambar semoga bisa bermanfaat bagi semua pembaca Lahan.Co.Id