Merawat Kaktus

Diposting pada

Merawat Kaktus Dan Cara Menanamnya

Merawat Kaktus – Cara Menanam, Agar Cepat Besar, Jenis & PupukTingkat cahaya dan suhu merupakan kebutuhan utama bagi tanaman Kaktus (sukulen). Secara umum, kebanyakan dari tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari secara langsung, walaupun ada beberapa jenis yang harus disimpan di tempat teduh.


Kebanyakan dari tanaman ini tidak bisa selamat lebih dari satu malam dengan suhu yang berada di bawah 40 derajat Fahrenheit atau 5 derajat Celcius, tetapi ada beberapa jenis yang sangat kuat di semua iklim. Jika melihat sisi baiknya, banyaknya pilihan menandakan bahwa tanaman sukulen bisa memenuhi kriteria segala macam taman dan juga iklim.

Merawat-Kaktus


Aturan dasar dalam menanam tanaman sukulen dalam pot sebenarnya cukup mudah:

Berikan sebanyak mungkin cahaya matahari pada saat musim panas – sinar matahari langsung di tempat yang hangat, bahkan iklim gurun tempat asli habitat mereka, terkadang untuk beberapa jenis kaktus mungkin terlalu panas karena beberapa jenis tanaman ini lebih suka berada di bawah sinar matahari tidak langsung.


Memilih wadah/pot yang Baik

Jenis tanaman sukulen ini biasanya lebih cocok dengan pot yang terbuat dari tanah liat – yang menarik mungkin penampilan tanaman dan juga potnya cocok seperti warna gurun pasir. Tanah liat juga mempunyai pori yang mencegah air merendam seluruh bagian akar tanaman; dalam beberapa hal, pot dari bahan batu dan semen juga mempunyai manfaat yang sama.


Memastikan bahwa pot tempat anda menanam tanaman memiliki lubang pembuangan air adalah satu hal penting lainnya – terkadang karena terlalu umum, banyak orang yang melupakannya. Anda bisa menggunakan pot yang cukup dangkal jika anda mau (kedalaman 4 sampai 6 inci) karena jenis tanaman semacam ini tidak mempunyai akar yang tumbuh terlalu dalam.


Artikel Lainnnya : Cara Menanam Bunga Sedap Malam


Ketika dalam pemilihan pot, kaktus dan juga tanaman sukulen lainnya terkadang bisa memberikan kesan yang eksentrik. Anda bisa mencoba menanam tanaman sukulen di dalam toples, sepatu lama anda, atau bahkan sepatu tenis bekas yang anda punya.


Memilih Campuran Tanah

Memilih-Campuran-Tanah

Resapan air yang cepat adalah hal yang paling penting yang harus anda perhatikan dalam memilih campuran tanah yang berkualitas untuk tumbuhnya tanaman sukulen anda. Campuran standar yang umum dipergunakan adalah media tanam mengandung setengah campuran organik (tanah gambut atau juga yang semacamnya) dan setengah sisanya menggunakan batuan seperti retakan batu bata atau juga pasir. Anda juga bisa menemukan banyak campuran instan khusus untuk kaktus dan tanaman sukulen yang bisa langsung anda beli.


Cara Menanam Kaktus Yang Benar

Buat desain pot untuk tanaman sukulen anda sesuai dengan prinsip yang anda terapkan pada tanaman lain yang anda miliki. Landscape yang seimbang bisa dibuat dengan menggunakan satu wadah atau pot besar yang di isi dengan beberapa jenis tanaman.

Cara-Menanam-Kaktus

Ketika menanam kaktus, perhatian anda ialah hal yang paling penting – baik perhatian kepada diri anda sendiri dan juga terhadap tanaman. Sebaiknya gunakan sarung tangan yang tebal atau bungkus kaktus anda dengan menggunakan beberapa lapisan kertas yang tebal dan gunakan ujungnya sebagai pegangan untuk melindungi tangan anda. Jika anda terkena durinya, sebaiknya anda menggunakan selotip untuk menarik jarumnya dari kulit anda.


Artikel Lainnnya : Jenis Tanaman Hias Daun


Kebanyakan kaktus dan tanaman sukulen lainnya mempunyai akar yang dangkal dan tidak terlalu dalam, maka dari itu jangan menanamnya terlalu dalam. Mengubur sebagian batangnya cukup untuk membuat akarnya berkembang di dalam tanah. Pastikan bahwa ketinggian tanah yang ada di dalam pot tidak lebih tinggi dari ketinggian tanah di wadah perawatan yang anda gunakan sebelum dipindah ke pot.


Beli juga beberapa kantong kerikil atau pecahan batu yang bisa anda gunakan untuk mempercantik penampilan tanaman dan juga wadah tanaman anda – sebagai contoh, tambahan aksen berwarna sedikit kemerahan tentu bisa menjadi kombinasi yang cocok dengan pot tanah liat anda. Anda juga bisa menambahkan hiasan lainnya jika anda mau, berkreasilah sesuai keinginan anda.


Cara Merawat Kaktus

Lupakan semua mitos yang anda dapat atau anda pernah dengar tentang kaktus dan juga tanaman sukulen lainnya. Tanaman jenis ini tetap butuh makanan dan minuman setiap harinya.


Ketika tanaman masih dalam tahap pertumbuhan, berikan pupuk setidaknya sekali dalam sebulan – atau setiap kali anda menyiraminya, jika anda menyiram setiap dua minggu sekali. Jenis tanaman sukulen juga butuh semua nutrisi sama seperti jenis tanaman lainnya – nitrogen, fosfor, dan potassium – juga elemen tambahan lainnya. Anda juga bisa menggunakan pupuk cair jenis apapun yang anda mau atau juga pupuk khusus yang memang dibuat untuk kaktus dan jenis tanaman sukulen lainnya; atau coba juga pupuk untuk tomat dengan kadar penggunaan setengah dari kadar normalnya.


Mudah bukan cara menanam kaktus setelah anda membaca artikel ini? Bila bermanfaat anda bisa dengan bebas sebarkan kepada teman-teman anda yang mungkin membutuhkan informasi ini. Apabila anda berkeinginan untuk membangun taman yang cukup luas dirumah, anda mungkin membutuhkan beberapa gambar taman sebagai referensi, temukan jenis tanaman yang mungkin cocok dengan selera anda hanya di Obunga.


Artikel Lainnnya : Merawat Tanaman Hias


Demikian penjelasan artikel diatas tentang Merawat Kaktus – Cara Menanam, Agar Cepat Besar, Jenis & Pupuk semoga dapat bermanfaat bagi pembaca setia Lahan.Co.Id